Dirilis

25 Maret 2022

Penulis

Thomas Aquino Herly Marwanto

Mencari partner bisnis merupakan hal penting yang dapat membawa angin segar kepada perusahaan Anda. Baik partner tersebut adalah orang lokal maupun asing. Kenapa? Karena partner bisa membawa ide segar, dan bukan tidak mungkin Anda mendapat mendapat pinjaman modal pinjaman dari partner Anda tersebut. 

Baca Juga: Mau Buat Proposal Kerjasama? Ini Contohnya!

Di era digital seperti sekarang ini, peningkatan kerja sama dengan partner dari perusahaan asing menjadi sebuah keniscayaan. Melalui kerja sama, perusahaan Anda berpotensi mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang signifikan. Selain itu akan dapat berpartisipasi memberikan kontribusi pendapatan bagi negara. 

 

Apa Sih Manfaat Kerja Sama dengan Perusahaan Asing? 


 

1. Pengadaan modal

Kerja sama antar perusahaan dapat memberi manfaat terkait pengadaan modal. Terlebih bila kerja sama ini dilakukan bersama perusahaan asing, yang pada umumnya memiliki modal cukup kuat. Perusahaan yang bekerja sama dengan perusahaan lainnya ada peluang mendapatkan bantuan modal dari pihak yang mau bekerja sama dengannya. Seringkali ditemukan sebuah perusahaan yang berada di ambang kebangkrutan kemudian bisa tetap survive dan malah semakin maju karena adanya bantuan modal dari perusahaan asing. 

 

2. Efisiensi Proses Kerja

Kerja sama antar perusahaan dapat berfungsi untuk melakukan efisiensi proses kerja. Karena perusahaan yang bekerja sama pasti masing-masing memiliki keunggulan di lini-lini tertentu.  Yang akan saling melengkapi dan bersinergi. Dengan demikian maka biaya operasional semakin diperkecil sehingga pengeluaran perusahaan bisa semakin irit. 

Apabila kerja sama dengan satu atau lebih perusahaan asing dapat berjalan secara lancar maka apa yang menjadi tujuan masing-masing perusahaan akan bisa dicapai dengan lebih maksimal.

 

Tips Cari Partner Bisnis Perusahaan Asing

Nah, bila Anda sudah tahu manfaat bekerja sama dengan perusahaan asing, selanjutnya apa saja yang harus diperhatikan ketika kita cari partner bisnis perusahaan asing?

 

1.    Penggunaan bahasa

Karena berpartner dengan perusahaan asing, penggunaan bahasa yang tepat menjadi kunci sukses dalam bekerja sama. Bahasa merupakan kunci dari komunikasi sedangkan kemampuan komunikasi merupakan bagian penting dari sebuah kesuksesan berbisnis.

Apabila Anda tidak mampu menggunakan bahasa asing atau bahasa Inggris dengan baik, alangkah lebih baik Anda mengurungkan niat untuk bekerja sama dengan perusahaan asing. Sebenarnya Anda bisa menyewa jasa translator sih, hanya saja ini akan meningkatkan biaya operasional.  Maukah?   

Bila tetap mau, yang perlu diperhatikan adalah keberadaan translator kadang menjadi sebuah persoalan tersendiri tatkala harus berkomunikasi terkait hal yang sangat penting. Kehadiran translator bisa membuat suasana dialog menjadi kurang nyaman.

Jadi, sebelum benar-benar bekerja sama dengan perusahaan asing, pastikan Anda memahami bahasa Inggris atau bahasa asing partner, begitu pula sebaliknya. Walaupun nantinya, ia mungkin juga akan lebih mudah memahami bahasa kita, karena selama di kantor memakai bahasa Indonesia. 

 

2.    Pahami kompetensinya

Seringkali terjadi ironi dengan orang Indonesia saat bertemu dengan orang asing. Nyalinya mudah ciut dan tidak percaya diri. Ingat lho, Anda mencari partner bisnis perusahaan asing bukan hanya untuk meningkatkan citra perusahaan saja, tetapi Anda membutuhkan kompetensinya. Tidak jarang lho, orang asing juga memiliki kompetensi yang jauh dari Anda atau bahkan staff Anda. Jangan langsung percaya dengan latar belakang di curriculum vitaenya,  tanpa Anda mengetahui sendiri kompetensinya.

Jika kompetensinya dalam bidang komputer, maka uji cobalah agar Anda tahu sejauh mana kompetensi partner tersebut. Ini penting supaya  Anda dapat memahami betul,  kompetensi partner. Bahkan Anda maupun partner memiliki saling pengertian atas pekerjaan dan tanggungjawab masing-masing. Ini penting agar tidak terjadi kesalahpahaman baik dalam pembagian pekerjaan maupun dalam hal keuntungan yang nantinya didapat.

 

3.     Pahami ekspektasi partner

Partner bisnis perusahaan asing pasti menaruh sebuah ekspektasi pada diri Anda atau pada perusahaan Anda. Jika ekspektasi terlalu rendah, maka citra perusahaan Anda juga akan rendah. Sebaliknya, apabila Anda dapat memahami ekspektasinya, Anda perlu membuat rencana untuk memenuhi target dan eskpektasi partner Anda tersebut bukan? 

Namun, yang perlu diperhatikan adalah tidak semua ekspektasi partner akan bisa Anda raih. Anda perlu untuk mempertimbangkan hal ini.

Jika ekspektasi partner perusahaan asing terlalu tinggi dan Anda tahu bahwa itu sukar untuk diraih, maka segera komunikasikan bahwa saat ini perusahaan Anda belum mampu untuk memenuhi target atau ekspektasi mereka. Ekspektasi perlu  diukur dengan rasional sehingga tidak akan menimbulkan masalah dikemudian hari. 

Maka dari itu, ekspektasi partner perusahaan asing harus juga sesuai dengan fakta yang ada sehingga semuanya bisa dikontrol dengan baik.

 

4. Akui perbedaan budaya

Hindari mengeneralisasi, membuat stereotip, berprasangka, dan berasumsi terutama kepada orang-orang asing yang belum pernah Anda temui dan budaya yang belum Anda pahami betul. Hanya karena kita memiliki rekan kerja dari Jepang lancar berbicara bahasa Inggris, kemudian menganggap bahwa nilai budayanya sama dengan orang Amerika Serikat.

Bersikap terbukalah untuk memahami perbedaan budaya agar Anda dan rekan kerja dari perusahaan asing juga bisa bekerja lebih efektif. Hindarkan bias budaya. Carilah informasi dari saudara, teman atau rekan kerja di negara yang sama dengan perusahaan partner Anda berasal. Ketika Anda bingung, ajukanlah  pertanyaan terbuka kepada mereka untuk mencari Informasi dan pemahaman yang lebih dalam. Anda mungkin akan menemukan beberapa informasi yang menarik dan bermanfaat untuk kemudian hari.

 

5.    Luangkan waktu untuk saling kenal di luar pekerjaan

Kita bisa saling mengenal lebih baik rekan kerja kira bila mereka berbasis di kantor yang lokasinya  sama. Akan beda rasanya bila partner bisnis  kita di luar negeri. Komunikasi biasanya lewat chat atau via email, mungkin sesekali video conference. 

Teknologi bisa tidak “memanusiakan” manusia lho? Teknologi tidak akan bisa membuat kita mendapat momen-momen kecil, unik, mengesankan, namun berharga seperti ngobrol santai di pantry kantor, atau ngegosip bareng di lift.

Bekerja sama dengan perusahaan asing dalam sebuah tim global bukan sekadar mengerjakan sebuah proyek bersama. Maka sempatkanlah berinteraksi dan ngobrol hal-hal lain di luar kerjaan dengan partner kerja Anda yang ada di luar negeri.  Hal ini akan sangat membantu mempercepat team building dan mengenal lebih dalam partner bisnis kita tersebut.  Obrolan ringan seperti informasi dan rekomendasi tempat kuliner atau lokasi wisata yang wajib dikunjungi di negaranya, berita-berita yang Anda dapatkan di televisi tentang negaranya akan dapat menambah pemahaman  tentang masing-masing budaya dan mempererat pertemanan.

 

6.    Cocokkan time zone

Ketika kita bekerja sama dengan perusahaan asing dari negara yang zona waktunya berbeda jauh dengan kita di Indonesia. Pahami betul perbedaan waktu ini supaya Anda tidak melanggar waktu pribadi mereka. 

Misalnya mereka perusahan asing di Eropa, yang selisih waktunya kurang lebih enam sampai tujuh jam lebih lambat dengan Jakarta. Jangan mengirim email atau chat untuk membahas pekerjaan di luar jam kantor mereka.  Dengan Anda memahami ini, segala permohonan yang Anda minta akan lebih dipenuhi sesuai jadwal yang realistis, dan undangan meeting pun akan dijadwalkan di jam kerja yang wajar tatkala masing-masing pihak masih berada di jam kerjanya masing-masing.

 

7. Perhatikan hari libur nasional partner bisnis perusahaan asing 

Setiap negara pasti memiliki tanggal merahnya masing-masing. Setiap orang harus menghormati dan merayakan hari raya dengan cara yang berbeda. Maka, perhatikanlah setiap hari libur nasional dan keagamaan yang ada di partner bisnis perusahaan asing Anda. Jangan lupa, perhatikan tanggal merah yang paling penting bagi setiap individu partner bisnis kita.

Misalnya partner bisnis perusahaan asing Anda dari India, jangan sampai menjadwalkan meeting, apalagi perjalanan bisnis, selama Diwali. Diwali merupakan salah satu festival paling penting yang bisa berlangsung selama 5 hari di India.  Karena kemungkinan besar seluruh rekan kerja kita  di India akan libur selama 5 hari berturut-turut. 

Nah, demikianlah manfaat penting dan tips bila Anda cari partner bisnis dan terlebih berkerja sama dengan partner bisnis perusahaan asing.  Bekerja sama dengan partner bisnis dari perusahaan asing ternyata bisa membantu mengembangkan bisnis perusahaan Anda. Namun itu akan berjalan dengan baik apabila Anda pun bisa berbahasa asing dengan mereka, memahami  harapan mereka, mengenal betul kompetensi mereka, memahami budaya mereka, memahami perbedaan zona waktu kerja, hari libur mereka, dan meluangkan waktu mengenal partner kerja kita secara pribadi.  

Terkait hal tersebut di atas Anda dapat membaca Pengaruh Suasana Kerja terhadap Produktivitas Karyawan.

Namun apabila Anda ingin tahu tips yang lebih mendalam silakan daftarkan diri Anda dan manfaatkan fitur Tanya Ahli yang ada di daya.id. 

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS