Dirilis

22 April 2022

Penulis

Arras Amirah

Apa yang terjadi jika website Anda lambat? Tentunya berisiko membuat calon pelanggan kesal. Alih-alih membuat calon pelanggan nyaman, yang ada malah membuat mereka pergi karena loading yang lama.

Tapi memiliki sebuah website memang merupakan hal yang sangat penting bagi pebisnis dan pemilik usaha saat ini. Karena website bisa Anda manfaatkan untuk memperkenalkan brand dan produk Anda kepada calon pelanggan, selain bisa memberikan banyak keuntungan lainnya. Salah satunya adalah menghemat biaya pengeluaran karena Anda bisa menjalankan strategi Search Engine Optimization sehingga Anda tidak perlu terlalu bergantung dengan iklan berbayar. 

Walau ada banyak e-commerce dan marketplace yang tersebar di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, maupun Shopee yang bisa Anda gunakan, memiliki website sendiri tidak boleh Anda lupakan ya. Selain untuk meningkatkan brand awareness calon pelanggan, website juga bisa menjadi pedoman untuk meningkatkan rasa kepercayaan calon pelanggan terhadap produk Anda. Jadi jangan diremehkan ya.

 

Dampak Negatif dari Website yang Lambat 

Memiliki website yang lambat bisa menghambat bisnis Anda dan memberikan dampak negatif, seperti:

 

1.    Membuat calon pelanggan tidak jadi membeli. 

Saat calon pelanggan mengklik website Anda dari link di media sosial, Google, atau iklan berbayar seperti Facebook Ads dan Google Ads, mereka pasti mengharapkan website yang cepat dan enak dilihat. Namun jika website Anda lambat, calon pelanggan akan bosan dan meninggalkan website Anda tanpa mempertimbangkan untuk membeli produk Anda.

 

2.    Membuat rating website Anda turun di pencarian Google


Website yang lambat juga akan mengganggu traffic website Anda, seperti menurunnya jumlah pengunjung situs web Anda serta sedikitnya durasi mereka membaca halaman di website Anda. Sehingga jika calon pelanggan mencari kata kunci dari website Anda, yang justru keluar bukan website Anda, melainkan website lainnya yang memiliki traffic bagus. Tentunya ini memberikan dampak yang buruk karena website Anda menjadi susah dilihat oleh calon pelanggan.

 

Bagaimana Cara Mengetahui Website Anda Lambat?

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui apakah website Anda lambat atau tidak. Salah satunya adalah:

  1. Pengecekan di GTmetrix (gtmetrix.com)
  2. Pengecekan di Google page speed (https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/)


 

Kenali Penyebab Lambatnya Website Anda dan Cara Mengatasi Hal Tersebut

Memiliki website yang lambat tentu akan berdampak buruk untuk usaha Anda, sehingga harus Anda atasi sesegera mungkin. Namun untuk mengatasi permasalahan ini, Anda perlu mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan website Anda lambat terlebih dahulu ya. 

Berikut adalah beberapa penyebab umum dari lambatnya website Anda dan bagaimana cara mengatasi permasalahannya:

 

1. Plugin terlalu banyak

Plugin adalah software tambahan yang biasa digunakan agar website Anda menjadi lebih baik. Namun jika memasang terlalu banyak plugin di website, hal ini hanya memperlambat kinerja dari website Anda. Cara mengatasi permasalahan ini adalah Anda dapat menggunakan 1 atau 2 plugin saja yang benar-benar Anda butuhkan, salah satunya adalah untuk memunculkan email pop-up register saja.

 

2. Plugin/website yang tidak update


Jarang melakukan maintenance rutin juga dapat mempengaruhi kecepatan website Anda lho. Hal ini perlu dilakukan karena jika plugin Anda masih yang lama dan belum diupdate, maka kecepatan website Anda akan menjadi lambat. Lakukan maintenance atau pemeliharaan update secara berkala untuk membuat website Anda tetap berjalan dengan lancar dan menghindari lemot.

 

3. File gambar terlalu besar 

Salah satu yang paling memberikan beban untuk kecepatan website adalah gambar. Jika Anda mengunggah banyak gambar di website tanpa melakukan kompress terlebih dahulu, maka hal ini lah yang membuat website Anda menjadi lambat. 

Cara mengatasi hal tersebut adalah Anda harus mengkompress atau optimasi gambar terlebih dahulu sebelum memasukkan gambar tersebut ke website. Gambar yang memiliki resolusi terlalu besar tentunya akan membebani kecepatan website Anda. 

Manfaatkanlah berbagai macam tools gratis seperti ILoveIMG ataupun TinyPNG yang dapat digunakan dengan mudah tanpa perlu instalasi ke laptop Anda

 

4. Iklan yang terlalu banyak dan ramai

Tidak sedikit pemilik website yang menyisipkan berbagai macam iklan seperti Google Ads ataupun iklan berbayar lainnya di website mereka. Hal tersebut tidaklah salah, namun jika Anda memasukkan terlalu banyak iklan, maka inilah yang menjadi penyebab utama dari lambatnya website Anda. 

Selain memperlambat website Anda, iklan yang terlalu banyak juga bisa membuat pengunjung menjadi bingung karena tampilan website yang menjadi berantakan. Semakin banyak Anda memasang iklan di website Anda, maka semakin tinggi juga jumlah HTTP request atau permintaan data ke server yang menyebabkan website Anda menjadi lambat. 

Cara mengatasi website yang lambat karena terlalu banyak iklan adalah dengan mengurangi iklan tersebut. Dengan mengurangi iklan di website, maka Anda dapat mengurangi permintaan data ke server, sehingga website Anda menjadi normal kembali.

 

5. Themes yang tidak mengutamakan kecepatan

Setiap orang tentu ingin memiliki website yang memiliki tampilan yang cantik serta estetik bukan? Tampilan yang unik, cenderung dapat dengan mudah menarik perhatian calon konsumen. Sehingga Anda mungkin mempertimbangkan membuat website dengan menggunakan themes atau template website seperti Shopify atau WordPress. Namun kekurangan dari themes adalah cenderung membuat website menjadi lebih lambat karena mengutamakan tampilan yang estetik dibandingkan kecepatan loading

Untuk mengatasi permasalahan ini adalah, Anda harus melakukan pengecekan kecepatan terlebih dahulu dari themes yang hendak Anda beli dan mencari testimoni dari pengguna themes yang telah mencobanya. Dengan melakukan riset terlebih dahulu, Anda jadi mendapatkan gambaran themes mana yang memiliki tampilan bagus dan memiliki kecepatan yang stabil.

Itu adalah beberapa penjelasan singkat tentang kenapa website Anda lambat dan bagaimana cara mengatasinya. Perlu Anda ingat, bahwa website bagi pemilik bisnis online adalah nyawa utama yang harus dijaga dengan baik. Selalu pastikan website Anda memiliki kecepatan yang stabil agar calon pelanggan tidak terhambat saat hendak membeli produk Anda. Selamat mencoba!

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang keuangan dan peluang usaha, silahkan mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk memperoleh lebih banyak manfaat lainnya. Jika Anda masih bingung bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha, Anda dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rhein Mahatma

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS