Dirilis

17 Januari 2023

Penulis

Ari Handojo

Bahasan mengenai transformasi  bisnis tentu memiliki cakupan yang luas. Salah satu yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah transformasi dalam divisi finance dan accounting.
Divisi finance dan accounting sendiri memiliki peranan penting dalam kesuksesan perusahaan, karena memegang alur keuangan dari suatu perusahaan. Untuk lebih jelasnya lagi, Anda bisa membaca artikel ini sampai akhir.

 

Transformasi  Bisnis dalam Divisi Finance dan Accounting


Bisnis saat ini menghadapi banyak tantangan yang sama. Seperti, komoditisasi produk, mengikis margin dan volume penjualan karena perang harga yang berkelanjutan, serta kegagalan pelanggan untuk melihat nilai yang berbeda di luar harga, hubungan pelanggan, dan keandalan layanan. 

Agar tetap kompetitif, perusahaan menjadi "konsumen-sentris" dengan membangun hubungan dekat dengan pelanggan dan fokus pada pemecahan permasalahan para pelanggan. 

Oleh karena itu, penting bahwa tim finance dan accounting menjadi bagian dari proses penciptaan nilai bisnis dan memberikan solusi nasihat bisnis di atas debit dan kredit, pengetahuan tentang standar akuntansi, dan manajemen keuangan. 

Adapun tim finance dan accounting diharapkan mampu:

  1. Mengidentifikasi aktivitas penciptaan nilai (aktivitas apa yang menciptakan nilai dan aktivitas apa yang tidak?)
  2. Mengembangkan strategi masa depan (ke mana bisnis harus diarahkan?)
  3. Menyarankan ide untuk mengeksekusi dan mendorong tujuan tersebut (bagaimana bisnis dapat mencapai tujuannya?)

Namun, banyak departemen finance dan accounting (F&A) gagal sebagai penasihat bisnis. Terdapat dua faktor umum yang mencegah mereka melakukannya.

 

1.    Melihat ke Belakang

Di departemen finance dan accounting ada banyak kritik dimana mereka hanya melihat ke belakang dan dengan demikian tidak menambah nilai bisnis yang nyata. 

Departemen F&A memberikan laporan historis bulan lalu dan menjelaskan apa yang terjadi pada bulan lalu versus tahun lalu beserta perbandingan anggaran, rasio keuangan, dan sebagainya. 

Penjelasan analisis varian didasarkan pada apa yang sudah terjadi. Ini seperti membaca koran bulan lalu hari ini.

 

2.    Ketergantungan yang Berlebihan pada Spreadsheet


Program spreadsheet seperti Excel sangat kuat dan ramah pengguna. 

Namun, ketika semua informasi keuangan perusahaan dikompilasi menggunakan Excel dan spreadsheet untuk mengkonsolidasikan hasil bisnis, karyawan harus menghabiskan banyak waktu untuk menyaring data dan melakukan rekonsiliasi rutin untuk memeriksa kemungkinan kesalahan. 

Dan file Excel ini cenderung tumbuh dalam ukuran dan kompleksitas seiring pertumbuhan bisnis.

Baca juga: Masalah Akuntansi yang Sering Dihadapi Perusahaan Baru

 

Strategi Transformasi Bisnis dalam Divisi Finance dan Accounting


Jika departemen F&A menghabiskan banyak waktu untuk mengumpulkan informasi keuangan historis menggunakan metode yang kikuk dan tidak efektif, hanya masalah waktu sebelum pesaing yang ada atau pendatang baru akan ‘melangkahi’ usaha Anda. 

Sehingga kita perlu memahami strategi transformasi  bisnis dalam divisi finance dan accounting agar dapat meningkatkan petunjuk diskusi sebagai mitra bisnis keuangan dan pertimbangan utama bisnis dalam rencana strategisnya.

 

1.    Selami Lebih Dalam untuk Memahami Proses Penciptaan Nilai

Dalam proyek transformasi  kita perlu memahami pelanggan kita, aktivitas utama untuk menghasilkan nilai pelanggan, dan bagaimana bisnis menyampaikan nilai tersebut kepada pelanggannya.

 

2.    Kumpulkan Informasi dan Bangun Kepercayaan dan Empati

Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan informasi dari pemangku kepentingan internal lainnya dan membangun kepercayaan serta empati dalam hubungan tersebut. Latihan pengumpulan informasi ini dapat membantu mengidentifikasi isu-isu baru.

 

3.    Melampaui Model Bisnis Internal dan Penciptaan Nilai

Penting untuk melihat secara eksternal di luar model bisnis dan proses penciptaan nilai bisnis. Ini juga dapat disebut sebagai pengumpulan informasi ‘canggih’. 

Mengetahui tren yang muncul akan membantu meningkatkan petunjuk diskusi sebagai mitra bisnis keuangan dan pertimbangan utama bisnis dalam rencana strategisnya.

Membangun hubungan dengan pelanggan internal dan mendapatkan kepercayaan mereka sangat penting dalam mendapatkan dukungan untuk transformasi  apapun.

Proyek-proyek tersebut harus menciptakan nilai dan menyediakan layanan untuk memecahkan masalah mereka. Dengan cara yang sama, setiap bisnis menyediakan produk atau layanan kepada pelanggan mereka, sebelum pemangku kepentingan internal melihat manfaat dari transformasi finance dan accounting

Salah satu cara untuk menanggapi manajer yang perlu melihat bagaimana transformasi finance dan accounting akan menguntungkan mereka adalah dengan menunjukkan kemungkinan efisiensi yang lebih tinggi. 

Anda dapat mengidentifikasi alat IT yang lebih canggih selain spreadsheet yang akan membantu mengurangi beban kerja persiapan laporan rutin. 

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.7

7 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Mutiara shinta ulfah ashari

09 Pebruari 2023

Informatif

Balas

. 0

Nattan Leon Rumamby

02 Pebruari 2023

👍👍👍

Balas

. 0

Nattan Leon Rumamby

02 Pebruari 2023

👍👍👍

Balas

. 0

Rudi haryono

26 Januari 2023

Sip

Balas

. 0

Ferri kurniawan

24 Januari 2023

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS