Dirilis

28 Mei 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Ada tiga hal yang membuat manajemen usaha Anda kuat: 1) pemasaran, 2) operasional, dan 3) keuangan. Jika salah satu diantaranya tak sekuat yang lain, usaha Anda bisa goyah. Lalu bagaimana cara agar ketiganya sama kuat?

Berikut ini di antaranya.

1. Pemasaran: Jangan Lupakan Strategi Online

Saat ini sudah banyak usaha kecil dan menengah yang menjadikan dunia maya sebagai salah satu strategi pemasaran mereka. Lalu apakah Anda harus ikut-ikutan agar tak ketinggalan zaman? Hm, boleh saja Anda berpikir begitu. Tapi sebenarnya strategi online juga bisa membantu usaha Anda bersaing menghadapi kompetisi.

Anda bisa mulai dengan membuka akun media sosial sesuai dengan target pasar. Bila perlu, buat akun berbeda untuk tiap segmen yang Anda ingin sasar. Misalnya, akun A untuk umum, dan akun B untuk produk segmen anak muda. Strategi ini cocok hanya saat Anda memiliki dua produk yang sama kuat, dengan target pasar yang benar-benar berbeda.

Miliki juga email yang mudah dijangkau untuk membangun komunikasi antara pelanggan dengan usaha Anda, dan silakan bangun website.

2. Keuangan: Pisahkan Urusan Pribadi dari Usaha

Menggabungkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha adalah salah satu cara untuk membuat usaha Anda lebih cepat bangkrut. Iya, bangkrut. Bahkan saat Anda memberikan uang pribadi untuk membantu usaha. Soalnya, Anda jadi tak bisa melihat seberapa besar sebenarnya kerugian usaha.

Atau kasus lain, Anda menggunakan keuntungan usaha untuk keperluan pribadi seperti jalan-jalan. Wah, kalau yang ini jelas bisa sangat mengancam.

Jika perlu, bekerjasamalah dengan akuntan profesional untuk menjaga keuangan Anda tetap stabil.

3. Operasional: Jangan Lupakan Perawatan Mesin dan Karyawan

Selalu perhatikan kondisi mesin Anda, karena butuh biaya yang tak sedikit untuk mengganti kerusakan. Kondisi karyawan juga harus diperhatikan, sebab mengganti tenaga dan pikiran seseorang tak semudah mengganti mesin rusak. Hati-hati jika karyawan Anda sudah kehilangan rasa kepemilikan terhadap pekerjaan yang ia lakukan. Hasilnya bisa semakin tak efektif dan operasional usaha bisa tak berjalan sesuai harapan.

Selalu imbangi ketiga hal di atas agar usaha Anda bisa bertahan lama.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS