Dirilis

23 Oktober 2022

Penulis

Ari Handojo

Kanal atau saluran bisnis merupakan jalur yang bisa digunakan dalam pemasaran produk bisnis Anda. Saat ini, kanal yang dapat dipilih pun beragam, mulai dari kanal offline hingga online.

Kanal offline sendiri merupakan sistem yang sudah berlangsung sejak lama, seperti jalur penjualan tradisional mulai dari pabrik hingga ke pengecer, door to door, penjualan melalui media TV, dan lainnya.

Sedangkan kanal online atau digital mulai banyak bermunculan sebagai sarana pemasaran produk. Seperti penjualan melalui Youtube, Tokopedia, Shopee, Instagram, Bukalapak, dan lain-lain.

 

8 Cara Membangun Kanal Bisnis untuk Pemasaran Produk

Untuk bisa menjual produk Anda menggunakan kanal-kanal yang tersedia, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu. Berikut delapan cara membangun kanal dalam bisnis.

 

1.    Tentukan Value Proposition Anda

Value proposition adalah pernyataan yang menjawab ‘mengapa seseorang harus berbisnis dengan Anda?’. Pernyataan ini harus meyakinkan calon konsumen mengapa jasa atau produk yang Anda tawarkan lebih bernilai bagi mereka daripada penawaran serupa oleh para pesaing.

Anda tahu keunggulan perusahaan Anda tetapi apakah calon konsumen Anda tahu apa yang membedakan merek Anda dengan yang lain? value proposition tidak banyak memberikan nilai yang membedakan usaha Anda dengan pesaing, namun juga dapat digunakan untuk mengevaluasi bisnis Anda.

Bagi mayoritas konsumen, value proposition dalam suatu produk merupakan hal pertama yang mereka temui saat melihat merek Anda. Anda memiliki sekiranya 10 detik untuk menarik perhatian calon konsumen, sehingga memiliki value proposition yang jelas dan ringkas menjadi sangat penting.

Dalam membuat value proposition, penting untuk memberikan semua manfaat yang diberikan oleh produk Anda dengan singkat dan berkesan. Penting juga untuk menghubungkan masalah utama yang dihadapi konsumen dengan manfaat yang Anda tawarkan, hal ini dapat membuat value proposition Anda lebih jelas dan mudah dipahami.

 

2.    Buat Jalur Penjualan yang Berorientasi kepada Konsumen

Penting untuk diingat, bagaimana cara mempermudah calon konsumen untuk membeli jasa atau produk Anda. Buatlah sistem yang simple agar calon konsumen dapat dengan mudah membeli produk Anda, mulai dari proses pemesanan, cara pembayaran, hingga cara menyampaikan produk tersebut ke tangan konsumen.

Misalnya, konsumen dapat memesan secara online melalui e-commerce, melalui telepon, whatsapp, situs resmi, atau langsung datang ke toko. Setelah itu bagaimana konsumen akan membayarnya? Apakah dengan layanan COD, cash, ataupun transfer, scan QR code, dan lainnya. Cobalah melihat dari sisi calon konsumen, apakah cara-cara demikian sudah efisien dan mudah bagi mereka.

 

3.    Buat Perbandingan dengan Kompetitor

Mengapa hal ini perlu dilakukan? Karena dalam dunia bisnis terdapat banyak pilihan. Bisnis Anda mungkin mudah diduplikasi oleh orang lain. Kalaupun Anda yang menjadi pertama dan berhasil melakukannya, maka akan banyak orang yang berusaha mengikuti apa yang Anda lakukan. 

Apakah itu buruk? Jawabannya, tergantung dari cara pandang Anda. Tetaplah berpikir positif bahwa kompetitor dapat memacu Anda untuk menjadi lebih baik. Di dalam dunia bisnis, tentu terlalu besar bila pasar Anda garap seorang diri. Jadi biarlah konsumen yang menilai mana yang lebih baik.

 

4.    Definisikan Tipe Partner Seperti Apa yang Hendak Anda Ajak Bekerja Sama

Dalam berbisnis, Anda tentu memerlukan partner bisnis. Sekalipun Anda merupakan pemilik tunggal, keberadaan partner bisnis tentu tidak terelakan. Anda membutuhkan partner yang bisa mencukupi kebutuhan operasional perusahaan.

Pilihan partner bisnis juga pastinya beragam, dan Anda harus memilih partner yang memiliki visi dan misi yang sejalan dengan bisnis Anda. Memiliki partner yang sejalan dengan Anda, akan membuat kerja sama yang Anda lakukan menghasilkan win-win result bagi kedua belah pihak. Hal ini juga akan memudahkan dalam penyelesaian konflik yang terjadi.

 

5.    Definisikan Kunci Sukses

Bila Anda bisa mendefinisikan sukse menurut Anda secara terukur dan jelas, maka akan memudahkan Anda untuk pencapaiannya. Salam setiap kanal bisnis, penentuan kunci suksesnya harus disesuaikan dengan tipe dari bisnis kanalnya. Untuk bisa mengukur kunci sukses dari kanal bisnis yang dipilih akan lebih baik jika Anda membuat KPI nya juga. Jadi semuanya terdata dengan jelas, bukan hanya berdasarkan perasaan atau ilmu kira-kira.

 

6.    Definisikan Apa yang Memotivasi Anda

Apa saja hal yang memotivasi Anda dalam memilih kanal bisnis tertentu. Ada yang mungkin melihat biaya murah sebagai motivasi memakai kanal Youtube daripada TV swasta. Motivasi masing-masing pebisnis tentu berbeda. Motivasi ini yang membuat kanal bisnis yang Anda pakai tetap menjadi kanal bisnis pilihan Anda. 

 

7.    Kembangkan Strategi Pemasaran

Buatlah strategi pemasaran untuk masing-masing target pasar berdasarkan kanal yang Anda gunakan. Strategi pemasaran yang tepat, akan membantu Anda dalam pemasaran secara konsisten, menghasilkan outcome yang terukur, serta dapat juga dijadikan sebagai pedoman baku perusahaan.

Strategi pemasaran harus didasarkan pada tujuan bisnis Anda, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan identitas, merek, misi, dan pesan produk Anda. Strategi seperti itu juga harus memperhitungkan nilai jual unik perusahaan Anda, dan bagaimana Anda akan menyampaikannya.

 

8.    Buat Strategi Partner Pilihan

Dalam menggunakan kanal bisnis, Anda mungkin menggunakan satu atau beberapa partner bisnis pilihan. Mereka yang terpilih juga harus beradaptasi dengan gaya bisnis Anda. Namun demikian untuk bisa membuat pedoman yang lebih mudah bagi partner bisnis Anda, sebaiknya Anda juga membuat strategi untuk masing-masing partner. Mungkin akan berbeda bila bisnis Anda sudah menyandang nama besar, sehingga partner bisnis mau tidak mau harus setuju dengan gaya bisnis Anda bila mereka hendak bekerja sama dengan Anda.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.9

19 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

rizky putri kartika

03 Desember 2023

Artikelnya sangat bagus dan bermanfaat 👍🏻

Balas

. 0

TINA SUMARTINA

14 Juni 2023

Bermanfaat

Balas

. 0

Fani Rianto

10 Mei 2023

Mantap

Balas

. 0

Bariansyah Dwiputra Wn

29 November 2022

👍

Balas

. 0

Andi Nurachman

24 November 2022

👍👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS