Dirilis

05 Juni 2022

Penulis

Lidia Faiza Jasmine

Apakah Anda setuju jika warung-warung di kantin tidak pernah sepi? Ya, usaha makanan maupun minuman di kantin memang termasuk salah satu bisnis yang menjanjikan. Hanya dengan modal yang relatif minim, Anda sudah bisa membuka usaha makanan di kantin dengan peluang omzet yang besar. Namun sebelumnya, ada beberapa hal yang Anda harus persiapkan jika ingin fokus pada usaha ini. Yuk baca artikel ini! 

 

Kelebihan Bisnis Makanan di Kantin

Meskipun terlihat sederhana, ternyata bisnis makanan ataupun minuman di kantin memiliki banyak kelebihan lho! Apa saja sih kelebihan menjalankan bisnis makanan di kantin? Simak penjelasan berikut!

 

1.    Modal Minim, Omzet Menggiurkan

Peluang usaha makanan di kantin memang terbilang cukup besar. Anda tidak perlu modal yang relatif besar sampai puluhan bahkan ratusan juta rupiah untuk memulai bisnis ini. Anda bisa memulai bisnis makanan ataupun minuman di kantin hanya dengan modal kurang dari Rp10 juta lho! Bahkan ada juga yang memiliki modal kurang dari Rp5 juta. Hal ini dapat disesuaikan dengan jenis makanan atau minuman apa yang akan Anda sediakan. Dengan modal yang sedikit Anda bisa memperoleh omzet hingga Rp10 juta per bulannya atau bahkan lebih. Bagaimana, menggiurkan bukan?

 

2.    Persaingan Minim

Persaingan pada bisnis makanan di kantin memang terbilang cukup minim. Saat Anda makan di kantin, Anda jarang menemukan ada usaha makanan atau minuman yang sama bukan? Biasanya pihak pengelola kantin akan mengatur jenis makanan dan minuman apa yang bisa di jual di kantin, sehingga jenis makanan yang disediakan di kantin pun biasanya beragam. Biasanya pada kantin sekolah, jarang ditemukan jenis makanan yang sama. Sementara pada kantin perkantoran mungkin kita akan menemukan beberapa jenis makanan yang sama di toko yang berbeda. Namun jangan khawatir! Jumlah nya tentu tidak banyak, biasanya hanya 2-3 toko yang bersaing dengan masakan yang sama. Anda bisa mensiasatinya dengan membuat citra usaha Anda sendiri, sehingga para konsumen akan selalu ingat dengan Anda.

 

3.    Konsumen Sudah Pasti

Kelebihan selanjutnya adalah kepastian konsumen. Jika Anda ingin menjalani bisnis makanan di kantin, Anda tidak perlu pusing-pusing untuk mencari pelanggan. Tentunya pelanggan akan menyesuaikan di mana Anda membuka bisnis. Apabila Anda membuka bisnis makanan di kantin sekolah, maka target konsumen Anda sudah pasti siswa maupun para guru dan staff di sekolah. Sedangkan apabila Anda tertarik untuk berbisnis makanan di kantin kantor, tentunya target konsumen Anda adalah para karyawan di kantor.

 

6 Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Memulai Bisnis Makanan di Kantin


Menjalani bisnis makanan di kantin memang terbilang cukup simple, selain itu Anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang besar dengan modal yang beragam dan terbilang cukup kecil. Namun sebelum memulai bisnis ini, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut.

 

1.    Survei Lokasi

Hal pertama yang Anda harus lakukan tentunya adalah menentukan lokasi. Pilihlah di mana Anda ingin membuka usaha kantin, apakah Anda ingin membuka usaha di kantin sekolah? Atau perkantoran? Anda juga perlu untuk melakukan survei di beberapa tempat, agar bisa membandingkan tempat mana yang lebih cocok untuk Anda. Adapun jumlah siswa atau karyawan yang harus Anda pertimbangkan, dengan jumlah siswa atau karyawan yang banyak tentunya peluang usaha Anda dibeli untuk konsumen juga akan semakin besar. 

 

2.    Pilih Jenis Makanan yang Sesuai


Setelah memilih lokasi, tentunya Anda harus memilih jenis makanan atau minuman apa yang ingin Anda jual. Jangan lupa untuk sesuaikan jenis makanan dengan target konsumen Anda. Apabila Anda akan berjualan di kantin sekolah, maka Anda bisa memilih makanan yang lebih sering digemari anak-anak, seperti snack dalam kemasan, gorengan, maupun makanan berat seperti bento. Kemudian jika Anda ingin berjualan di kantin perkantoran, Anda bisa menyediakan pilihan menu sarapan dan makan siang untuk para karyawan di kantor tersebut, seperti nasi kuning dan nasi goreng. Anda juga bisa memilih bisnis minuman yang pastinya akan selalu ramai pembeli dan jangan lupa untuk memberikan harga yang sesuai dan tentunya ramah di kantong.

 

3.    Dapatkan Izin Resmi

Agar bisa menjalankan bisnis Anda, tentunya Anda perlu izin resmi dari pihak sekolah maupun kantor yang Anda tuju. Biasanya, Anda bisa memberi proposal usaha untuk sekolah atau kantor yang akan dituju. Selain mendapatkan izin dari pihak sekolah atau kantor. Anda juga dapat membahas terkait peralatan apa yang akan disediakan oleh pengelola kantin, sehingga Anda bisa memperkirakan peralatan yang harus Anda siapkan. Kemudian Anda juga bisa bernegosiasi dengan pengelola kantin mengenai sewa bulanan.

 

4.    Hitung dan Siapkan Modal

Selanjutnya Anda bisa mulai menghitung modal yang harus Anda persiapkan. Selain modal untuk bahan baku, tentunya Anda harus menghitung juga modal lainnya, seperti harga sewa tempat, biaya listrik, iuran kebersihan, dan sejenisnya. Dengan memperhitungkan modal yang harus Anda keluarkan, berikutnya Anda bisa menetapkan harga jual yang sesuai agar bisa memperkirakan keuntungan yang akan didapatkan. Sebagai contoh, ketika Anda mengeluarkan Rp5 juta per bulannya untuk biaya operasional, dan penjualan makanan sebanyak 30 porsi dengan harga Rp15.000 per porsinya, Anda bisa mendapatkan penghasilan bulanan sebesar Rp13,5 juta, dengan keuntungan per bulannya sebesar Rp8,5 juta.

Baca Juga: Sulit Memperoleh Modal Usaha?

 

5.    Keamanan

Pastinya Anda tidak ingin kehilangan barang-barang penting bukan? Untuk menghindari hal seperti ini terjadi, Anda bisa memastikan keamanan kantin oleh pihak pengelola kantin. Apakah gedung kantin yang akan digunakan memiliki kunci? Atau memiliki sistem keamanan yang cukup? Hal seperti ini penting untuk dipastikan agar Anda tidak harus mengeluarkan biaya tak terduga jika terjadi pencurian.

 

6.    Berikan Pelayanan Total

Jangan lupa untuk selalu memberikan pelayanan total! Pelayanan yang bagus akan membuat usaha Anda selalu didatangi oleh pembeli setia. Anda dapat menyediakan makanan dengan rasa yang enak, mengedepankan kebersihan, dan pelayanan yang ramah agar pembeli selalu ingat dengan Anda dan usaha Anda.

Itu tadi adalah tips-tips bagi Anda yang ingin memulai bisnis makanan di kantin. Anda hanya perlu mempersiapkan modal, dan kebutuhan usaha yang relatif mudah, seperti mencari gedung dan bahan baku makanan Anda. Modal yang harus dikeluarkan pun beragam, sehingga Anda bisa menjual jenis makanan atau minuman yang cocok dengan budget yang Anda miliki. 

Anda dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluan usaha lainnya. Anda juga bisa mengakses fitur Tanya Ahli apabila masih memiliki pertanyaan atau ingin berdiskusi lebih lanjut mengenai usaha Anda. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS