Dirilis

23 Mei 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Memulai jasa pengiriman motor bisa Anda pilih sebagai usaha di bidang jasa yang menjanjikan. Jasa tersebut cukup dibutuhkan seiring dengan semakin tingginya mobilitas orang dari satu daerah ke daerah lainnya. Anda bisa meraup penghasilan lumayan dengan melakukan usaha pengiriman motor. Namun Anda perlu tahu bahwa sebelum membuka usaha jasa pengiriman atau ekspedisi harus memenuhi beberapa syarat perizinan dulu. Semua itu demi legalitas dan keamanan usaha Anda termasuk barang-barang yang dikirimkan.

Persyaratan Membuka Usaha Pengiriman Barang

jasa pengiriman motor
Berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) Perhubungan no. 49/2017 dan juga Permen Menkominfo no. 7/2018, usaha pengangkutan barang termasuk motor telah diatur persyaratannya. Adapun persyaratan yang dimaksud yaitu :
▪    Surat pengajuan permohonan disertai materai
▪    Identitas diri pemohon atau pihak penanggung jawab
▪    Akta pendirian perusahaan dan perubahannya (kalau ada)
▪    NPWP pemohon atau penanggungjawab
▪    Tenaga ahli berstatus WNI dengan pendidikan minimal Diploma 3 (D3) pelayaran/ maritim/ transportasi/ penerbangan, S1 logistik, atau yang memiliki sertifikat keahlian kepabeanan.
▪    Mempunyai modal minimal sebesar 1,2 miliar dimana sebanyak 25% modal tersebut harus ditempatkan dan disetorkan sepenuhnya. Penempatan dana akan diaudit oleh akuntan publik.
▪    Sertifikat kepemilikan gedung ataupun perjanjian sewa tempat minimal selama 2 tahun.
▪    Proposal teknis yang memuat :
-    Keterangan kepemilikan kendaraan operasional minimal roda 4
-    Keterangan memiliki lahan parkir ataupun pool.
-    Keterangan bahwa telah memiliki sistem informasi serta komunikasi yang terintegrasi dengan perangkat sistem informasi transportasi darat, udara, laut serta perkeretaapian yang disesuaikan perkembangan teknologi.
Itulah berbagai persyaratan yang harus Anda penuhi sebelum memulai usaha ini. Pastikan Anda telah memenuhi persyaratan yang diperlukan agar usaha Anda legal.

Cara dan Tips Memulai Usaha Jasa Pengiriman Motor

Cara Memulai Usaha Jasa Pengiriman Motor dan Syaratnya
Lantas bagaimanakah cara untuk memulai usaha bidang ekspedisi termasuk pengangkutan motor tersebut? Anda bisa menyimaknya melalui tips berikut ini.
 

1. Hitung dan Persiapkan Modal Usaha

Modal menjadi hal utama yang harus dipersiapkan saat akan menjalankan sebuah usaha. Nah, untuk usaha pengangkutan kendaraan terutama motor termasuk kepada bidang ekspedisi yang aturannya telah dibuat oleh pemerintah secara jelas melalui 2 Permen.
Setidaknya modal yang Anda butuhkan antara lain yaitu :
▪    Modal minimal yang harus dimiliki sesuai Permen yaitu Rp. 1,2 M
▪    Modal minimal yang harus disetorkan 25% yaitu Rp. 30 juta
▪    Armada kendaraan roda 4 @ Rp. 500 juta
▪    Pembangunan lahan parkir atau pool sekitar Rp. 5 juta
▪    Biaya operasional seperti gaji karyawan @ Rp. 1,5 juta
▪    Biaya lain-lain yang bisa Anda sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan.
 

2. Tentukan Jenis Layanannya

Anda juga harus menentukan dulu jenis layanan dari jasa pengangkutan tersebut, apakah motor saja atau dengan barang jenis lainnya. Mengapa? Selain akan menyangkut jenis kendaraan yang Anda butuhkan jenis layanan juga berpengaruh pada jenis izin yang harus Anda urus.
 

3. Tentukan Sistem Pengirimannya

Tentukan juga bagaimana sistem pengiriman yang akan Anda lakukan dalam usaha tersebut. Misalnya apakah akan Anda lakukan sendiri sepenuhnya atau melakukan kerjasama dengan jasa ekspedisi lainnya. Kalau bekerjasama dengan ekspedisi lainnya tentu harus ada perjanjian yang dibuat secara jelas terlebih dahulu.
 

4. Berikan Pelayanan yang Terbaik

Apa yang akan menjadikan usaha jasa pengangkutan Anda dipilih oleh pelanggan? Salah satunya yang utama karena pelayanan yang memuaskan. Seringkali orang dibuat kesal oleh jasa pengiriman yang tidak jelas dan lama. Utamakan kepuasan pelanggan Anda dengan memberikan pelayanan terbaik.

Itulah beberapa syarat dan cara untuk memulai usaha jasa pengiriman motor dan ekspedisi lainnya. Pada dasarnya, usaha ini memiliki peluang yang besar untuk dijalani. Hanya saja, memang dibutuhkan moda, persiapan, dan pengurusan perizinan yang benar supaya usaha ekspedisi motor bisa dijalankan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id sebelum memulai usaha ini agar bisa dijalankan dengan tepat dan lancar.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS