Dirilis

06 Pebruari 2022

Penulis

Adhiyat Thoriq

Berapa sih umur pensiun di Indonesia? Ternyata Undang-Undang No.20/2021 tentang Cipta Kerja, dan Peraturan Pemerintah No.35/2021 tentang PKWT dan PHK, tidak mengatur berapa usia pensiun seseorang. Maka pertanyaannya bukan lagi berapa umur pensiun, tapi apakah Anda siap untuk pensiun?

Bayangan jika masa pensiun Anda adalah saat dimana Anda memanfaatkan waktu untuk bersantai, menghabiskan hari tua dengan beribadah mungkin, atau bersenang-senang dengan anak dan cucu. Tetapi apakah Anda siap untuk pensiun? 

Sebagian orang masih jauh dari bayangan tersebut, karena masih ada yang tidak siap untuk pensiun. Sementara sebagian pensiunan masih memiliki masalah keuangan yang mengharuskan mereka tetap bekerja. 
 
Agar hal ini tidak terjadi di masa pensiun, Anda harus mempersiapkannya dari sekarang, sehingga masa pensiun Anda akan sesuai dengan harapan yang telah diimpikan. Anda bisa menjadi wirausahawan dengan mulai mencari usaha sampingan sebagai tambahan pendapatan, untuk bekal masa pensiun. Tetapi usaha seperti apa yang bisa di lakukan di tengah-tengah kesibukan Anda bekerja dan di masa pendemi seperti sekarang ini?

Satu hal yang harus dilakukan untuk mendukung usaha Anda adalah dengan melakukan pemasaran online. Kenapa harus menggunakan pemasaran online? Berikut adalah beberapa alasan mengapa pemasaran online itu penting: 
1.    Pemasaran online itu lebih praktis dan murah
2.    Lebih aman dan sesuai untuk masa pandemi
3.    Minim modal karena tidak membutuhkan toko offline
4.    Menjangkau pasar yang lebih luas karena saat ini pengguna internet semakin luas
 
Untuk pemasaran online sendiri Anda bisa menggunakan aplikasi whatsapp atau memanfaatkan platform e-commerce.
 
Baca Juga:
1.    Tips Melakukan Promosi di Whatsapp
2.    Whatsapp Business Aplikasi Pesan untuk UKM
3.    Perbedaan Online Shop E-Commerce dan Marketplace

 

Peluang Usaha dari Rumah Untuk Penghasilan Tambahan

 
Nah, untuk Anda yang saat ini masih bekerja dan tidak memiliki waktu luang yang banyak, ada beberapa pilihan peluang usaha yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh tambahan pendapatan sebagai persiapan masa pensiun. Bahkan usaha ini bisa dilakukan dari rumah, sehingga aman di masa pandemi seperti sekarang.
 
Berikut ini ada beberapa pilihan peluang usaha yang bisa Anda lakukan.

 

1. Usaha jaringan dengan menjadi reseller atau dropshiper

Usaha ini bisa Anda lakukan dari rumah dengan modal yang tidak terlalu besar. Anda dapat menjadi reseller atau dropshiper dari berbagai produk, misalnya pakaian, makanan fozen food, dan lain-lain.
 
Anda bisa mencari dimana produsen yang membuka kesempatan untuk menjadi reseller atau dropshiper. Salah satu yang bisa Anda manfaatkan adalah dengan menjadi reseller dari frozen food Sossezhis dan Jahe Merah Mororene yang informasinya dapat Anda peroleh di fitur Peluang Usaha Baru daya.id
 
Untuk strategi penjualan, manfaatkan pemasaran digital dengan menggunakan whatsapp atau menjadi mitra e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya. 

 

2. Usaha pembayaran tagihan

Di zaman yang serba online seperti sekarang ini, membayar tagihan dan biaya hidup lainnya bukan hal yang sulit. Semua bisa dilakukan dari gadget. Tapi sayangnya belum semua orang melek teknologi.

Hampir semua orang saat ini baik itu tua ataupun muda sudah menggunakan smartphone. Tetapi  sebagian mereka hanya sebatas tahu menggunakan layanan pesan (SMS atau WhatsApp) dan menerima panggilan telephone saja. Sedangkan lainnya mereka tidak bisa menggunakannya. 
 
Anda dapat melihat ini sebagai peluang dengan membuka usaha pembayaran tagihan dari rumah, dan Anda dapat mengambil fee/biaya dari setiap transaksi yang dilakukan.
 
Promosikan usaha ini melalui whatshap ke tetangga, kerabat dan komunitas yang Anda punya agar mereka tahu Anda bisa membuka jasa pembayaran tagihan.  

 

3. Usaha kuliner 

Jika Anda atau pasangan Anda memiliki hobi memasak dan kuliner, Anda bisa membuka usaha menjual masakan hasil kreasi Anda atau pasangan. Jualah dengan menggunakan system PO, sehingga Anda bisa melakukannya disaat senggang Anda, sehingga tidak menggangu jam kerja.
 
Pastikan Anda menjaga kualitas dan rasa dari produk Anda walaupun dikerjakan di waktu luang (malam setelah pulang kerja atau hari libur). Hal ini penting untuk dilakukan karena usaha kuliner sangat bergantung pada rasa yang enak dan kualitas kebersihan dari makanannya.


 

4. Konsultasi 

Anda dapat menghasilkan uang dari memberikan layanan konsultasi berdasarkan pekerjaan Anda saat ini. Misalnya Anda bekerja di bidang keuangan sebelumnya, maka bisa memberikan bimbingan investasi dan keuangan. Bila Anda bekerja di bidang IT dan memiliki keahlian di bidang IT, Anda dapat menjadi konsultan IT.

Konsultasi dapat dilakukan dari rumah menggunakan aplikasi konferensi online seperti Zoom. Lakukan konsultasi ini di luar jam kerja atau hari libur Anda, sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama Anda. Jangan lupa pula pasarkan keahlian Anda melalui pemasaran online.

 

5. Ubah hobi menjadi usaha

Setiap orang memiliki hobi, dan Anda memiliki kesempatan untuk mengubah hobi menjadi usaha dan menghasilkan uang.
 
Anda suka bercocok tanam tanaman hias atau Anda suka fotografi, dan semua ini berpotensi diubah menjadi bisnis rumahan yang menguntungkan. 
 
Anda bisa memulai dengan menjual tanaman hias hasil hobi bercocok tanam, dan Anda bisa menawarkan foto hasil fotografi yang dimiliki. Trik untuk mengubah hobi menjadi sumber penghasilan adalah dengan mengetahui aspek apa dari hobi yang akan dibayar atau diiklankan oleh orang. 
 
Itulah beberapa peluang usaha yang dapat Anda lakukan. Pastikan peluang usaha yang Anda lakukan tidak mengganggu pekerjaan Anda saat ini, dan peluang usaha tersebut bisa menambah pendapatan Anda dalam rangka persiapan masa pensiun.
 
Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang wirausaha dan gaya hidup, Anda dapat mengunjungi Daya.id. Segera daftarkan diri Anda untuk dapat memperoleh lebih banyak manfaat lagi. 

Anda juga bisa mengajukan minat membeli franchise di Peluang Usaha Baru.

Apabila Anda masih bingung untuk bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Hendratno

21 Maret 2022

Mantap

Balas

. 0

Hendratno

21 Maret 2022

Mantap

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS