Dirilis

13 Maret 2023

Penulis

Aliah Abdullah

Jualan makanan ringan merupakan jenis usaha berskala rumah tangga yang memiliki peluang yang cukup prospektif. Permintaan pasar untuk makanan ringan selalu bertambah dari hari ke hari dengan segmen konsumennya mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orangtua.

Saat ini jenis jualan makanan ringan semakin beragam mulai dari gorengan, keripik, batagor, siomay, dimsum dan lain sebagainya, yang dijual dengan harga bervariasi. Jika Anda tertarik untuk jualan makanan ringan, pastikan jenis jualan yang Anda tekuni mempunyai prospek cerah, perputaran uangnya cepat, laris pembeli, omset harian yang menjanjikan, selalu dibutuhkan orang, dan tidak mengenal musiman. 

Bagi yang tertarik memanfaatkan peluang usaha dibidang kuliner makanan ringan, sebaiknya buatlah persiapan, perencanaan yang matang, melakukan beberapa riset dan analisa pasar untuk mengetahui makanan ringan apa yang memiliki permintaan pasar cukup tinggi tetapi produsennya masih terbatas. Jualan makanan ringan juga memerlukan ketekunan dan manajemen yang sesuai supaya bisa sukses. Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu Anda sukses menjalani jualan makanan ringan.

 

1.    Lakukan Riset

Memulai usaha jualan makanan ringan memerlukan persiapan yang matang. Anda perlu melakukan riset dengan mengamati perilaku pangsa pasar. Amati jenis makanan ringan yang paling laris, mulai dari jenis makanannya, cara mengemas, menyajikan, promosi bahkan harganya. Anda juga perlu memantau berapa banyak competitor dari jenis makanan ringan tersebut. Setelah mengamati kondisi yang Anda pantau, Anda dapat menentukan strategi jualan makanan ringan Anda.

 

2.    Perhatikan Kualitas Produk yang Bagus

Agar makanan ringan yang Anda jual laris manis di pasaran, tentu saja Anda harus memerhatikan kualitasnya. Jika Anda menjual produk olahan, kualitas produk akan tergantung pada bagaimana proses pengolahan, bahan yang digunakan, rasanya serta cara pengemasannya.

Pastikan bahan yang Anda gunakan memiliki kualitas yang baik dan berkualitas, higienis, dan aman untuk dikonsumsi. Pengolahannya pun harus sesuai dengan aturan. Jika Anda memproduksi makanan ringan yang digoreng, gunakan minyak goreng berkualitas, dan pastikan minyak gorengnya diganti secara berkala. Lalu gunakan kemasan dari bahan yang berkualitas dan menarik, karena kemasan merupakan salah satu yang membuat konsumen tertarik untuk membeli.

Kualitas produk juga bisa diketahui dari rasanya. Anda coba makan jualan kompetitior Anda, lalu buat perbandingan rasa. Anda bisa memanfaatkan tetangga atau kerabat Anda untuk memberikan masukan atas jualan Anda. Pastikan Anda membuat, mengolah dan menjual makanan yang lebih enak rasanya dari kompetitor Anda.

Harga produk juga menjadi salah satu yang dijadikan patokan konsumen. Pastikan Anda juga menjual makanan dengan harga yang terjangkau dan lebih murah dari pesaing, namun dengan kualitas rasa yang enak. Misalnya, kompetitor menjual makanan dengan harga Rp5000, maka Anda bisa menjual makanan sejenis dengan rasa yang lebih enak dan harganya Rp4500.

Bila produk yang Anda jual adalah makanan yang bukan olahan, Anda dapat mengemas dengan kemasan yang menarik dan pastikan makanan tersebut dijual dengan harga yang terjangkau serta rasanya juga enak.

 

3.    Lakukan Inovasi dan Pemasaran


Inovasi produk merupakan salah satu cara agar bisa bertahan dan berkembang. Selera konsumen cenderung dinamis dan mudah jenuh. Produk yang tadinya sangat diminati dan terkesan paling menarik akhirnya bisa ketinggalan zaman. Produk yang tidak bisa adaptasi dengan kebutuhan konsumen lambat laun akan ditinggalkan. 

Oleh karena itu Anda perlu berkreasi semaksimal mungkin untuk mencari ide baru sebanyak-banyaknya dengan menganalisa perilaku konsumen dan membuat prediksi apakah ide-ide tersebut kedepannya akan mengundang potensi keuntungan lebih besar lagi.

Anda juga bisa membuat keunikan produk makanan misalnya tampilan produk menarik, banyak pilihan rasa, mudah dicari, dan lain sebagainya. Lakukan uji coba produk inovasi Anda sebelum dipasarkan secara luas. Minta pendapat ke responden Anda, dan gunakan masukan tersebut untuk memperbaiki kualitas produk inovasi agar lebih sempurna.

Pemasaran produk juga dapat dilakukan dengan melakukan membuat merk yang mudah diingat. Anda bisa menjual produk Anda secara offline dengan nitip di warung dan swalayan yang lokasinya strategis, atau memanfaatkan ruang di bagian depan rumah Anda sebagai toko. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan makanan ringan yang Anda jual agar dapat memperluas konsumen dan meningkatkan penjualan.
 

4.    Bangun Relationship dengan Konsumen


Layani semua konsumen dengan sangat baik dan bijaksana, ciptakan kesan yang mendalam kepada pelanggan, dengan kata-kata yang baik disertai senyum dan sapa, sehingga konsumen akan dengan senang hati untuk berkunjung kembali. 

Anda juga dapat membangun relationship dengan konsumen dengan membaca pasar untuk meningkatkan penjualan, seperti: memberi diskon, atau membagikan sampel produk secara gratis kepada masyarakat di sekitar rumah Anda, misalnya.

Anda juga perlu membangun brand produk agar dengan mudah diingat oleh konsumen online dengan berani tampil beda dari yang lainnya. Konsumen tertarik pada ide yang berani dan memiliki perspektif yang unik. Ciptakan kedekatan melalui keunikan branding Anda. Misalnya, slipkan ucapan terimakasih kepada konsumen yang telah membeli produk Anda.
 

5.    Jadilah Sosok yang Berpikir Positif dan Visioner

Jadi pengusaha tentu perlu berpikiran positif agar dapat berpikir yang kedepan dengan tenang. Dengan berpikir positif, Anda akan menjadi percaya diri dan membantu Anda untuk bangkit ketika Anda menemui kegagalan. Hindari pikiran negatif karena akan menjauhkan Anda dari ide-ide cemerlang untuk membangun usaha Anda.

Demikian tips memulai usaha makanan ringan yang bisa Anda jalankan. Pastikan Anda konsisten melakukan setiap tahapan diatas hingga usaha Anda benar-benar sukses. Catat semua penjualan dan pengeluaran usaha makanan ringan Anda.

Apabila Anda menemui kesulitan mengelola usaha Anda, konsultasikan melalui kolom Tanya Ahli dan pastikan Anda mendaftar terlebih dahulu secara gratis agar Anda dapat memanfaatkan seluruh fitur yang ada di website daya.id.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.9

30 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Farah Hani Itsna Nabila

09 Januari 2024

Nah ini nih mantapp...

Balas

. 0

JUWENAH

28 November 2023

Lagi lagi saya memerlukan modal usaha

Balas

. 0

JUWENAH

28 November 2023

Lagi lagi saya memerlukan modal usaha

Balas

. 0

Donny Tjahjo Soelistyono

21 Maret 2023

👍

Balas

. 0

Sita sari hidayati hasibuan

21 Maret 2023

👌

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS