Dirilis

25 Mei 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Salah satu usaha dibidang teknologi yang saat ini sangat dicari adalah jasa pembuatan aplikasi android. Usaha ini punya permintaan yang sangat besar karena permintaan akan adanya berbagai aplikasi untuk smartphone android juga semakin tinggi setiap harinya. Apalagi, memang tidak semua orang memiliki kemampuan untuk membuat aplikasi. Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk memulai usaha jasa pembuatan aplikasi ini?

Tips Sukses Memulai Usaha Jasa Pembuatan Aplikasi Android 

Untuk membuat aplikasi yang baik dan membuat orang betah menggunakannya, berikut tips yang dapat Anda praktekkan, diantaranya:

1. Menyiapkan Bekal Ilmu 


jasa pembuatan aplikasi android
Bekal yang dimaksud disini adalah persiapan dalam kita menjalankan bisnis. Usaha jasa pembuatan aplikasi Android tentu akan dilakukan oleh mereka yang memang sudah paham atau menguasai ilmunya. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk banyak belajar dan menggali minat pada bidang ini.
Selain itu, kita juga bisa memulainya dengan riset pasar. Riset ini bertujuan untuk melihat apa saja kiranya jenis aplikasi android yang sedang dibutuhkan. Dengan riset ini, kita bisa membuat aplikasi yang memang dibutuhkan dan dicari oleh pengguna android.

2. Buat Aplikasi yang User Friendly dan Punya Desain Menarik


Pastikan aplikasi android yang dibuat punya tampilan yang menarik dan user friendly. Maksud dari user friendly ini adalah mudah digunakan oleh para penggunanya. Dalam artian, aplikasi yang dibuat bisa mudah dipahami dan dioperasikan. Tidak hanya itu, aplikasi juga harus punya respon yang cepat dan tidak lemot. 
Jangan lupa juga untuk membuat aplikasi dengan tampilan yang menarik. Karena orang akan cenderung memperhatikan tampilan aplikasi yang digunakannya. Kriteria aplikasi yang menarik bisa dilihat dari pemilihan warna yang digunakan, kejelasan font yang dipakai, tampilan menu, dan sebagainya. 

3. Melakukan Beta Test atau Uji Coba 

melakukan uji coba aplikasi android
Ketika aplikasi baru saja selesai dibuat, lakukanlah pengecekkan beta testing untuk memastikan kualitasnya. Atau, kita bisa gunakan Developer Console dari google, guna menguji kinerja aplikasi yang dibuat tersebut. Pada tahapan ini sangat penting dilakukan untuk melihat seberapa siap dan baiknya produk aplikasi android yang kita buat untuk digunakan oleh pengguna android.

4. Tentukan Tarif yang Kompetitif 


Saran untuk Anda yang akan memulai usaha jasa pembuatan aplikasi Android untuk menentukan tarif yang kompetitif. Dalam artian, buat aplikasi yang memang sesuai dengan apa yang akan didapatkan oleh penggunanya. Selalu sesuaikan tarif harga dengan nilai yang Anda bisa berikan kepada pengguna aplikasi tersebut. 

5. Pilih Sistem Pembayaran yang Mudah 


Pada umumnya, beberapa developer akan membuat penawaran dengan adanya versi pro dan gratis pada aplikasi yang dibuat. Jika pada versi gratis kita akan menampilkan iklan pada saat user menggunakannya, namun pada versi pro mereka harus membayar sejumlah biaya untuk mendapat fitur yang diinginkan.
Untuk memudahkan user, baiknya tentukanlah pembayaran melalui merchant lokal. Karena google play store pun telah mendukung aktivitas tersebut. seperti halnya melalui bank, pulsa dan lain sebagainya. Jika pembayaran lokal tersebut akan memudahkan pengguna lokal dalam mendapatkan fasilitas atau fitur yang diinginkan, jika ingin mencakup pengguna yang lebih luas lagi atau dari luar negeri misalnya, kita bisa sistem pembayaran multipayment atau dengan berbagai jenis pilihan.

6. Pastikan Memberikan Respon yang Cepat dan Ramah 


Respon atau komunikasi kita sebagai developer dengan pengguna dapat berdampak baik untuk perkembangan usaha kita. Misalnya dengan cara membalas review user di google playstore dan mempertimbangkan masukan dari mereka supaya produk kita lebih baik di masa mendatang. Selalu tanggapi respon ini dengan ramah dan cepat. 
Ini sangat penting untuk membangun citra aplikasi Anda di mata para penggunanya. Dengan komunikasi yang baik dan cepat, maka kepuasan pengguna dari aplikasi yang Anda buat bisa dijaga dengan lebih optimal. Maka dari itu, jangan pernah abaikan hal yang satu ini. 

7. Buat Strategi Promosi yang Efektif 


Sarana promosi juga berperan besar terhadap kesuksesan usaha jasa pembuatan aplikasi android Anda. Temukan dan tentukan strategi promosi terbaik untuk memasarkan aplikasi yang Anda buat. Anda bisa memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk mengiklankan jasa Anda. Jangan lupa tampilkan portofolio Anda seputar aplikasi yang sudah berhasil Anda buat. Dengan begitu, calon pengguna bisa melihat sejauh mana kemampuan Anda dalam membuat aplikasi. 

Itulah beberapa cara memulai usaha jasa pembuatan aplikasi android. Pada dasarnya, kebutuhan akan usaha ini terbilang cukup tinggi sehingga sangat menjanjikan untuk Anda jalankan. Diharapkan dengan beberapa tips tersebut, usaha pembuatan aplikasi Anda bisa berjalan lancar. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer dari Daya.id seputar bagaiamana cara memulai usaha yang baik dan benar. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.9

10 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS