Dirilis

11 Juni 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Salah satu jenis kuliner yang menjadi favorit di masyarakat adalah nasi kuning. Kuliner yang satu ini, selain identik disantap saat sarapan, juga sering dijumpai pada momen-momen khusus dan penting. Oleh karenanya, usaha nasi kuning menjadi salah satu bisnis yang terbilang menjanjikan. Lalu, bagaimana cara memulai usaha nasi kuning agar laris manis?

 

Tips Usaha Nasi Kuning Agar Laris dan Banyak Peminat

Berikut beberapa cara yang dapat Anda praktekkan ketika hendak memulai usaha nasi kuning tersebut, diantaranya:

 

1. Kuasai Ilmunya

Meski nasi kuning merupakan salah satu makanan yang seringkali kita jumpai, bukan berarti kita menganggap enteng bisnis yang satu ini. Anda tetap harus mengetahui dan menguasai ilmunya, agar kualitas yang dihasilkan baik dan berkesan di lidah dan benak konsumen. Bukan tidak mungkin, pada pelaksanaan nanti, Anda akan dihadapkan pada beberapa kondisi tantangan dapat menghasilkan produk dengan kualitas terbaik. Yang pasti, pelajari dan berani untuk beraksi.


2. Siapkan Modal

Setelah mempelajari seluk beluk tentang produk, maka langkah berikutnya dalam menjalankan usaha nasi kuning adalah menyiapkan modalnya. Untuk usaha nasi kuning, inilah kisaran modal yang Anda butuhkan: 

  • Beras 20 kg @Rp9.000/kg x 30 hari Rp5.400.000 
  • Aneka bumbu Rp200.000 
  • Minyak goreng 10 liter x @12.000/liter Rp120.000 
  • Daging ayam 10 kg x Rp. 22.000 x 30 hari Rp6.600.000
  • Telur 5 kg x @Rp. 10.000 x 30 hari Rp1.500.000
  • Berbagai peralatan dan bahan lain Rp3.500.000
  • Total Rp17.320.000

Kisaran modal yang harus Anda keluarkan adalah Rp. 17.320.000. Namun, jumlah modal ini bisa juga lebih rendah atau tinggi tergantung pada harga bahan-bahan dan peralatan yang Anda beli nantinya. 
 

3. Tentukan Jenis Penjualan

Berikutnya adalah, kita harus mengetahui jenis bisnis yang akan dijalankan. Apakah berbasis offline, online atau bahkan keduanya. Jika offline, berarti kita harus menyiapkan tempat atau lokasi penjualan. Sebetulnya usaha nasi kuning ini bisa kita lakukan di rumah jika memungkinkan. Namun, bisa pula menyewa maupun menyiapkan tempat khusus yang strategis dan banyak dilalui orang.

Dengan berbisnis secara offline, selain tempat kita juga harus menyiapkan berbagai media promosi supaya orang tahu tempat kita berjualan. Bahkan, kita juga bisa menyiapkan tempat khusus bagi mereka yang ingin makan di tempat.

Melalui media online, kita bisa menjangkau konsumen yang lebih luas lagi, memasarkan produk dengan cara yang lebih kekinian ataupun bekerjasama dengan beragam aplikasi supaya lebih banyak orang yang dimudahkan untuk mencoba nasi kuning yang kita buat. Jika keduanya dilakukan, memungkinkan untuk kita mendapat keuntungan yang lebih besar. Melalui pelanggan yang membeli langsung ataupun mereka yang tertarik dengan marketing online yang kita jalankan.
 

4. Selalu Jaga Kualitas, Kebersihan, dan Pelayanan

Dalam berbisnis di bidang apapun, kualitas dan pelayanan menjadi hal penting yang harus selalu diperhatikan. Pastikan nasi kuning yang kita jual tentu memiliki cita rasa yang membuat lidah konsumen menikmatinya hingga bisa menjadi pelanggan tetap. Selain kualitas produk, kebersihan juga harus Anda perhatikan dan jaga. 

Sebab, dalam dunia kuliner bukan hanya rasa saja yang utama. Tetapi juga kebersihan dari usaha Anda. Tentunya, konsumen akan memilih tempat makan yang memang bersih dan higienis bukan? Selain itu, kepuasan pelanggan juga harus Anda jaga dengan memberikan pelayanan yang baik saat berjualan. Pelayanan ini bisa dalam bentuk memberikan respon yang ramah kepada para pelanggan, responsif dan cepat tanggap ketika ada order masuk, komunikatif dengan pelanggan, dan sebagainya. 
 

5. Promosi Usaha Nasi Kuning

Promosi atau pemasaran juga harus Anda perhatikan pada usaha nasi kuning yang Anda miliki. Sebagai sarana promosi, Anda bisa melakukan cara offline maupun online. Untuk cara offline, bisa dilakukan dengan cara membuat banner, brosur, atau baliho usaha nasi kuning. Dengan begitu, banyak orang yang nantinya mengetahui usaha nasi kuning Anda. 

Sementara itu, untuk cara online Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk promosi nasi kuning yang Anda jual. Instagram, facebook, dan twitter, bisa jadi platform media sosial yang efektif untuk Anda pilih. Dengan cara ini, usaha nasi kuning Anda berpeluang menjangkau calon pembeli dengan lebih luas. 



Itulah berbagai tips usaha nasi kuning laris manis dan banyak pelanggan. Dengan berbagai tips ini, diharapkan nasi kuning yang Anda jual bisa laris dan berjalan dengan sukses. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id seputar cara menjalankan usaha kuliner yang baik dan benar untuk pemula. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Indra Mauliza

17 November 2021

Asyik materinya

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS