Dirilis

18 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Usaha sablon bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan untuk dijalankan. Beberapa diantara Anda mungkin tertarik dengan usaha yang satu ini, namun mungkin masih merasa minim informasi mengenai seluk beluk usahanya. Untuk itu, pembahasan kali ini akan menguak informasi mengenai sablon dan berbagai alat pendukungnya.

 

Berbagai Alat dan Perlengkapan Pendukung Usaha Sablon


Sebelum mulai membahas tips membuka usaha sablon, kita kenali terlebih dahulu apa saja alat yang dapat mendukung terlaksananya usaha yang satu ini, seperti:

1. Kain Screen
Penunjang utama yang harus dimiliki untuk membuka usaha sablon adalah kain screen. Kain inilah yang nantinya akan digunakan untuk menyaring tinta, lem, maupun serbuk agar tercetak di media yang akan disablon. Peralatan yang satu ini juga bisa disesuaikan pada tipe tertentu berdasarkan ketebalannya.

2. Frame
Untuk alat yang satu ini, sebagian dari Anda mungkin telah mengetahuinya. Biasanya atau lebih tepatnya pada sablon tradisional, frame terbuat dari bahan kayu. Namun beberapa ada juga yang terbuat dari alumunium. Yang terpenting adalah kekuatannya saat digunakan, jangan sampai melengkung dan sebaiknya diaplikasikan pada bidang yang rata atau datar.

3. Lem Frame
Kebutuhan lainnya pada usaha sablon adalah lem frame. Tentu saja bahan ini akan digunakan untuk merekatkan antara frame dengan kain screen. Lem yang dibutuhkan harus memiliki daya rekat kuat dan tahan cairan.

Informasi di atas memuat alat dan bahan yang digunakan untuk usaha sablon manual. Seiring dengan perkembangan zaman juga teknologi, maka ada pula usaha sablon dengan berbasis digital, dengan alat yang dibutuhkan, seperti:

A. Untuk Sablon Digital/ Polyflex:

  •     Komputer/laptop
  •     Printer
  •     Kertas transfer
  •     Mesin press polyflex
  •     Mesin pemotong
  •     Polyflex atau media yang menempel
  •     Alat pengelupas


B. Untuk Sablon Printer Direct to Garmen:
Pada jenis sablon yang satu ini khusus digunakan untuk printer cetak kaos saja, sehingga tak lagi membutuhkan kertas transfer. Tinta printer yang digunakan pun khusus untuk tekstil.

 

Tips Membangun Usaha Sablon

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan sebelum membuka usaha sablon, yaitu:
 

1. Mau Memulai dan Menggali Pengetahuan

Dalam semua jenis usaha, keberanian untuk memulainya itu penting. Namun, keberanian saja tidak cukup. Sebagai pengusaha, kita disarankan untuk setidaknya mengetahui hal penting apa yang menjadi fokus pada usaha yang dijalankan. Oleh karenanya, kita harus mencari informasi dan menggali pengetahuan agar memahami bagaimana usaha sablon tersebut.

 

2. Mencari dan Mengumpulkan Modal

Tak dapat dipungkiri, dalam menjalankan sebuah usaha salah satu hal yang cukup mendasar dan kita butuhkan adalah modal usaha. Begitupun dengan usaha sablon. Ada berbagai pilihan yang bisa kita ambil, bisa mengumpulkan modal atau dana sendiri, mengajukan pinjaman dana untuk usaha, maupun bekerjasama dengan investor.

 

3. Menyiapkan Kebutuhan Usaha

Setelah modal dikantongi, berikutnya adalah melakukan perhitungan alokasi dana. Biaya untuk alat dan bahan yang dibutuhkan, perhitungan gaji karyawan,  biaya operasional dan tak lupa tentukan dimana tempat kita membuka usaha sekaligus biaya yang dibutuhkannya.

 

4. Jalin Kerjasama dan Buat Strategi Promosi

Lakukanlah kerjasama  dengan distributor yang akan membantu Anda menemukan customer atau pemesan sablon. Jalin hubungan baik dan pastikan kualitas sablon tidak mengecewakan. Setiap usaha yang dijalankan tentu harus mempunyai strategi.  Bagaimana caranya agar usaha sablon kita dikenal banyak orang kemudian dipercaya oleh calon customer? Jawabannya ada di strategi promosi yang digunakan. Untuk media offline kita bisa gunakan banner, flyer, brosur dan lain sebagainya, untuk di media online kita bisa mulai dengan membuat akun media sosial bahkan sekaligus beriklan di sana. Bahkan tak hanya usaha sablon saja, kita bisa sekaligus membuka butik maupun toko yang memproduksi barang hasil sablonan sendiri.

 

5. Fokus dan Konsisten

Yakin dan fokuslah pada usaha sablon yang tengah Anda kelola. Pada pelaksanaannya nanti mungkin tak semudah yang dibayangkan. Namun, hal tersebut justru akan menjadikan Anda pengusaha yang lebih hebat. Dan ingat, entrepreneur sukses itu bermodalkan konsistensi.

 


Itulah beberapa tips membuka usaha sablon dan perlengkapan yang dibutuhkan. Kumpulkan modal terlebih dahulu, pelajari ilmu dalam dunia sablon, siapkan kebutuhan usaha, dan lakukan dengan konsisten. Dengan begitu, usaha sablon yang dijalankan bisa berjalan dengan baik. Anda juga bisa memanfaatkan fitur tanya ahli dari Daya.id untuk berkonsultasi dengan ahli bisnis atau business coach
sebelum memulai usaha ini.

Untuk informasi lain terkait tips usaha dan produk keuangan lain, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri Anda di Daya.id dan nikmati berbagai layanannya!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

LINDA BUDIYARTI

18 Januari 2021

Mantap daya.id artikelnya update terus ?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS