Dirilis

04 Oktober 2021

Penulis

Tim Penulis Daya


Banyak orang mencari bagaimana cara jadi youtuber pemula. Memang tidak bisa dipungkiri, profesi sebagai youtuber semakin diminati dan banyak orang yang ingin menjadi youtuber sukses. Meski begitu, jalan menjadi youtuber bukanlah suatu yang mudah dan instan. Dibutuhkan proses dan konsistensi supaya bisa menjadi youtuber sukses. Inilah beberapa tips yang diharapkan bisa membantu Anda untuk menjadi seorang youtuber. 

Tips Cara Jadi Youtuber Pemula

1. Miliki Definisi Sukses Menurut Diri Sendiri



Punya motivasi diri dan tahu keinginan serta tujuan dalam hidup itu penting, termasuk ketika kita memutuskan untuk menjadi seorang youtuber. Dengan demikian, langkah dan cara jadi youtuber pemula yang pertama adalah menentukan goal channel mu berdasarkan 3 jenis kesuksesan, diantaranya:

a.    Unggul dalam hal subscriber
b.    Unggul dalam Engagement atau interaksinya
c.    Berhasil monetisasi atau mendapat keuntungan dari youtube

2. Buat Target

Setelah menentukan goal atau tujuan dan tahu ingin dibawa kemana channel youtube yang kita buat, selanjutnya buatlah target yang terukur untuk mencapai itu. Mengapa demikian? Tujuannya supaya kita dapat memperhitungkan waktu dan apa saja usaha yang akan dilakukan. Dengan adanya target ini, bisa menjadikan kita termotivasi dan lebih disiplin nantinya. Ingat, tanpa konsistensi dan disiplin, sulit untuk menjadi youtuber sukses. 

3. Kenali Apa yang Menjadi Passion Kita

Cara jadi youtuber pemula selanjutnya adalah menentukan passion. Menjalankan pekerjaan sesuai dengan passion atau keinginan memang akan terasa lebih menyenangkan. Hal ini juga bisa Anda aplikasikan untuk menjadi seorang youtuber. Tentukan terlebih dahulu apa yang menjadi passion Anda. Apakah itu tentang memasak, bermain game, review make up, dan sebagainya. 
Baru setelah itu, mulai bangun channel yang sesuai dengan passion tersebut. Misalnya jika Anda memiliki passion dalam memasak dan membuat kue, maka buat channel youtube tentang tutorial memasak. 

4. Buat Konten Menarik

Jika channel youtube kita ingin ditonton serta disukai banyak orang, maka kuncinya ada pada konten karena memang youtube merupakan media untuk distribusi konten. Buatlah konten youtube yang menarik dan bisa menarik perhatian viewers. Cara membuat konten viral sendiri dikenal dengan STEPPS:

-    Social Currency
-    Trigger
-    Emotion
-    Public
-    Practical Value
-    Stor


Maka buatlah konten yang memiliki unsur STEPPS tersebut agar video yang dihasilkan bisa menarik dan disukai viewers

5. Pastikan Memiliki Ciri Khas


Ketika kita sudah terjun di dunia konten creator youtube, itu tandanya harus siap dengan persaingan ketat. Untuk itu, perlu bagi kita untuk mempunyai ciri khas yang identik dengan channel kita sendiri, seperti mungkin personal branding, logat, gaya editing, dan lain sebagainya. 

Misalnya, tagline khas yang identik dengan youtuber food yaitu Nex Carlos. Setiap akan makan, Nex Carlos akan menyelipkan tagline khasnya yang berbunyi “Makan Cuy!”. Tagline itulah yang akhirnya membuat banyak viewers selalu ingat dengan Nex Carlos, karena tagline tersebut yang unik dan berciri khas. 

6. Prepare atau Persiapan

Sebelum memulai semuanya, jangan lupa untuk mempersiapkan dan pertimbangkan setiap halnya dengan baik, seperti memilih alat, menentukan tema, membuat naskah, jadwal produksi konten hingga kapan dan berapa lama editing dilakukan. Dan tak lupa buatlah channel dengan menarik, seperti foto, header, thumbnail, playlist dan lain-lainnya harus juga dipersiapkan.

7. Fokus

Ketika membuat konten video, usahakan kita fokus pada tujuan, seperti: memilih atau seleksi gambar sesuai dengan skrip atau sesuai yang kita butuhkan, sesuaikan cahaya dan pengambilan gambar, pastikan suara terdengar jelas supaya informasi tersampaikan dengan baik, dan lain sebagainya.

8. Bangun Engagement atau Interaksi dengan Audience 

Tak kalah penting dari cara jadi youtuber pemula adalah membangun interaksi dengan audience dengan cara konsisten produksi dan upload, libatkan opini mereka, pancing interaksi dengan mereka, tanggapi respon dan beragam cara lainnya.

9. Jangan Malas Belajar dan Mengupgrade Pengetahuan dan Konsisten 

Jika telah menjadi youtuber, bukan berarti tak perlu cari ilmu lagi. Upgrade pengetahuan tetaplah penting, seperti cari tahu bagaimana memaksimalkan channel dengan SEO, gunakan juga media sosial untuk promosi, bagaimana membaca dashboard, membuat iklan di youtube yang tidak dapat dilewati dan lain sebagainya. Tidak lupa selalu konsisten dan kerja keras. Selalu ingat bahwa tanpa konsistensi dan kemauan yang kuat, menjadi youtuber akan sulit untuk dicapai. 

Itulah beberapa cara jadi youtuber pemula yang bisa Anda ikuti. Diharapkan, berbagai tips ini bisa membantu Anda untuk meraih impian menjadi seorang youtuber yang sukses. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id seputar bagaimana cara untuk membangun karir dengan tepat selengkapnya. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari Berbagai Sumber

Penilaian :

4.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS