Dirilis

29 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Pernahkan Anda mendengar istilah pemasaran? Pemasaran atau marketing adalah proses mempromosikan maupun menciptakan, mengkomunikasikan dan menyampaikan produk layanan yang dimiliki perusahaan baik barang maupun layanan supaya diketahui dan menarik perhatian banyak orang. Dalam kegiatan tersebut, nantinya akan ada manajemen pemasaran yang memiliki fungsi tertentu supaya proses pemasaran berjalan lebih efektif. Apa sajakah fungsi manajemen pemasaran tersebut?

Fungsi Manajemen Pemasaran

Terdapat 3 fungsi dari manajemen pemasaran, yaitu:

1. Fungsi Pertukaran

Pada fungsi manajemen pemasaran ini, dibagi kembali menjadi dua fungsi yaitu pembelian dan penjualan. Artinya, dalam manajemen pemasaran ini harus ada strategi khusus untuk menjalankan kedua fungsi tersebut. Bagaimana caranya agar orang dapat tertarik untuk membeli atau bagaimana caranya untuk mempertemukan antara penjual dan pembeli.

2. Fungsi Pisis

Fungsi manajemen pemasaran berikutnya adalah fungsi fisis yang fokusnya pada waktu, lokasi, juga strategi yang perlu dipertimbangkan ketika produk akan diproses dan dipasarkan hingga berada di tangan konsumen.

3. Fungsi Penyediaan Sarana

Tak hanya itu, manajemen pemasaran juga dapat berfungsi sebagai penyedia sarana. Kenapa? Karena manajemen pemasaran ini akan berkaitan dengan segala hal yang bertujuan melancarkan kegiatan operasional pemasaran.
Selain beberapa poin di atas, ada pula fungsi utama dari manajemen pemasaran, diantaranya:
a. Melaksanakan riset
b. Mengembangkan produk
c. Melakukan kegiatan distribusi
d. Menetapkan harga
e. Memberikan pelayanan

Tujuan Manajemen Pemasaran


Ada beberapa tujuan atau hal yang menjadi capaian dalam manajemen pemasaran, yaitu:

1. Menambah Permintaan

Tujuan menambah permintaan adalah cara agar banyak orang yang tertarik, menggunakan atau order pada produk yang dipasarkan. Misal dengan membuat packaging menarik, adanya hadiah khusus, dan lain sebagainya.

2. Menciptakan Kepuasan

Kepuasan ini penting, karena jika tidak, konsumen bisa saja tidak melakukan repeat order bahkan beralih ke produk lainnya.

3. Mendapat Market Share

Market share adalah seluruh permintaan dari konsumen yang kemudian dapat mencerminkan golongan konsumen berdasarkan ciri khasnya, sehingga manajer pemasaran dan tim dapat melakukan strategi yang sesuai dengan karakter tersebut nantinya.

4. Memperoleh Profit

Tujuan manajemen pemasaran berikutnya tentu sejalan dengan tujuan bisnis, yaitu agar mendapat profit dan tentu hal ini penting untuk kelangsungan berjalannya perusahaan.

5. Branding

Manajemen pemasaran pun dapat membentuk citra perusahaan bagaimana mereka ingin dilihat dan dianggap oleh masyarakat.

Strategi Manajemen Pemasaran

Agar kegiatan manajemen pemasaran lebih efektif dan tujuan dari pemasaran tercapai, dibutuhkan beberapa strategi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemasaran itu sendiri, seperti:

1. Melalui Media Sosial


Kini, kegiatan pemasaran melalui media sosial dianggap sebagai sesuatu yang menarik. Pasalnya, memanfaatkan teknologi dengan posting di media sosial, menggunakan website dan kegiatan lainnya secara daring dapat menjangkau market yang luas, dengan cara cukup mudah dan bisa dilakukan kapanpun, dimanapun.
Kini tengah ramai penggunaan iklan berbayar atau Ads, endorsement influencer dan lain sebagainya termasuk membangun corporate branding. Tapi, jangan hanya andalkan iklan. Karena lewat media sosial kita bisa banyak melakukan aktivitas lainnya, seperti contohnya membuat konten marketing.

2. Melalui E-Mail atau Newsletter

Ternyata selain melalui media sosial, pemasaran melalui e-mail pun menjadi salah satu strategi yang dapat Anda pertimbangkan. Untuk melakukannya, Anda perlu database konsumen yang kemudian, pesan dari kegiatan marketing tersebut akan di blast ke database tersebut.

3. Melalui Komunitas

Selain melalui media sosial, komunitas pun dianggap memiliki power untuk mensukseskan pemasaran suatu produk maupun layanan. Jadi, strategi berikutnya kita bisa bekerjasama dengan komunitas atau organisasi tertentu yang sesuai dengan karakter maupun target yang diinginkan. Keuntungannya adalah, audiensnya akan lebih tertarget dengan tepat.

Dari informasi ini bisa kita ketahui bahwa manajemen pemasaran sendiri dapat diartikan sebagai suatu kegiatan untuk menganalisis, merencanakan, mengimplementasikan, dan mengawasi suatu jalannya program agar bisa mencapai tujuan tertentu. Salah satu strategi dalam pemasaran ini adalah menggunakan sosial media atau dengan menggunakan teknologi digital. Anda bisa berkonsultasi dengan ahli digital marketing terlebih dahulu sebelum memasarkan produk yang Anda miliki agar bisa berjalan lebih efektif.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!


 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS