Dirilis

12 September 2022

Penulis

Alin Kristiasti Fohan

Bagi Anda yang sebentar lagi akan memasuki masa pensiun, sudah terbayang belum aktivitas apa yang kira-kira ingin Anda lakukan nanti?

Ingin quality time bersama keluarga? Fokus menjalani hobi? Fokus beribadah? Atau justru ingin bekerja lagi, atau malah berwirausaha?

Memasuki masa pensiun merupakan proses perubahan besar dalam kehidupan. Jika semasa bekerja Anda lebih banyak menghabiskan waktu dengan bekerja, menerima gaji rutin bulanan, bertemu banyak orang. Saat pensiun, justru sebaliknya. Anda memiliki waktu lebih banyak untuk diri sendiri yang cara menikmatinya terserah kepada Anda. 

Beberapa dari Anda mungkin menerima tunjangan pensiun meski jumlahnya tidak sebanyak ketika Anda masih bekerja secara aktif. Anda juga akan tetap bertemu banyak orang, namun tentu circle-nya berbeda dengan yang Anda biasa temui sebelumnya. Perubahan ini mungkin tidak mudah dilakukan awalnya, namun siapa bilang setelah pensiun Anda tidak bisa produktif lagi.

Dilansir lui.kemsos.go.id, hasil kajian dari Justyna Stypiล„ska dan Janina Myrczik  dari Department of Sociology, Free University Berlin, Germany serta Annette Franke dari Department for Social Work, University of Applied Sciences Ludwigsburg, Germany, senior entrepreneurship memberikan manfaat bagi lansia dalam mempertahankan kontak sosial dan mencegah kesepian, juga membangun kepercayaan diri sehingga lansia lebih berdaya baik secara psikologis maupun secara sosial. 

Wah, ternyata wirausaha di masa pensiun bermanfaat ya!

 

Manfaat Wirausaha Bagi Pensiunan dan Lansia

Berikut ini manfaat berwirausaha bagi pensiunan dan lansia.

 

1.    Tetap aktif

Selain karena faktor usia, berbagai masalah kesehatan biasanya menjadi risiko umum bagi rata-rata pensiunan, seperti penyakit jantung, stroke, depresi bahkan Alzheimer. Makanya, tidak hanya tubuh, otak juga harus selalu aktif agar bisa tetap sehat. 

Nah, wirausaha merupakan hal yang melibatkan banyak kegiatan, sehingga membuat Anda tetap aktif. Membuat konsep bisnis, menyusun strategi pemasaran, dan pengelolaan bisnis membuat tubuh. Selain itu, otak tetap aktif melalui pembelajaran yang berkelanjutan dan stimulasi kognitif melalui aktivitas menghitung, menata, mengingat dan menganalisis.

 

2.    Tetap bersosialisasi


Memasuki masa pensiun berarti kehilangan sebagian besar interaksi sosial Anda. Namun, sangat penting untuk tetap menjaga ikatan sosial tersebut agar Anda tetap memiliki tujuan hidup dan menghindari perasaan kesepian yang bisa memicu depresi. 

Dengan berwirausaha, Anda bisa membuat interaksi sosial yang baru, baik dengan suplier, pelanggan, dan mitra bisnis. Hal ini juga memungkinkan Anda menemui banyak orang-orang baru dan menjalin bisnis sekaligus pertemanan dengan mereka.

 

3.    Menambah sumber penghasilan

Rata-rata pensiunan Indonesia menerima gaji sebesar 75% dari gaji pokoknya. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri, bahwa uang yang Anda gunakan untuk kebutuhan semasa pensiun tidak sebesar uang yang Anda terima saat masih bekerja aktif. Karena itu, selain menjaga lifestyle agar tidak overbudget, wirausaha bisa menjadi pilihan terbaik untuk menambah sumber penghasilan Anda.

Bingung mau mulai dari mana? Anda bisa mencoba memanfaatkan hobi untuk dijadikan bisnis lhoโ€ฆ
    
 

4.    Andil untuk lingkungan sekitar

Ketika bekerja aktif, mungkin Anda merasa bahagia karena melalui pekerjaan tersebut Anda melakukan banyak hal baik untuk karir Anda maupun dalam hal memberi manfaat bagi banyak orang. Setelah pensiun, tidak menutup kemungkinan Anda bisa tetap eksis dan memberi andil untuk lingkungan sekitar. Justru lebih banyak yang bisa Anda lakukan karena seluruh waktu Anda adalah milik Anda sendiri. Anda bisa mencoba menjadi relawan untuk aktivitas kemasyarakatan, menjadi donator atau berwirausaha. 

Berwirausaha tidak hanya membuat Anda memiliki andil untuk lingkungan sekitar, namun juga membuat Anda tetap memiliki kendali atas hidup dan masa depan Anda.

Nah, itu tadi 4 manfaat wirausaha bagi pensiunan. Beberapa orang mungkin menganggap memutuskan berwirausaha saat pensiun adalah keputusan yang paling berani. Namun, percaya deh.. Usia bukan hambatan bagi Anda memulai sesuatu yang luar biasa.  

Ingat kisah Kolonel Sanders si empunya KFC? Setelah menghadapi berbagai kegagalan, ia justru sukses berkat resep ayam goreng di usia senja. Kolonel Sanders mulai berkeliling menawarkan kerjasama dengan berbagai restoran di usia 65 tahun, memiliki 600 franchise diberbagai daerah di usia 74 tahun. 

Berapapun usia Anda, tidak ada kata terlambat untuk menjadi wirausaha.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar keuangan dan usaha, silakan ajukan pertanyaan Anda di kolom Tanya Ahli! Silakan daftarkan juga diri Anda untuk akses ke tips dan info lainnya

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.9

11 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Arie Budiawan

23 Desember 2022

๐Ÿ‘

Balas

. 0

Arie Budiawan

23 Desember 2022

๐Ÿ‘

Balas

. 0

Ilham saputra

23 Desember 2022

๐Ÿ‘

Balas

. 0

Wendi Purwanto

29 Oktober 2022

๐Ÿ‘

Balas

. 0

M yusuf hutasuhut

13 September 2022

๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS