Dirilis

24 April 2022

Penulis

Adhiyat Thoriq

Induction atau masa pengenalan kerja untuk karyawan baru, bukan hanya milik perusahaan besar. Anda yang sedang menjalankan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga bisa menerapkan proses ini.

Dengan menerapkan induction karyawan baru, Anda bisa mengantisipasi kinerja si karyawan sejak awal bergabung. Karena pada masa induction, karyawan baru punya waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, mengenal usaha dengan lebih baik, tahu proses kerja di usaha Anda, tahu apa saja yang harus ia kerjakan, sehingga harapannya ia bisa bekerja secara maksimal. Induction juga penting untuk membangkitkan motivasi mereka.

 

Tujuan Induction Karyawan Baru

Selain beberapa hal yang sudah kita sebut di atas, berikut ini tujuan dari proses induction yang perlu Anda pertimbangkan.

  1. Memperkenalkan kepada karyawan baru seperti apa lingkungan kerja yang akan mereka hadapi ke depannya.
  2. Mempersiapkan psikologis karyawan ketika mereka akan berhadapan dengan lingkungan kerja baru.
  3. Khusus karyawan yang berasal dari fresh graduate, induction bisa membantu mempersiapkan kondisi mental mereka agar dapat membedakan antara dunia pendidikan dengan dunia pekerjaan.
  4. Mempersiapkan karyawan agar lebih siap saat menerima tugas dan tanggung jawab mereka sebagai karyawan baru dan terhindar dari kekacauan yang biasanya terjadi pada karyawan baru.
  5. Memperkenalkan dan menjelaskan peraturan-peraturan yang ada di perusahaan, sehingga mereka tahu dan mengerti peraturan-peraturan tersebut dan diharapkan dengan begitu mereka dapat terhindar dari melakukan kesalahan.
  6. Mensosialisasikan kepada karyawan baru peran penting meraka sebagai karyawan baru di dalam perusahaan.
  7. Menumbuhkan rasa percaya diri karyawan baru.
  8. Memperkenalkan karyawan baru kepada karyawan lama dengan harapan mempercepat proses sosialisasi dan mempercepak proses kerja mereka di kemudian hari terkait koordinasi satu dengan yang lainnya


Baca juga: Cara Menjadi Pemimpin Yang Disukai Karyawan
 

 

Hal-Hal yang Harus Disiapkan Untuk Induction Karyawan

Jika Anda sebagai pemilik UMKM belum memiliki tim personalia atau HRD yang bisa diminta untuk mempersiapkan masa perkenalan karyawan baru ini, Anda bisa menyiapkannya sendiri. Apa saja yang harus disiapkan? Anda bisa mengikuti panduan berikut ini:

  1. Siapkan sambutan awal untuk karyawan baru. Pastikan sambutan yang Anda berikan  memberikan motivasi dan semangat untuk karyawan baru bekerja dengan baik di usaha Anda. Hal ini merupakan hal yang penting karena menandakan mulainya mereka di terima dan bekerja di usaha Anda.
  2. Lakukan tour keliling tempat usaha. Hal ini berfungsi agar mereka tahu lingkungan kerjanya seperti apa. Hal ini juga penting dilakukan agar mereka dapat sekaligus berkenalan dengan karyawan Anda yang lainnya.
  3. Berikan kelengkapan kerja mereka, seperti kartu pegawai apabila ada, peralatan kerja yang akan mereka gunakan, buku pedoman, dan lain-lain. Karyawan baru juga harus diinformasikan bagaimana jalur komunikasi yang biasa digunakan di usaha Anda. Misalnya apakah ada email khusus, jalur pesan singkat atau telepon khusus untuk karyawan, dan lain-lain.
  4. Sosialisasikan peraturan perusahaan. Usaha yang Anda jalankan pasti memiliki beberapa peraturan penting yang harus ditaati seluruh karyawan. Jadi pastikan Anda menjelaskan kepada karyawan baru terkait peraturan tersebut. Apabila ada buku panduannya akan lebih baik.
  5. Jelaskan kepada karyawan baru tugas dan tanggung jawab dari tim yang ada di usaha Anda. Hal ini berguna agar karyawan baru tahu apabila nanti pekerjaannya akan berhubungan dengan siapa saja atau tim mana saja, sehingga jalur komunikasi dan koordinasi akan menjadi jelas, pada akhirnya pekerjaannya pun bisa dilaksanakan dengan baik.
  6. Jelaskan istilah-istilah khusus, prosedur keamanan dan kondisi gawat darurat, serta jadwal kegiatan usaha. Misalnya kegiatan rutin olahraga kantor, rencana kegiatan CSR, meeting bulanan, dan lain sebagainya.


Baca juga: Kiat Bekerjasama Lintas Generasi

 

  1. Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah menjelaskan keuntungan yang akan karyawan baru terima setelah dia bergabung di usaha Anda. Hal ini menjadi penting karena bisa menjadi motivasi mereka untuk bekerja dengan baik. Misalnya asuransi Kesehatan untuk karyawan baru dan keluarga, tunjangan khusus bila ada lain sebagainya.


Nah penjelasan di atas adalah beberapa hal yang harus disiapkan oleh Anda sebagai pemilik usaha untuk pengenalan ke karyawan baru. Ingat, walaupun usaha yang Anda jalankan sekarang ini belum terlalu besar, bukan berarti tahapan induction atau pengenalan untuk karyawan baru tidak penting. Hal ini penting untuk dilakukan guna memberikan motivasi dan kemudahan untuk karyawan baru menjalankan tugas-tugasnya, sehingga mereka bisa langsung bekerja dengan maksimal dan mudah mudahan dapat memberikan hasil yang bagus juga untuk perkembangan usaha Anda.

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang wirausaha dan gaya hidup dapat mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk dapat memperoleh lebih banyak manfaat lagi. Apabila Anda masih bingung untuk bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS