Dirilis

18 Mei 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Memancing merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stres dan melatih kesabaran. Ada kepuasan tersendiri yang akan dirasakan setelah selesai memancing. Saat ini memancing tidak hanya dijadikan sebagai hobi saja melainkan hobi yang bisa menghasilkan rupiah. Memancing bisa dilakukan di sungai, laut ataupun kolam pemancingan. Namun, banyak orang lebih memilih untuk memancing di kolam pemancingan. Tidak mengherankan jika kemudian ada banyak masyarakat yang membuka usaha kolam pemancingan.

Tips dan Pengolahan Memulai Usaha Kolam Pemancingan  

Prospek usaha ini cukup menjanjikan asalkan dikelola dengan baik. Inilah beberapa tips sukses memulai usaha kolam pemancingan:
 

1. Pilihlah Lokasi yang Tepat dan Siapkan Modal 


Tips pertama yang harus Anda lakukan jika akan memulai usaha ini adalah memilih lokasi. Pemilihan lokasi tidak bisa dilakukan sembarangan karena jika salah memilih maka usaha Anda tidak bisa berkembang. Usahakan untuk memilih lokasi membangun kolam di tempat yang strategis. Pastikan lokasi yang dipilih dilalui banyak orang sehingga bisa menarik banyak pengunjung. Selain itu, lahan yang digunakan untuk membangun kolam cukup luas dan lebar.

Selain lokasi, modal juga menjadi hal yang harus Anda siapkan saat membuka usaha kolam pemancingan. Inilah gambaran rincian modal yang perlu Anda persiapkan untuk memulai usaha ini.

Biaya lahan atau tempat                        Rp  26.000.000
Biaya pembuatan kolam                        Rp    4.000.000
Biaya peralatan kolam                           Rp    1.000.000
Biaya lainnya                                       Rp       700.000
Biaya benih ikan                                   Rp    3.500.000
Biaya pakan dan obat-obatan ikan          Rp    2.000.000
Biaya listrik                                          Rp       600.000
Biaya gaji karyawan                              Rp    6.000.000
Total                                                   Rp   43.800.000

Jadi kisaran modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini sebesar Rp 43.800.000. Jumlah modal ini bisa lebih rendah atau pun lebih tinggi tergantung pada harga peralatan dan benih, harga lahan, dan sebagainya. 
 

2. Membuat Kolam Pemancingan 

Setelah masalah lokasi dan pengolahan lahan sudah selesai, selanjutnya Anda bisa membangun kolam pemancingan di lokasi tersebut. Kolam untuk pemancingan biasanya memiliki luas sekitar 200 m2 sampai 400 m2. Untuk memisahkan ikan berdasarkan umum sebaiknya bagi area tersebut menjadi beberapa kolam. Setelah pembangunan kolam selesai dilakukan, Anda juga harus memastikan suhu air kolam tetap stabil dan juga aliran air lancar.
 

3. Tentukan Jenis Ikan yang Dipelihara 


Menjalankan usaha ini mengharuskan Anda untuk terlebih dahulu mempelajari tentang seluk beluk ikan air tawar yang bisa dipelihara. Ada banyak jenis ikan air tawar yang bisa dipelihara, seperti ikan lele, ikan gurame, ikan mas, ikan nila dan ikan bawal. Beberapa ikan yang disebutkan merupakan jenis ikan yang mudah dirawat serta tahan dari serangan berbagai penyakit.
 

4. Pemeliharaan Kolam Pemancingan 

Tips dan pengolahan memulai usaha ini selanjutnya yaitu melakukan pemeliharaan kolam pemancingan. Ini penting untuk dilakukan supaya kolam pemancingan tetap bersih. Lakukan pembersihan kolam secara rutin. Selain itu, kontrol kolam ikan setiap hari supaya ikan tetap dalam kondisi sehat dan kolam terjaga kebersihannya.

Cara pemeliharaan kolam selanjutnya yaitu lakukan pengeringan kolam ikan, ganti airnya secara berkala, basmi penyakit maupun hama ikan, lakukan pengontrolan bibit ikan serta beri pakan ikan sesuai jadwal.
 

5. Lakukan Promosi 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan supaya usaha yang dijalankan bisa berkembang, salah satu caranya yaitu dengan melakukan promosi. Promosi yang dilakukan bisa menggunakan cara konvensional maupun modern. Menggunakan cara konvensional berarti Anda bisa melakukan promosi dengan menyebar brosur ataupun memasang pamflet, banner, atau baliho. 

Sedangkan menggunakan cara modern berarti melakukan promosi melalui media sosial. Anda bisa membuat akun media sosial seperti instagram, facebook, atau twitter atas nama kolam pemancingan Anda dan memasukkan berbagai foto kolam pemancingan, informasi harga, serta fasilitas yang bisa didapatkan para pemancing jika memancing di kolam Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan jangkauan calon pemancing yang lebih luas. 

Nah itulah informasi tentang tips dan pengolahan memulai usaha kolam pemancingan. Usaha ini bisa menjadi pilihan usaha yang menjanjikan untuk dijalani. Supaya Anda mendapatkan untung besar jangan lupa menerapkan tips-tips yang disampaikan diatas. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id seputar bagaimana cara memulai usaha yang baik dan benar. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari Berbagai Sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS