Dirilis

17 Maret 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Bisnis besi tua adalah salah satu peluang usaha yang bisa mendatangkan keuntungan besar. Meski termasuk dalam bisnis jenis rongsokan, namun jangan salah, usaha besi tua ini merupakan salah satu kegiatan yang menggiurkan. Yang dibutuhkan adalah kemauan juga keberanian. Bagaimana jika Anda sebagai pemula ingin memulai bisnis ini? Mari simak uraiannya berikut ini.

Tips Memulai Bisnis Besi Tua untuk Pemula

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis besi tua, berikut tips menjalankannya:

1. Menentukan Lokasi Penampungan

lokasi bisnis besi tua
Tips bisnis besi tua berikutnya ini terbilang sangat penting karena akan berpengaruh pada perjalanan bisnis kedepannya. Tentukan lokasi dimana kita akan menaruh besi tua atau lokasi dari usaha yang dijalankan. Usahakan tempatnya strategis dan mudah untuk dijangkau. Selain itu, karena merupakan tempat untuk menampung besi tua, maka akan dianjurkan untuk memilih lokasi yang luas. Dengan begitu, bisa menampung besi tua dalam jumlah yang cukup banyak.

2. Mencari Karyawan

Setelah menentukan dan memiliki tempat yang pas untuk bisnis besi tua ini, berikutnya cari pegawai, karyawan ataupun orang yang mau mencari maupun menjual besi tua bekas pada kita. Salah satu strateginya, kita bisa menjadikan orang-orang yang telah memiliki pengalaman atau terbiasa mencari besi bekas sebagai karyawan. Tidak hanya itu, pilihlah karyawan yang juga memiliki pengetahuan terhadap berbagai besi tua yang sekiranya memiliki kualitas baik untuk dijual kembali.

Karyawan untuk bagian administrasi usaha juga penting untuk Anda siapkan. Cari karyawan yang memang memiliki keahlian dalam bidang administrasi. Seperti pencatatan stok besi tua, dan lain sebagainya.

3. Mempertajam Insting

Bisnis besi tua itu juga perihal ketajaman insting. Ketika membeli besi-besi tua tersebut, baik misalnya dari kapal atau bangunan pabrik, seorang pengusaha harus dapat memperkirakan nilai barang tersebut dalam waktu cepat dan juga tepat. Karena jenis bisnisnya Borongan, maka jika tepat untungnya pastilah besar dan begitupun sebaliknya. Insting ini bisa dilatih sesuai dengan jam terbang pengusaha tersebut.

4. Menentukan Strategi Bisnis Besi Tua

menentukan strategi bisnis besi tua
Tips sukses bisnis besi tua berikutnya adalah dengan mengetahui strategi. Hal ini mungkin akan semakin berkembang seiring perjalanan dan pengalaman yang dialami. Misalnya pemilihan besi yang masih sedikit kerusakan untuk diolah kembali/ masih layak pakai, besi rusak parah yang kemudian dipotong untuk dijual ke pabrik peleburan. Termasuk strategi penentuan karyawan yang memotong, mengangkut, pembelian borongan atau tidak, dan lain sebagainya.

5. Membangun Relasi dan Lakukan Promosi

Relasi merupakan salah satu tips yang bisa sukseskan bisnis besi tua. Mengapa? Karena selain dari karyawan ataupun orang-orang yang mencarikan besi tua pada kita, barang-barang tersebut bisa didapat melalui mengikuti tender resmi, informasi dari surat kabar dan informasi dari teman atau relasi. Jadi, semakin banyak kenal, semakin banyak tahu, akan semakin berkembang bisnis besi tua yang dijalankan.

Selain poin di atas, promosi pun penting. Dalam artian, kita bisa mengenalkan atau memberi tahu bisnis kita pada orang-orang yang dikenal, teman-teman, ataupun kerabat. Semakin banyak yang tahu, kemungkinan peluang untungnya akan semakin besar. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan pihak yang memang membutuhkan besi tua ini. Contohnya adalah pembuat produk dari besi tua, pabrik baja, pabrik besi dan sebagainya. Dengan kerjasama tersebut, bukan tidak mungkin Anda bisa menjadi supplier tetap besi tua untuk perusahaan yang memang membutuhkan jasa Anda.

6. Sabar dan Konsisten

Kenapa pemula sering gagal dalam memulai usaha? Jawabannya kebanyakan dari mereka tidak memiliki konsistensi dan kesabaran. Dalam berbisnis, termasuk besi tua, pasti dibutuhkan kesabaran. Semuanya tidak ada yang instan, butuh proses, butuh pengalaman dan pelajaran. Di awal mungkin akan kesulitan mendapat barang, lokasi dan lain sebagainya. Maka yang perlu dilakukan adalah tetap sabar, bertahan dan konsisten dengan usaha yang dilakukan. Tenang, bisnis besi tua menjadi salah satu usaha yang barangnya cukup sering ditemui.

Demikian informasi mengenai berbagai tips yang bisa dilakukan saat hendak mengelola bisnis besi tua. Sebetulnya, usaha ini mampu mendatangkan keuntungan berlimpah bagi mereka yang sungguh-sungguh menekuninya. Namun memang diperlukan strategi dan tips agar bisa menjalankan bisnis ini dengan optimal. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer UMKM dari Daya.id seputar bisnis besi tua maupun tentang bisnis lainnya.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS