Dirilis

16 September 2022

Penulis

Alin Kristiasti Fohan

Saat ini minimarket modern sangat mudah ditemukan di sekitar rumah Anda. Masyarakat menjadi terbantu karena kebutuhan harian bisa dibeli tanpa perlu pergi jauh-jauh dari rumah. Lengkap, dengan tempat yang nyaman pula. Lalu, bagaimana nasib toko kelontong tradisional?

Anda sebagai pemilik toko kelontong mungkin merasa risau mengenai risiko kehilangan pelanggan dan kalah bersaing dengan minimarket modern tersebut. Namun, jangan khawatir. Anda tetap bisa kok mengupayakan agar toko kelontong Anda agar bisa berkembang dan bersaing dengan kompetitor, baik minimarket modern ataupun toko kelontong lainnya. Mau tahu caranya?

 

Tips Toko Kelontong Bersaing dengan Kompetitor

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebagai pelaku usaha kelontong, untuk bersaing dengan kompetitor.

 

1.    Melengkapi jenis produk untuk menjadi toko serba ada

Cara pertama untuk mengembangkan toko kelontong yaitu, melengkapi jenis produk sehingga menjadi toko serba ada. Simak caranya yuk!

 

a.    Tambah Item barang yang dijual

Untuk menjadi toko serba ada yang bisa menghasilkan keuntungan maksimal, tidak cukup mengandalkan penjualan dari barang yang laris saja. Anda perlu menambahkan item barang  yang dijual. Baik menyediakan varian lengkap atas produk-produk yang Anda jual, ataupun menambahkan juga jenis produk lain yang sebelumnya tidak ada.

Eits, jangan asal menambah. Lakukan riset kecil  untuk mengetahui barang apa saja yang kira-kira paling sering dibutuhkan calon pembeli. Misalnya, sembako, kosmetik, obat-obatan, hingga gas elpiji dan air isi ulang.

Tambahan item barang ini tidak harus Anda sendiri yang menyediakan stok lho! Bisa kok menerima titipan barang dengan bekerja sama dengan rekan yang dipercaya.

 

b.    Tambah produk jasa

Produk jasa yang bisa Anda tambahkan antara lain, laundry atau loket pembayaran PLN, tv kabel dan tagihan lainnya. 

Untuk jasa laundry Anda bisa menjalin kemitraan, biasanya cukup memasang papan nama laundry dan menjadi perantara titipan laundry antara pelanggan dan mitra Anda.Sedangkan untuk loket pembayaran, Anda perlu menyediakan perangkat yang memadai seperti smartphone computer, langganan internet dan deposit yang memadai.

Menyediakan produk jasa bisa membuat toko kelontong Anda menjadi primadona sebab semuanya tersedia mulai dari barang hingga jasa. Semakin banyak barang dan jasa yang ditawarkan, semakin besar potensi pembeli akan mampir ke toko kelontong Anda.

 

2.    Ciptakan suasana nyaman dan terang


Salah satu kelebihan minimarket modern adalah tempatnya yang terang dan nyaman. Makanya, untuk bisa bersaing dengan mereka, perlu menyediakan suasana yang nyaman dan terang di toko kelontong Anda.

Nyaman tidak harus nampak “WAH”, Anda bisa memperbarui cat dinding yang mulai kusam, menata produk dengan rapi dan teratur agar mudah ditemukan, menambah pencahayaan agar toko Anda lebih “terlihat” dan tentu saja menjaga kebersihan. Jika memungkinkan, Anda bisa mengaplikasikan desain tertentu untuk warna dinding dan tampilan muka toko atau menggunakan rak yang unik sebagai kombinasinya.

 

3.    Beri pelayanan terbaik yang menyenangkan

Sering dengar sapaan “Selamat datang, selamat berbelanja” saat memasuki minimarket modern? Sapaan sederhana ini faktanya berpengaruh lho, pelanggan jadi merasa dihargai ketika datang untuk berbelanja. 

Beri sambutan ramah dan hangat yang sama ke pelanggan Anda, malah dibandingkan karyawan minimarket modern, Anda justru lebih mengenal pelanggan Anda yang rata-rata merupakan tetangga sekitar. Hal ini menguntungkan karena Anda bisa lebih akrab dengan pelanggan. Jangan ragu untuk tanya kabar atau puji penampilan mereka.

 

4.    Manfaatkan Media Online


Toko kelontong tidak bisa online? Siapa bilang!

Anda dapat mengadopsi sistem penjualan online misalnya melalui Whatsapp untuk pemesanan sehingga pelanggan yang datang bisa langsung ambil barang pesanannya. Lebih baik lagi kalau Anda juga memberikan layanan antar untuk jarak radius tertentu yang masih bisa Anda jangkau. Untuk produk yang restock atau promo, Anda bisa buat info di WhatsApp story.  

Selain bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, Anda hal ini juga dapat meningkatkan fasilitas dan pelayanan di toko Anda.

Nah, itu tadi 4 tips mengembangkan toko kelontong agar bisa bersaing dengan minimarket modern. Selamat mencoba ya!

Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar keuangan dan usaha, silakan ajukan pertanyaan Anda di kolom Tanya Ahli! Silakan daftarkan juga diri Anda untuk akses ke tips dan info lainnya

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS