Dirilis

14 Juli 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Tips wirausaha tentu sangat dibutuhkan bagi para wirausahawan pemula yang baru terjun ke dunia usaha mandiri ini. Apalagi, seperti yang kita tahu, beberapa tahun terakhir ajakan untuk melakukan wirausaha cukup gencar dilakukan. Hal ini bukan tanpa alasan karena peluang untuk menjadi wirausaha dengan usaha yang sukses sangat terbuka lebar. Sebenarnya, apa pengertian wirausaha dan bagaimana tips agar bisa berwirausaha dengan benar?

Pengertian Wirausaha

Wirausaha merupakan kegiatan bisnis atau usaha mandiri yang sumber daya dan juga kegiatannya dibebankan kepada pelaku usaha atau wirausaha. Terutama dalam hal membuat produk baru, menentukan cara memproduksi produk baru dan menyusun operasi bisnis, mengatur modal usaha serta pemasaran produk. 

Wirausaha itu sendiri memiliki tujuan untuk menghasilkan sesuatu yang mempunyai nilai lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum diolah. Orang yang melakukan wirausaha umum disebut sebagai wirausahawan. Wirausahawan ternyata memiliki beberapa ciri-ciri, diantaranya:

● Memiliki keberanian dalam mengambil suatu keputusan dan juga risiko
● Memiliki jiwa kepemimpinan
● Bisa berpikir jangka panjang untuk masa depan
● Mempunyai inovasi dan daya kreasi yang tinggi
● Bisa menganalisis dengan tepat
● Memiliki semangat dan kemauan yang keras
● Tidak konsumtif dan memiliki sifat hemat

Tips Wirausaha yang Benar 

Agar wirausahawan pemula bisa merintis usahanya dengan baik dan benar, maka dibutuhkan tips wirausaha yang benar. Inilah beberapa tips tersebut: 

1. Memulai Semua dari Sesuatu yang Sederhana 

Tips yang pertama adalah memulai semuanya dari sesuatu yang sederhana. Tips satu ini jika diterapkan cukup efektif untuk mendapatkan hasil yang besar. Dari sinilah usaha yang dibangun akan tumbuh dengan perlahan namun pasti. Artinya usaha yang dijalankan tidak mendapatkan kesuksesan dengan singkat. 

Disini Anda akan menemukan banyak sekali terpaan maupun godaan. Namun, jika Anda sudah biasa dengan ritme yang sudah ada maka godaan tersebut bisa diatasi.

2. Berani Mengambil Risiko 

Seorang wirausaha harus berani mengambil resiko. Hal ini dikarenakan berani mengambil resiko berarti Anda akan mendapatkan hasil yang lebih banyak. Mayoritas orang putus asa dan akhirnya berhenti berjuang hanya karena melihat ada hal sulit yang harus dihadapi. Padahal jika Anda menghadapi kesulitan maka peluang untuk mendapatkan kesuksesan sangat terbuka lebar. 

3. Harus Kerja Keras dan Tekun

Meski tips satu ini terdengar simpel, tetapi untuk bisa tekun dalam menjalankan suatu usaha sebenarnya cukup sulit. Butuh kerja keras dan konsisten sehingga Anda tidak menjadi wirausaha yang mudah menyerah ketika menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan dalam menjalankan usaha.

4. Berani Menantang Diri Sendiri

Seorang wirausaha harus siap menghadapi semua tantangan yang ada dihadapinya, terutama tantangan dalam dirinya sendiri dan juga lingkungannya. Sebelum menghadapi itu semua, Anda perlu menantang diri sendiri sehingga mendorong Anda supaya tetap semangat menghadapi semua perkembangan yang terjadi. Seorang wirausaha juga diharuskan untuk lebih gesit dalam mencari tantangan berikutnya.

5. Wirausaha yang Sukses Harus Percaya Diri 

Calon wirausaha sukses bisa dilihat dari gestur tubuhnya. Dimana calon wirausaha tersebut memiliki percaya diri yang tinggi. Percaya akan kemampuan yang dimiliki akan menghilangkan rasa ketidakpastian yang sering menjadi ketakutan para wirausaha ketika memulai suatu usaha. Anda harus yakin dengan kemampuan, pengalaman dan ilmu yang dimiliki.

6. Cepat Mengambil Kesempatan 

Tips yang terakhir yaitu seorang wirausaha harus cepat dalam mengambil kesempatan. Hal ini penting untuk diperhatikan mengingat persaingan didunia usaha sangat ketat. Jika lambat dalam mengambil kesempatan maka perkembangan usaha menjadi lambat sehingga penjualan produk menjadi kurang maksimal. Maka dari itu, wirausaha harus cepat mengambil kesempatan supaya tidak tertinggal dari para kompetitornya.

Itulah informasi tentang pengertian wirausaha dan tips wirausaha yang benar. Pada dasarnya, kegiatan berwirausaha bisa dilakukan oleh siapa saja. Dengan berbagai tips wirausaha yang telah dituliskan diatas, semoga proses merintis usaha juga bisa semakin mudah dan terbantu. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi dan trainer usaha dari Daya.id seputar cara memulai dan merintis usaha dengan baik dan benar. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.8

10 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS