Dirilis

30 Januari 2022

Penulis

Alin Kristiasti Fohan

Anda punya bisnis?
Sudah berjalan berapa lama? 
1 tahun? 2 tahun? 5 tahun? 10 tahun? Atau bahkan lebih dari 10 tahun?

Dalam perjalanan bisnis, Anda tentu ingin bila bisnis Anda semakin berkembang salah satunya dengan melakukan inovasi dan perbaikan-perbaikan pada setiap proses bisnis yang berjalan. Untuk bisa melakukan hal tersebut, tentu perlu dilakukan evaluasi bisnis agar Anda bisa mengetahui apa saja yang sudah berjalan dengan baik dan perlu dipertahankan dan juga sebaliknya, apa saja yang masih kurang baik sehingga perlu diperbaiki. 

Anda bisa mendapatkan informasi tersebut, salah satunya melalui feedback dari customer.

Selain sebagai bahan evaluasi bisnis, feedback positif bisa menjadi alat promosi ampuh dalam meyakinkan calon customer untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan lho! Namun mendapatkan feedback dari customer juga memiliki tantangan tersendiri. Tidak semua orang yang membeli produk atau menggunakan jasa Anda bersedia meninggalkan tanggapan. 

Nah loh, gimana dong?

 

Cara Mudah Mendapat Feedback dari Customer Anda


Permudah upaya Anda mendapatkan feedback dari customer dengan 5 cara berikut ini:

 

1.    Lakukan survei

Buat beberapa pertanyaan mengenai apa yang ingin Anda ketahui dari pelanggan, mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan. Jika Anda penyedia jasa salon misalnya, Anda bisa tanyakan pendapat customer terhadap pelayanan Anda, suasana tempat dan apakah mereka cukup puas sehingga akan kembali lagi lain waktu. 

Anda bisa memanfaatkan form survei online untuk mempermudah proses survei seperti Google Forms atau melalui website penyedia formulir survei lainnya. Pastikan juga jumlah responden mencukupi untuk dilihat prosentase hasil surveinya ya!

 

2.    Tanyakan langsung

Jika kondisi memungkinkan, jangan ragu untuk bertanya secara langsung kepada customer yang datang ke tempat usaha Anda. Dengan bertanya secara langsung, Anda bisa memperoleh lebih banyak informasi yang bisa digali sekaligus menciptakan engagement dengan mereka.

Sebelum mulai menanyakan feedback, sebaiknya pastikan dulu kesediaan dan waktu yang bisa mereka luangkan untuk Anda. Jika customer sedang terburu-buru, Anda bisa bertanya hanya pertanyaan yang menurut Anda penting dan berikan kartu nama Anda jika mereka bersedia dihubungi lain waktu.

 

3.    Manfaatkan media sosial


Bagi Anda yang sudah memiliki media sosial untuk menjalankan bisnis, kolom komentar dan fitur pada sosial media Anda juga bisa disulap jadi media feedback customer lho! Misalnya, Instagram dan Facebook Story yang didalamnya terdapat fitur polling atau question untuk melempar pertanyaan kepada followers Anda.

Jangan sungkan merespon customer yang berkomentar dipostingan Anda dan buatlah komunikasi yang menarik agar customer merasa dekat, sehingga mendorong mereka untuk mau memberikan tanggapan terhadap produk atau jasa Anda. 

 

4.    Memberikan reward

Siapa sih yang bisa menolak hadiah? 

Reward merupakan penghargaan dan bentuk kepedulian Anda atas kesediaan customer meluangkan waktu untuk memberi feedback yang bisa menjadi “pancingan” ampuh untuk mendapatkan feedback customer nih!

Anda bisa memberikan reward berupa potongan harga untuk pembelian berikutnya, sample produk, gratis ongkos kirim dan sebagainya. 

Anda dapat feedback customer untuk pengembangan bisnis, customer dapat reward, rewardnya untuk belanja di tempat Anda lagi deh. Asyik, kan… 

 

5.    Membuat channel khusus

Cara selanjutnya untuk mendapatkan feedback dari customer adalah dengan membuat channel khusus, bisa berupa email, Telegram ataupun Whatsapp.

Berikan kartu nama berisi alamat email dan kontak Anda dalam packaging produk Anda untuk memudahkan customer menghubungi Anda jika ada kritik, saran atau pertanyaan mengenai produk yang mereka beli.

Lebih jauh, Anda juga bisa proaktif kok, mendata kontak customer dan menghubungi mereka setelah mereka melakukan pembelian produk atau menggunakan layanan Anda dan tanyakan jika ada kritik, saran atau pertanyaan. Bonusnya, ini bisa jadi nilai plus bisnis Anda di mata customer.

Nah, itulah 5 cara terbaik untuk mendapatkan feedback dari customer. Jangan khawatir jika ada feedback negatif dari customer, karena dari hal negatif tersebut Anda bisa tahu hal apa yang perlu diperbaiki agar bisnis Anda bisa terus berkembang. 

Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar keuangan dan usaha, silakan ajukan pertanyaan Anda di kolom Tanya AhliDaftarkan juga diri Anda untuk mendapat akses ke berbagai tips menarik lainnya.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Sonny Hisar Hamonangan Sitompul

13 September 2023

?

Balas

. 0

Ardhan Ashary Nasution

11 September 2023

Mantap ??

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS