Dirilis

19 Maret 2022

Penulis

Regina Waisimon

Sejak pandemi COVID-19 diumumkan secara resmi oleh pemerintah pada bulan Maret 2020, banyak sekali perusahaan mengambil keputusan-keputusan yang cukup signifikan. Beberapa keputusan yang diambil oleh perusahaan adalah memberlakukan sistem kerja dari rumah (Work From Home/WFH), membuat sistem pergantian jam kerja secara bergiliran, menetapkan prosedur kesehatan yang ketat, serta adanya kebijakan-kebijakan lain agar dapat menekan penyebaran COVID-19 di lingkungan perusahaan.

Keputusan-keputusan yang diambil oleh perusahaan ini tidak hanya mempengaruhi produktivitas perusahaan itu sendiri, namun juga sangat mempengaruhi kinerja dan perubahan prilaku yang dialami oleh setiap karyawannya. 

Agar perusahaan dapat mempertahankan produktivitasnya, maka perusahaan harus mampu menciptakan beberapa aktivitas bagi karyawan di luar kegiatan kerja sehari-hari. Hal ini agar terciptanya employee engagement diantara satu karyawan dengan karyawan lainnya, selain itu perusahaan juga tetap dapat meningkatkan kinerja karyawan dengan berbagai kebijakan baru, serta memastikan bahwa setiap karyawannya dapat beradapatasi dengan perubahan tersebut.

 

Employee Engagement Saat Pandemi

Nah, jika situasi di atas juga terjadi di perusahaan Anda, berikut ini beberapa contoh aktivitas employee engagement saat pandemi yang dapat diaplikasikan oleh perusahaan:

 

1.    Rutinitas bekerja adalah kegiatan yang dirindukan

Yang pertama masih berkaitan dengan rutinatas pekerjaan. Coba ciptakan kesadaran dan rasa tanggungjawab pada setiap karyawan, bahwa bekerja dari rumah itu sama halnya dengan kita bekerja di kantor. Pastikan karyawan tetap memiliki jam kerja sesuai dengan peraturan yang berlaku di perusahaan, sehingga karyawan bisa merasakan manfaat yang cukup besar ketika bekerja dari rumah. 

 

2.    Adakan seminar atau talkshow dengan tema-tema tentang kerja dari rumah

Banyak sekali karyawan yang mengalami kebingungan, kegelisahan, ketidaknyamanan, kebosanan, bahkan sampai hilangnya konsentrasi bekerja saat harus beradaptasi dengan cara bekerja dari rumah. Perusahaan memiliki peranan yang cukup penting dalam mensosialisasikan perubahan cara kerja di masa pandemi ini, salah satunya bisa melalui seminar/talkshow online dengan tema seperti memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara efektif berkerja dari rumah, bagaimana karyawan diajak untuk mampu membangun kinerja maksimal saat bekerja dari rumah, dan bagaimana karyawan mampu menciptakan ruang kerja yang nyaman, atau lain sebagainya.

 

3.    Tetap adanya komunikasi dua arah

Komunikasi adalah kunci dari tercapainya visi misi maka dari itu usahakan setiap rapat atau pertemuan lainnya kamera dinyalakan, hal ini agar kita dapat melihat kondisi satu sama lain dan sebagai salah satu wadah juga dalam melepas rasa kangen, dimana biasanya duduk bersebelahan, makan bersama, dan lain-lain.

 

4.    Adakan kegiatan bersama secara virtual

Selain tentang pekerjaan perusahaan juga harus membuat employee engagement saat pandemi dengan membuat acara-acara kebersamaan yang dijadwalkan seperti:

  • Adakan olahraga rutin dengan tema yang berbeda setiap minggunya, contoh: minggu pertama yoga, minggu kedua Zumba, minggu ketiga aerobic, minggu keempat ABS, hal ini agar karyawan tidak merasa bosan dan bersemangat.
  • Adakan Perayaan sebagai tanda ucapan syukur dan meningkatkan rasa kebersamaan, contoh: ulang tahun, pisah sambut untuk karyawan yang resign atau baru, penerimaan penghargaan, dan lain sebagainya. 
  • Chit chat bulanan, seperti makan siang bersama atau diskusi seputar kegiatan rumah.
  • Wisata virtual yang dipandu oleh salah satu karyawan di lingkungan/wilayah rumahnya.
  • Mengadakan lomba-lomba seperti karaoke virtual, drama virtual, dan lain sebagainya.


Dengan beberapa contoh aktivitas employee engagement saat pandemi di atas, diharapkan perusahaan Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan kebersamaan dengan inovatif dan kreatif, agar setiap karyawan dapat berkomitmen terhadap tugas serta tanggung jawabnya, berkontribusi, dan termotivasi untuk bekerja secara maksimal.

Itulah informasi mengenai bagaimana perusahaan dapat menciptakan employee engagement di masa pandemi. Anda juga dapat mebaca artikel lainnya tentang Cara Menciptakan Komunikasi Efektif di Masa Pandemi COVID-19.

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lainnya tentang mengelola usaha, bisnis dan karyawan dapat berkonsultasi dengan Ahli Perencanaan Keuangan di daya.id.  Dan untuk Informasi lainnya keuangan, usaha serta gaya hidup sehat dapat Anda dapatkan secara gratis di daya.id. Jadi  tunggu apalagi segara daftarkan diri Anda dengan melakukan registrasi pendaftaran di daya.id, maka seluruh informasi tersebut dapat diakses dengan mudah dimana pun dan kapan pun.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS