Dirilis

27 November 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Ada banyak instrumen investasi yang bisa dipilih oleh masyarakat, seperti deposito, reksadana, investasi emas, saham, hingga Surat Berharga Negara (SBN) ritel. SBN ritel adalah produk keuangan yang memang semakin populer dipilih masyarakat untuk berinvestasi. Informasi lebih jelasnya mengenai SBN, simak penjelasannya di bawah ini.
 

Pengertian Surat Berharga Negara (SBN)

SBN ritel adalah
Sebelum Anda mengetahui SBN ritel, sebelumnya akan dibahas mengenai SBN. SBN itu sendiri merupakan salah satu instrumen investasi yang diterbitkan oleh negara atau pemerintah. SBN yang diterbitkan oleh pemerintah nantinya akan dijual ke publik dan dibeli oleh investor. Jika SBN yang diterbitkan dibeli oleh investor maka negara akan mendapatkan dana segar. 
Dana yang didapatkan dari penjualan SBN akan digunakan untuk membiayai anggaran negara (APBN). Sedangkan dari sisi investor, mereka yang memutuskan untuk investasi SBN akan mendapatkan keuntungan berupa bunga yang biasa disebut dengan nama kupon.
Surat Berharga Negara atau SBN ritel adalah salah satu produk investasi yang diterbitkan oleh negara dan dijamin oleh pemerintah. SBN ritel ini terbitkan dengan tujuan untuk memberi kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembiayaan pembangunan negara. Investor yang membeli SBN ritel nantinya akan menerima imbal hasil berupa bunga. Bunga yang diperoleh akan dibayarkan langsung ke rekening investor. 
 

Cara Membeli SBN Ritel 

Cara Membeli SBN Retail
Bagi Anda yang tertarik menginvestasikan uang yang dimiliki untuk membeli SBN ritel, pasti belum mengetahui bagaimana caranya. Cara membeli SBN ritel adalah sebagai berikut: 
 

1. Pilih Salah Satu Mitra Distribusi SBN Ritel

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memilih salah satu mitra distribusi SBN ritel. Adapun mitra distribusi SBN Ritel adalah:
●Beberapa bank ternama di Indonesia. 
●Platform P2P lending. Seperti Modalku, Koinwork, Tanam Duit dan masih banyak lagi
●Platform investasi terpercaya, seperti danareksa, bareksa, dan sebagainya
Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai mitra distribusi SBN ritel maka Anda bisa membuka alamat link https://www.kemenkeu.go.id/
 

2. Registrasi 

Cara berikutnya yaitu melakukan registrasi. Registrasi ini bisa dilakukan kapan saja meski masa penawaran SBN ritel belum dibuka. Saat registrasi, Anda akan mendaftarkan diri pada sistem elektronik yang disediakan oleh Mitra Distribusi (Midis) yang sudah dipilih. 
Anda diharuskan untuk mengisi data dengan benar, antara lain data diri nomor SID (Single Investor Identification), nomor rekening dana dan juga nomor rekening surat berharga. Jika belum memiliki nomor SID ataupun nomor rekening dana dan nomor rekening surat berharga berarti harus menghubungi Mitra Distribusi.
 

3. Pemesanan 

Setelah registrasi yang dilakukan berhasil maka Anda bisa melakukan pemesanan SBN ritel. Namun, sebelumnya Anda harus terlebih dahulu membaca ketentuan dalam memorandum informasi. Selain itu, Anda juga perlu mengingat bahwasanya pemesanan hanya bisa dilakukan saat masa penawaran di masing-masing SBN.
 

4. Melakukan Pembayaran 

Setelah pemesanan Anda di verifikasi (verified order),maka akan mendapatkan kode pembayaran (billing code) yang dikirim ke email atau SMS sesuai dengan masing-masing kebijakan dari Mitra Distribusi. Kode pembayaran ini akan digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui Bank Persepsi (ATM, teller, Mobile banking, Internet banking), Pos dan lembaga persepsi lainnya dalam batas waktu yang sudah ditentukan. 
 

5. Konfirmasi 

Setelah Anda melakukan pembayaran maka akan mendapatkan NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan juga notifikasi completed order serta akan mendapatkan alokasi SBN ritel pada tanggal penerbitan atau setelme. Setelah penerbitan, Anda bisa meminta Bukti Konfirmasi Kepemilikan SBN kepada Mitra Distribusi. 

Nah itulah informasi tentang SBN ritel. Pada dasarnya, SBN ritel adalah salah satu pilihan investasi yang menjanjikan. Jika Anda ingin menginvestasikan uang yang dimiliki, investasi SBN ritel bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa berkonsultasi pada perencana keuangan dari Daya.id seputar SBN ritel atau jenis investasi lain selengkapnya.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber 

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Wendi Purwanto

03 Desember 2021

👍

Balas

. 0

M yusuf hutasuhut

29 November 2021

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS