Dirilis

28 September 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Saat ini keberadaan desain grafis sangat dibutuhkan sehingga peluang usaha berupa jasa desain grafis sangat menjanjikan. Desain grafis merupakan salah satu bentuk seni dengan tujuan untuk memecahkan suatu masalah komunikasi melalui kombinasi elemen grafis. Seorang desainer grafis diharuskan untuk bisa menyampaikan informasi atau pesan secara jelas kepada audiens melalui kombinasi elemen grafis tersebut.

Jika Anda memiliki skill atau keahlian dalam bidang desain sebaiknya memaksimalkan skill tersebut. Anda bisa memaksimalkannya dengan membuka jasa membuat desain grafis.

 

Cara Memulai Jasa Desain Grafis


Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai membuka jasa ini. Berikut beberapa cara tersebut:

 

1. Pahami Jenis Jasa Desain Grafis


Cara memulai usaha jasa ini yang pertama adalah memahami jenis-jenisnya. Cara ini penting untuk dilakukan karena berguna untuk menyesuaikan dengan keahlian yang dimiliki. Adapun beberapa jenis jasa ini adalah:
  • Desain grafis untuk branding
  • Desain untuk pengemasan
  • Desain cetak fisik
  • Desainer grafis web
  • Jasa periklanan
  • Videografi

Jika Anda sudah mengetahuinya maka langkah selanjutnya yaitu menentukan pilihan. Setelah itu, buatlah pilihan jasa yang ditawarkan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Jangan lupa untuk membuat dan membangun sebuah portofolio atau contoh hasil karya desain grafis Anda.

Bagi pelaku jasa desain, portofolio sangat penting untuk dibuat. Tujuannya agar calon client bisa melihat seperti apa hasil pekerjaan Anda. Jadi, pastikan sudah membuat portofolio yang bagus ya.

 

2. Tentukan Bentuk Bisnis, Target, dan Strategi Pemasaran Bisnis

Selanjutnya Anda perlu untuk menentukan bentuk bisnis yang tepat. Apakah bisnis tersebut dijalankan sendiri tetapi kecil-kecilan, menjalin kerjasama dengan orang lain atau membuat bisnis yang langsung besar. Anda bisa menentukannya tetapi harus disesuaikan dengan modal yang dimiliki.

Setelah itu, Anda harus menentukan target bisnisnya seperti apa. Misalnya memilih desain grafis untuk branding, berarti targetnya adalah perusahaan atau bisnis lainnya. Tidak kalah penting, Anda juga harus menentukan strategi pemasaran bisnis jasa desain grafis yang Anda miliki. Apakah beriklan melalui media sosial seperti facebook, instagram, twitter, website, dan sebagainya.

 

3. Melakukan Riset Tarif Jasa dari Perusahaan Lain


Cara memulai jasa desain grafis selanjutnya yaitu dengan melakukan riset tarif dari perusahaan lainnya yang memiliki fokus pada bisnis yang sama. Cara ini cukup penting untuk dilakukan supaya Anda bisa menentukan tarif yang tepat untuk jasa yang nantinya akan ditawarkan ke klien. Anda harus benar-benar mengetahui harga pasar desain grafis saat ini.

Jangan sampai tarif yang dipatok harganya lebih mahal dari jasa lain yang sudah berdiri cukup lama. Tentu jika ini terjadi maka bisnis Anda akan kesulitan untuk mendapatkan klien. Maka dari itu, lakukan riset harga dengan cara melihat tarif yang ada di websitenya, bertanya langsung kepada teman atau keluarga yang pernah menggunakan jasa ini.

 

4. Tentukan Berapa Besar Modal yang akan Digunakan

Modal menjadi hal yang sangat penting ketika akan membuka suatu bisnis jasa ini. Pada dasarnya, besarnya modal untuk memulai jasa desain grafis akan sangat bergantung pada jenis usaha seperti apa yang Anda geluti serta kebutuhan peralatan yang harus Anda beli. Misalkan untuk membeli laptop, komputer, printer, dan sebagainya.

Setelah itu, Anda harus menentukan modal yang digunakan berasal dari modal milik sendiri, modal bersama atau Anda membuka investasi bagi perusahaan lainnya. Apabila Anda menggunakan modal sendiri maka keuntungan yang diperoleh bisa dimiliki sendiri. Pembagian keuntungan harus sesuai persentase jumlah modal yang ditanamkan.

 

5. Persiapkan Alat yang Dibutuhkan

Untuk menjalankan usaha ini maka Anda harus mempersiapkan alat yang dibutuhkan. beberapa alat tersebut adalah komputer, printer, mouse, dan beberapa perangkat lunak (software) untuk mendesain. Alat-alat tersebut bisa Anda beli dalam kondisi baru, atau menggunakan peralatan yang sudah Anda punya sebelumnya.

Itulah beberapa informasi tentang beberapa cara memulai jasa desain grafis. Pada dasarnya, bisnis ini sangat bergantung pada skill atau kemampuan desain pelakunya. Jadi, Anda yang memang memiliki passion dan skill dalam dunia desain bisa memilih untuk menjalankan bisnis ini. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id seputar cara memulai usaha jasa desain yang baik dan benar selengkapnya.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.9

18 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Adi setiawan

15 Oktober 2021

?

Balas

. 0

Adi setiawan

04 Oktober 2021

Nice

Balas

. 0

Muhamad Trimanto

01 Oktober 2021

Bermanfaat

Balas

. 1

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS