Dirilis

25 Januari 2022

Penulis

Indra Budi Kurniawan

Pernahkah Anda ingin mencari tahu apakah proses usaha yang Anda jalankan saat ini sudah efektif? Atau apakah Anda ingin memastikan bahwa kegiatan bisnis yang Anda lakukan telah berjalan dengan maksimal? 

Bila salah satu atau bahkan kedua jawaban dari pertanyaan tersebut adalah iya, maka Anda perlu menerapkan manajemen operasional pada usaha atau bisnis yang Anda jalankan.

 

Apa Itu Manajemen Operasional?

 
Manajemen operasional adalah aspek dalam pengelolaan bisnis yang berkaitan dengan merancang, mengendalikan proses kegiatan produksi, serta mendesain ulang kegiatan operasional bisnis dalam memproduksi barang dan jasa/layanan. Secara garis besar, tujuan dari adanya manajemen operasional adalah, untuk memastikan bahwa kegiatan operasional bisnis berjalan dengan efisien dalam hal penggunaan sumber daya yang optimum dan efektif dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.

Manajemen operasional berkaitan dengan pengelolaan seluruh sistem produksi atau jasa, yang merupakan proses untuk mengubah input (berupa bahan baku, tenaga kerja, dan energi) menjadi output (dalam bentuk barang dan/atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen). Menajemen operasional menghasilkan produk, mengelola kualitas, dan juga memberikan pelayanan yang diperlukan oleh target konsumen dari usaha atau bisnis kita. 

Kini manajemen operasional sudah menjadi salah satu aspek yang diterapkan pada beragam sektor industri misalnya perbankan, rumah sakit, perusahaan, penyedia barang, dan perusahaan teknologi. Melalui divisi operasional, manajemen operasional merupakan salah satu fungsi utama dalam sebuah organisasi yang sejajar dengan kegiatan pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan supply chain. 

Anda mungkin tertarik juga membaca:
•    Cara Menarik Pelanggan yang Tepat Sasaran
•    Tips Manajemen Gudang untuk Kelancaran Bisnis

 

Manfaat Manajemen Operasional Penting bagi Pengembangan Bisnis 

Dalam mengelola kegiatan operasional produksi barang atau jasa, beberapa keputusan strategis perlu dibuat termasuk proses beroperasinya bisnis, desain produk, desain proses, manajemen kualitas, perencanaan kapasitas, fasilitas pendukung kegiatan, perencanaan produksi, dan pengendalian persediaan barang. Masing-masing membutuhkan kemampuan untuk menganalisis situasi yang ada saat ini, dan mencari solusi yang lebih baik untuk meningkatkan efektivitas serta efisiensi kegiatan operasional produksi atau layanan.

Dengan memiliki manajemen operasional dalam bisnis Anda, maka akan ada peningkatan proses kegiatan bisnis yang berkelanjutan karena manajemen bisnis akan mendukung Anda dalam:

 

1.    Meningkatkan efisiensi bisnis

Dengan adanya manajemen operasional, semua proses dan aktivitas yang berjalan dalam bisnis yang Anda jalankan akan ditinjau secara rutin untuk memastikan semua proses berjalan dengan efisien, dan tidak juga menghilangkan semua aktivitas tidak sesuai dengan kepentingan bisnis.

 

2.    Mengurangi waktu proses produksi

Setiap proses produksi baik produk maupun jasa/layanan memerlukan waktu untuk bisa sampai ke tangan konsumen. Dengan memanfaatkan manajemen operasional, waktu proses produksi yang berjalan dalam bisnis Anda selalu akan selalu ditinjau untuk memastikan bahwa waktu proses produksinya sudah optimum, dan tidak ada proses yang terlalu lama bahkan sia-sia.

 

3.    Mengurangi biaya aktivitas bisnis

Dengan berkurangnya proses bisnis yang tidak diperlukan untuk menunjang peningkatan bisnis, maka akan ada biaya-biaya dalam bisnis yang bisa dihemat. Dengan demikian biaya operasional bisnis akan semakin efisien.

 

4.    Meningkatkan produktivitas bisnis

Apabila proses dan aktivitas bisnis yang berjalan telah optimal, dan biaya yang dikeluarkan telah lebih efisien, maka dengan demikian bisnis Anda akan meningkat produktivitasnya. Proses dan aktivitas yang tidak diperlukan serta biaya yang dihemat, tentunya dapat Anda alokasikan untuk kegiatan bisnis lainnya yang dapat meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

Setelah Anda memahami manfaat manajemen operasional dalam bisnis Anda, maka hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat rencana penerapan manajemen operasional didalam bisnis Anda. Adapun Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan adalah:
1.    Pahami semua aktivitas dan proses yang berjalan didalam bisnis 
2.    Buat tim kecil dari masing-masing bagian, beserta penanggung jawabnya, untuk memulai penerapan manajemen operasional
3.    Tentukan prioritas proses dan aktivitas yang perlu ditinjau dengan rutin, berdasarkan dampaknya ke bisnis
4.    Jalankan perbaikan proses operasional bisnis Anda, dan pastikan Anda mendapatkan laporan pelaksanaannya dengan rutin.
5.    Tuangkan dalam bentuk dokumen SOP (Standard Operational Procedure) untuk semua proses yang telah diperbaiki, dan tinjau ulang dokumen minimal setahun sekali.

Baca juga:
•    Cara Meningkatkan Penjualan yang Efektif
•    Mengembangkan SDM yang Tepat untuk Perusahaan

Itulah beberapa tips mengenai menajemen operasional yang perlu Anda terapkan agar bisnis Anda dapat berkembang lebih besar lagi. Apabila masih ada hal lain yang Anda ingin ketahui mengenai penerapan manajemen operasional pada bisnis Anda, manfaatkanlah fitur Tanya Ahli untuk berkonsultasi dengan Ahli dan praktisi bisnis dari Daya.id dan mendapatkan solusi yang tepercaya dari Ahli berpengalaman dibidang bisnis. 

Dan bila Anda memiliki pendapat atau pengalaman lain mengenai manajemen operasional, berikan pendapat Anda di kolom komentar dibawah ini, atau sampaikan kepada kami melalui Facebook. Dan apabila Anda merasa tips ini bermanfaat untuk Anda, jangan ragu untuk membagikan artikel ini kepada orang-orang terdekat Anda. 

Jika Anda tertarik untuk membaca informasi terkait pengembangan bisnis, atau tips pengembangan diri lainnya, Anda bisa mendapatkannya secara gratis di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi pengembangan bisnis, pengelolaan keuangan, serta gaya hidup sehat bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 1000 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS