Dirilis

10 Agustus 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Usaha thai tea sedang menjadi tren beberapa tahun belakangan ini dan itu artinya usaha ini punya peluang yang sangat baik. Lihat saja di pusat perbelanjaan hingga tepi jalan penjual thai tea bisa ditemukan dengan mudah. Fakta tersebut seolah mengatakan bahwa dimanapun orang menjual thai tea tetap laku. 

Orang Indonesia memang tidak bisa dilepaskan dari minuman bernama teh sehingga lebih mudah menjualnya. Meskipun thai tea merupakan olahan minuman teh kekinian dari negeri Thailand namun tetap saja tidak asing bagi lidah orang kita karena rasa tehnya yang lekat. Nah, Anda juga bisa mencoba peruntungan menjual thai tea tersebut dan mendapatkan laba.

 

Tips Memulai Usaha Thai Tea

Agar lebih jelas Anda bisa mengikuti tips memulai usaha thai tea berikut ini.

 

1. Siapkan Modal

Tips Memulai Usaha Thai Tea
Langkah pertama untuk semua usaha adalah modal termasuk juga kalau Anda akan menjalankan bisnis thai tea. Berapakah besarnya modal yang dibutuhkan? Yang harus dipahami pertama adalah bahwa modal bukan hanya berupa uang saja melainkan juga peralatan dan tempat.

Sebenarnya, kebanyakan usaha thai tea merupakan bisnis dengan sistem waralaba atau franchise sehingga sebenarnya Anda akan lebih mudah memulainya. Harga paket waralaba thai tea juga bermacam-macam yang bisa disesuaikan dengan modal yang dimiliki. Untuk waralaba thai tea sendiri bermacam-macam ada yang mulai sekitar Rp. 3 jutaan saja namun ada yang mencapai Rp. 5,5 juta atau bahkan lebih. 

Namun, jika Anda memang berniat untuk membuka sendiri thai tea tanpa sistem waralaba, inilah perkiraan modal yang harus Anda siapkan: 



Perhitungan modal ini tentu bisa berbeda dengan harga bahan dan peralatan ketika Anda membelinya. 

 

2. Beli Waralaba dari Pihak Pertama

Langkah ini berlaku jika Anda akan mengambil usaha thai tea dengan sistem waralaba. Agar bisa lebih hemat cost sehingga bisa menjual dengan harga murah usahakan untuk membeli franchise dari waralaba tangan pertama. 

Setelah membeli paket franchise thai tea Anda akan mendapatkan peralatan dan perlengkapan untuk berjualan seperti booth/gerobak misalnya. Membeli paket dari waralaba tangan pertama sangat tepat bagi pemula yang baru menjajaki bidang usaha tersebut karena tidak perlu menaikkan harga jual untuk meningkatkan laba.

 

3. Pilih Bahan Baku yang Bagus


Thai tea yang ada di Indonesia beragam mereknya jadi pilih yang dikenal memiliki kualitas bagus. Begitu juga dengan bahan campurannya yaitu susu kental manis gunakan merek yang sudah lama dikenal masyarakat dan rasanya enak. Jangan lupa untuk memastikan semua bahan tersebut sudah mendapatkan izin dari BPOM dan MUI.

 

4. Berikan Tester

Bagaimana cara membuat konsumen tertarik untuk membeli? Cukup mudah yaitu sediakan tester bagi pembeli. Biarkan konsumen merasakan sendiri bagaimana thai tea yang Anda jual setelah itu pasti mereka akan membelinya.

 

5. Coba Resep Baru

Tips ini berlaku untuk Anda yang membuka thai tea secara mandiri dan bisa melakukan inovasi rasa. Sebab, jika sistem waralaba, maka menu thai tea yang dijual sudah ada standar dan peraturannya tersendiri. Teruslah membuat variasi resep dari thai tea yang Anda jual tersebut agar konsumen tidak bosan. 

Anda bisa belajar membuat resep baru thai tea melalui video channel seperti Youtube misalnya. Cobalah buat sesuai resep yang diajarkan lalu minta pendapat pada keluarga apakah rasanya sudah pas di lidah dan sesuai dengan standar thai tea yang ada.

 

6. Pilih Lokasi yang Tepat

Jual thai tea Anda pada lokasi yang cukup ramai dan sering dilewati orang seperti di dekat pusat perbelanjaan, dekat sekolah dan kantor, sekitar pabrik dan pusat industri atau tempat keramaian publik lainnya. Anda bisa juga berjualan thai tea di taman kota dimana orang sering menghabiskan waktu untuk bersantai. 

Itulah tips dan cara untuk menjalankan usaha thai tea yang sedang digemari oleh anak muda. Dengan modal niat kuat dan ketekunan pasti Anda akan sukses sebagai pengusaha thai tea suatu saat nanti. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id seputar cara memulai usaha kuliner selengkapnya. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

7 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Kasanan Abidin

07 November 2021

Inspiratif 👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS