Dirilis

28 Juli 2022

Penulis

Lidia Faiza Jasmine

Apa jenis makanan khas Indonesia yang hampir ada di seluruh Indonesia? Ya, salah satunya adalah soto. Siapa sih yang tidak bisa menolak semangkuk soto yang bisa menghangatkan perut? 

Soto sendiri ditetapkan sebagai makanan nasional Indonesia lho! Hal ini menunjukan, bahwa minat masyarakat terhadap kuliner soto masih sangat tinggi. Melansir dari CNN, ada nih salah satu jenis soto yang masuk ke daftar sup terbaik di dunia, yaitu soto ayam. Wah! 

Melihat peluang tersebut, tentunya akan sangat baik jika Anda memanfaatkannya dengan membuka usaha jualan soto ayam. Belum lagi, usaha soto ayam sendiri membutuhkan modal yang relatif kecil, sehingga usaha soto ayam ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki modal terbatas. Rata-rata modal yang diperlukan untuk jualan soto ayam adalah Rp5 juta saja. Menarik bukan? 

Jika Anda tertarik dengan peluang ini, tentunya ada hal yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu sebelum Anda membuka usaha soto ayam milik Anda sendiri. Nah, untuk itu, yuk simak penjelasan berikut! 

 

5 Tips Jitu Memulai Jualan Soto Ayam Sendiri! 


Usaha soto ayam sendiri memang memiliki peluang yang besar. Namun, tentunya Anda perlu mempersiapkan beberapa hal agar usaha Anda dapat bersaing dengan kompetitor. Banyaknya penjual soto ayam, membuat usaha ini dikategorikan sebagai usaha yang tinggi akan persaingan. Tapi Anda tidak boleh menyerah dulu! Berikut lima tips untuk memulai usaha soto ayam Anda sendiri. 
 

1. Pilihlah Lokasi yang Strategis 

Bagi suatu bisnis, memang masalah lokasi adalah hal yang paling utama. Begitu pula dengan usaha soto ayam. Lokasi Anda berjualan haruslah strategis. Anda bisa memilih lokasi yang ramai orang, sehingga peluang Anda untuk didatangi pelanggan juga besar.  

Anda bisa memilih tempat-tempat yang ramai seperti, pasar, jalan raya, sekolah, kantor, hingga terminal. Hal ini bisa Anda terapkan baik jika Anda berjualan menggunakan gerobak keliling, maupun membuka warung sendiri.  

2. Ciptakan Cita Rasa Tak Terlupakan 

Untuk bisa mengalahkan kompetitor lain, tentu Anda harus pede dengan resep soto ayam Anda sendiri. Pastikan soto ayam yang Anda buat, memiliki cita rasa yang lezat dan juga menggunakan bahan-bahan dengan kualitas yang baik. 

Tak sedikit orang memilih soto ayam menjadi comfort food mereka, dimana biasanya mereka ingin memakan soto ayam untuk sekadar mengatasi rasa rindu, atau bahkan untuk menghangatkan tubuh. Jadi, pastikan rasa soto ayam Anda enak ya! 

3. Sajikan Makanan Pendamping 

Satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kuliner soto ayam adalah makanan pendampingnya. Tak lengkap rasanya apabila suatu warung soto ayam tidak menjual makanan pendamping seperti sate-satean, gorengan, bahkan kerupuk. Untuk itu, Anda tentu perlu menyajikan makanan pendamping untuk disantap bersamaan dengan soto ayam Anda. Dengan menjual makanan pendamping tersebut, Anda juga bisa mendapatkan sumber pendapatan tambahan lho! 

4. Jangan Lupa Untuk Giat Berpromosi 

Anda pasti akan sepi pembeli apabila tidak melakukan promosi. Promosi sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara, misal dari mulut ke mulut, banner, penyebaran brosur, hingga promosi di sosial media. Lakukanlah promosi dengan maksimal agar soto ayam Anda selalu ramai. 

Jika Anda ingin melakukan promosi secara ‘kekinian’, Anda bisa mencobanya dengan bekerjasama dengan food blogger atau influencer lokal di daerah Anda. Saat ini akun-akun di Instagram ataupun TikTok yang fokus pada konten kuliner memiliki banyak pengikutnya lho! Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan hal ini, agar jualan soto ayam Anda dapat dikenal oleh masyarakat luas di kota Anda maupun di seluruh Indonesia. 

5. Manfaatkan Digitalisasi 

Cepatnya perkembangan zaman, membuat para pelaku usaha harus bisa beradaptasi dengan cepat. Perubahan digitalisasi yang makin canggih pun harus bisa Anda manfaatkan sebaik-baiknya. Selain promosi lewat media sosial, Anda juga bisa mendaftarkan soto ayam Anda di aplikasi pesan antar makanan seperti Shopee Food, GoFood, dan lain-lain. Dengan mendaftarkan usaha soto ayam Anda di aplikasi tersebut, Anda bisa menghasilkan pendapatan dua kali lipat lho! 

Itu tadi lima tips memulai usaha soto ayam Anda sendiri. Untuk membangun usaha dari nol, tentu Anda memerlukan persiapan yang matang mulai dari business plan, modal, hingga rencana promosi. Nah, untuk Anda yang ingin memulai usaha soto ayam dengan lebih mudah, Anda bisa mencobanya dengan bergabung dengan usaha franchise soto ayam, yaitu Soto Mat Tjangkir.  

Tanpa perlu ragu akan kegagalan, Anda bisa bergabung menjadi mitra Soto Mat Tjangkir yang sudah terkenal dikalangan masyarakat, dan memiliki 41 cabang di seluruh Indonesia. Anda juga tidak perlu khawatir soal rasa, karena selain rasanya yang lezat, Soto Mat Tjangkir juga menyediakan makanan pelengkap sate ayam, sate kerang, sate telur puyuh, tempe, dan masih banyak lagi. Anda sebagai mitra nantinya juga berhak mendapatkan beberapa peralatan masak, bimbingan kepada mitra, dan pelatihan karyawan. Menarik bukan? Anda bisa klik link ini, untuk mengakses info lebih lengkap. 

Apabila Anda tertarik dengan usaha lainnya, Anda bisa mengakses fitur Peluang Usaha di website Daya.id dan temukan usaha yang cocok untuk Anda. Anda juga bisa menggunakan fitur Tanya Ahli secara gratis untuk berdiskusi terkait usaha Anda dengan para ahlinya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya! 

Sumber:

Berbagai Sumber

Penilaian :

5.0

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS