Dirilis

17 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Pelatihan dan pengembangan SDM atau Sumber Daya Manusia memang harus diperhatikan. Sebab, bagi para pebisnis atau pengusaha, sumber daya manusia adalah aset berharga bagi usaha yang dijalankan. Untuk meningkatkan kualitas perusahaan, maka kualitas dari sumber dayanya pun harus ditingkatkan yaitu dengan berbagai langkah yang bisa dilakukan sebagai usaha dari pelatihan dan pengembangan SDM tersebut.

Seperti yang tertulis dalam pasal I ayat 9 undang-undang No.13 Tahun 2003, pelatihan kerja adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan dan pekerjaan.

Pengembangan itu berarti proses menyiapkan individu atau sumber daya manusia agar dapat mengemban tanggung jawab dan juga mendapat kepercayaan lebih. Jadi, dapat dikatakan bahwa pelatihan dilakukan untuk menyiapkan sdm agar menguasai keahliannya, dan pengembangan dilakukan untuk memperbaiki serta meningkatkan pengetahuan, kompetensi, tanggung jawab dan lain sebagainya.

 

Langkah-Langkah Pelatihan dan Pengembangan SDM


Lalu, bagaimana cara melatih dan mengembangkan sumber daya manusia yang sudah ada? Ini dia langkah-langkahnya:

 

1. Buat dan Perjelas Tujuan Bisnis

pelatihan dan pengembangan SDM dengan membuat tujuan bisnis
Sebelum kita menetapkan peraturan pada karyawan ataupun merekrut atau memilih karyawan, tentu sebaiknya kita tahu persis terlebih dahulu apa tujuan dari bisnis yang dijalankan tersebut. Jadi kita bisa menyesuaikan antara kebutuhan atau penunjang tercapainya tujuan dengan proses bisnis dan sumber daya manusianya.
Setelah diketahui dan teridentifikasi tujuannya, maka kita bisa menentukan keterampilan, pengetahuan dan kompetensi apa yang harus dimiliki SDM yang dapat mengarahkan perusahaan pada kesuksesan. Hal ini juga dapat menjadikan waktu usaha benar-benar efektif. Karena kita tahu, apa yang kita mau, jadi tak perlu buang-buang waktu.

 

2. Diskusi dengan SDM

Bisnis kita memang memiliki tujuan, tapi bukan berarti melakukan hal lain selain yang sudah ditentukan itu pasti salah. Lakukanlah diskusi dengan SDM yang dimiliki. Berbicaralah dengan mereka tentang aspirasi dan tingkat keahlian yang mereka miliki. Dengan begitu, kita juga bisa tahu tujuan dari karir atau pekerjaan karyawan tersebut.
Mereka mungkin sudah punya tujuan dan keinginan untuk mengembangkan diri, namun belum tahu caranya. Nah, hal seperti ini yang bisa dijadikan acuan oleh perusahaan untuk melakukan pelatihan dan pengembangan SDM. Sebagian karyawan bahkan tak menyadari jika sebetulnya mereka membutuhkan trigger serta dorongan untuk meningkatkan kompetensi juga keahlian yang dimiliki.

 

3. Mengenali Kompetensi dan Kesiapan Karyawan

pelatihan dan pengembangan SDM dengan mengenali kompetensi karyawan
Setiap orang punya kompetensi, punya sesuatu yang ada dalam diri namun belum semua sdm siap. Dalam artian, tak semuanya ingin, mumpuni dan mempunyai pengalaman yang cukup untuk berada di tempat dengan tanggung jawab lebih. Maka di sini, peran pelatihan dan pengembangan SDM itu dibutuhkan. Kenali potensi karyawan dan jangan melupakan kesiapannya.

 

4. Pertimbangkan Berbagai Jenis Pelatihan dan Pengembangan

Jika ketiga hal sebelumnya telah dilakukan, kini saatnya kita mencari jalan agar karyawan lebih memiliki kompetensi dan lebih siap lagi. Pertimbangkan berbagai bentuk atau jenis pelatihan dan pengembangan SDM untuk menambah skill dan pengetahuan. Bisa kursus, kelas online, kelas formal dan lain sebagainya. beri kesempatan untuk karyawan untuk belajar dan bertumbuh.

 

5. Buat Rencana Sebelum, Selama, Setelah

Agar semua hal tersebut berjalan efektif, buatlah rencana ini. Hal apa yang harus dipersiapkan sebelum pelatihan dan dan pengembangan SDM tersebut. Pastikan karyawan memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan kegiatan ini. Buat selama proses tersebut berlangsung ini dapat bermanfaat. Dan jika telah selesai, siapkan tempat atau peluang bagi sdm tersebut untuk mengaplikasikan apa yang telah didapat yang tentunya mampu meningkatkan kualitas kinerja serta memberi pengaruh pada perusahaan.

Agar tujuan bisnis tercapai, kita harus menyiapkan ‘pasukan’ terbaik untuk menggapainya. Untuk itulah pelatihan dan pengembangan SDM ini sangat penting dilakukan pada setiap perusahaan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli bisnis perihal pengembangan dan pelatihan untuk SDM ini agar kualitas SDM yang ada di perusahaan bisa menjadi lebih optimal.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS