Dirilis

26 Agustus 2023

Penulis

Adhiyat Thoriq

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam perkembangan ekonomi Indonesia. Hal ini sudah dibuktikan saat hantaman krisis ekonomi yang melanda beberapa waktu lalu, UMKM adalah salah satu usaha yang mampu bertahan dalam menghadapi krisis.

Tetapi sekuat-kuatnya UMKM dalam menghadapi krisis, masih banyak cerita UMKM yang gulung tikar karena tidak memiliki karyawan (SDM) yang memadai atau dengan kata lain berkualitas rendah.

Baca juga: Simak Cara Membangun Manajemen Sdm Usaha yang Berkualitas

Apakah hal ini juga terjadi pada usaha Anda? Bagaimana kualitas sumber daya manusia pada usaha Anda saat ini? Apa yang harus dilakukan agar memiliki kualitas Sumber daya manusia memadai? Anda sebagai pengusaha harus memiliki manajemen sumber daya manusia yang tepat, yuk kita bahas langkah-langkahnya.

 

Membangun Manajemen Sumber Daya Manusia yang Memadai

Membangun manajemen sumber daya manusia yang efektif untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memerlukan perencanaan dan implementasi yang cermat. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda pertimbangkan dalam membangun manajemen SDM untuk UMKM:

 

1. Identifikasi Kebutuhan SDM

Sangatlah penting untuk melakukan identifikasi tugas dan tanggung jawab dari masing masing karyawan sehingga mereka tahu peran mereka dalan usaha UMKM Anda. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan kapasitas saat ini dan perkiraan pertumbuhan ke depan.

 

2. Penyusunan Job Description

Tugas dan tanggung jawab dari setiap individu di usaha Anda perlu di deskripsikan atau dijelaskan secara detail, sehingga masing masing karyawan tahu danpaham tugas dan tanggung jawab mereka. Ini harus mencakup tanggung jawab, kualifikasi, keterampilan, dan kompetensi yang dibutuhkan.

3. Proses Rekrutmen dan Seleksi

Lakukan proses proses rekrutmen dengan baik, mulai dari pemasangan iklan lowongan kerja hingga wawancara dan penilaian kandidat. Pastikan karyawan yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budaya kerja UMKM Anda.

 

4. Orientasi Karyawan Baru

Setiap karyawab baru harus mengenal budaya, proses kerja dan tujuan dari Perusahaan Anda, oleh karena itu lakukan pengenalan terhadap hal-hal tersebut kepada karyawan baru. Hal ini membantu mereka beradaptasi lebih cepat.

 

5. Pengembangan Karyawan

Untuk meningkatkan keterampilan karyawan lakukan pelatihan dan pengembangan kemempuan karyawan. Anda dapat melakukannya sendiri atau melalui lembaga pelatihan yang banyak terdapat di berbagai tempat.

Baca juga: Cara Ajak Karyawan Naik Kelas

 

6. Penilaian Kinerja

Untuk menentukan apakah karyawan Anda sudah bekerja dengan baik atau belum, perlu dibuatkan sistem penilaian kinerja yang baik dan terukur. Sistem penilaian kinerja ini juga dapat digunakan untuk melakukan evaluasi secara berkala, sehingga apabila ada kendala bisa cepat diketahui dan dicarikan solusinya.

 

7. Penggajian dan Penghargaan

Setiap karyawan harus diberikan imbal hasil atau gaji atas pekerjaan yang mereka lakukan. Berikan gaji sesuai dengan beban kerja mereka secara adil dan sesuai dengan pasaran. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memberikan bonus atau insentif sebagai penghargaan apabila karyawan Anda bekerja melebihi target mereka.

 

8. Manajemen Konflik

Siapkan cara untuk mengelola konflik di tempat kerja dengan bijaksana. Hal ini penting untuk menjaga suasana kerja yang harmonis.

 

9. Perhatikan Hukum dan Regulasi

Ini merukan salah satu hal yang harus menjadi perhatian Anda. Pastikan manajemen sumber daya manusia yang dijalankan sesuai dengan peraturan atau hukum yang berlaku di Indnesia.

 

10. Adaptasi Terhadap Perubahan

Tetap fleksibel dan siap untuk beradaptasi dengan perubahan dalam lingkungan bisnis atau kebutuhan SDM.

 

11. Teknologi dan Automasi

Manfaatkan teknologi dan perangkat lunak manajemen SDM untuk membantu mengelola informasi karyawan, penggajian, dan kinerja.

Ingatlah bahwa setiap UMKM memiliki karakteristik yang berbeda, oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan langkah-langkah ini dengan kebutuhan spesifik bisnis Anda. Kesadaran tentang pentingnya SDM yang baik dapat membantu UMKM berkembang secara berkelanjutan.

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang kewirausahaan dan gaya hidup dapat mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk dapat memperoleh lebih banyak manfaat lagi. Apabila Anda masih bingung untuk bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.8

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ardhan Ashary Nasution

14 Desember 2023

Informasi yang menarik 👍👍

Balas

. 0

Ferri kurniawan

01 September 2023

👍

Balas

. 0

Yanda Darojatun

30 Agustus 2023

Kusuka materinya

Balas

. 1

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS