Dirilis

14 Maret 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Sejak adanya pandemi COVID-19 masyarakat memiliki hobi baru yaitu bersepeda. Tidak heran kalau kemudian jual beli sepeda menjadi ramai dan banyak diminati orang. Bahkan harga sepeda saat ini bisa mencapai jutaan rupiah, tergantung dari jenis sepeda yang Anda jual tentunya. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk memulai usaha jual beli sepeda, simak tipsnya berikut ini.

5 Tips dan Trik Memulai Usaha Jual Beli Sepeda


Jangan pesimis dan menganggap Anda tidak mampu karena belum pernah melakukan usaha sepeda sebelumnya. Selama Anda mengetahui bagaimana tips dan trik menjalankan usaha tersebut maka keuntungan sudah di depan mata. Inilah beberapa tips yang bisa Anda mulai

1. Jual Sepeda dengan Harga yang Kompetitif



tentukan harga  jual beli sepeda

Meskipun sedang menjadi tren dan diburu banyak orang bukan berarti Anda bisa mematok harga sepeda semaunya. Anda juga harus ingat bahwa sejak pandemi datang tingkat perekonomian masyarakat juga mengalami penurunan. Itu artinya masyarakat akan cenderung memilih sesuatu yang harganya murah termasuk dalam membeli sepeda.

Selain itu penjual sepeda bukan hanya Anda saja sehingga persaingan tentunya juga cukup ketat. Jangan mengambil keuntungan yang terlalu tinggi sehingga para pecinta gowes akan memilih toko Anda untuk membeli sepeda karena harganya lebih murah. Mak dari itu, tetapkan harga yang kompetitif, tidak terlalu mahal, tapi juga tidak terlalu murah agar Anda bisa tetap mendapatkan keuntungan.

2. Berikan Pelayanan Khusus

Permintaan yang tinggi biasanya juga dibarengi dengans semakin banyaknya orang yang menjual produk tersebut. Pada masa gowes seperti ini pastinya penjual sepeda juga bertambah banyak. Nah, untuk memenangkan persaingan jadilah berbeda dari lainnya.

Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan khusus kepada pelanggan. Contohnya gratis biaya servis dalam jangka waktu tertentu atau berikan voucher kepada pembeli. Kalau pembeli merasa puas maka mereka akan merekomendasikan toko sepeda Anda kepada teman, saudara dan keluarganya.

3. Gabung Dalam Komunitas


gabung dalam komunitas  jual beli sepeda

Kalau Anda benar-benar memulai bisnis dan usaha sepeda dari nol tidak ada salahnya ikut dalam komunitas untuk menambah pengetahuan sekaligus koneksi. Di dalam dunia usaha koneksi dengan orang lain itu sangat penting karena bisa mendukung perkembangan toko Anda.

Anda bisa bergabung dengan komunitas bersepeda dan membina hubungan baik dengan para anggotanya. Dengan begitu Anda bisa sekalian menawarkan produk dari toko kepada pecinta gowes dalam komunitas tersebut. Cara seperti ini cukup efektif untuk mengenalkan toko sepeda Anda tanpa mengeluarkan biaya promosi.

4. Buatlah Toko yang Unik

Seringkali calon pembeli datang hanya karena tertarik dengan konsep toko tersebut. Anda bisa juga melakukan cara seperti itu dengan membuat konsep toko sepeda yang unik dan lain daripada toko sejenis. Misalnya Anda membuat kafe kecil di dalam toko sehingga ketika pembeli datang mereka bisa memilih sambil ngopi.

Bahkan kalau pembeli merasa nyaman dengan konsep toko sepeda yang Anda buat bukan tidak mungkin mereka akan sering datang mengajak teman atau saudaranya. Manfaatkan celah sekecil mungkin untuk meraih calon pembeli sebanyak mungkin.

5. Manfaatkan Teknologi untuk Pemasaran

Selain mengenalkan dan memasarkan sepeda Anda dengan cara konvensional jangan lupa juga untuk memanfaatkan teknologi digital. Buat toko online atau jual sepeda dan aksesorisnya di marketplace agar bisa menjangkau calon pembeli dimanapun.

Anda juga bisa memaksimalkan penggunaan media sosial sebagai alat promosi untuk menawarkan sepeda dan aksesoris dari toko Anda. Di era internet ini terbukti bahwa cara pemasaran digital berpengaruh cukup besar dalam meningkatkan omzet penjualan.

Membuka usaha toko jual beli sepeda di saat masyarakat sedang sangat menyukai aktivitas gowes memang menjadi pilihan yang bagus. Anda hanya perlu mengetahui dan memahami bagaimana strategi untuk memulai usaha tersebut. Dengan strategi, persiapan, dan eksekusi yang matang, usaha ini bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Anda bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer dari Daya.id sebelum menjalankan usaha ini agar bisa memperoleh wawasan dan kesiapan ilmu usaha dengan lebih mantap dan matang.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!
                
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS