Dirilis

20 Agustus 2022

Penulis

Yulinda Sari

Berstatus lanjut usia atau lansia tentunya bukan menjadi penghalang bagi Anda untuk tetap bisa produktif. Namun permasalahan yang kadang terjadi, lansia dianggap menjadi beban keluarga dan masyarakat. Padahal para lansia sendiri bisa merasa jenuh dan merasa dirinya masih mampu untuk produktif. Iya kan?

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Seorang Diri

Salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan sebagai lansia untuk tetap produktif adalah kegiatan berwirausaha. Kegiatan berwirausaha bisa dipersiapkan salah satunya dengan mengikuti kegiatan pelatihan berwirausaha. Karena kegiatan ini bisa menjadi terapi bagi Anda, dimana senior entrepreneurship memberikan manfaat bagi lansia dalam mempertahankan kontak sosial dan mencegah keterasingan, juga membangun kepercayan diri yang membuat lansia lebih berdaya baik secara psikologis maupun secara sosial. Seperti ditulis artikel kemsos.go.id, mengutip hasil kajian Justyna StypiĹ„ska dan Janina Myrczik dari Department of Sociology, Free University Berlin, Jerman, serta Annette Franke dari Department for Social Work, University of Applied Sciences Ludwigsburg, Jerman, 

Selain itu, menurut jurnal Widiawati dan Shalahuddin tahun 2019, dengan adanya pelatihan kewirausahaan bagi lansia, terjadi peningkatan keterampilan dalam melakukan usaha dan meningkatkan rasa percaya diri dalam membangun usaha serta meningkatkan perekonomian keluarga. 

Tentunya jika Anda ingin mengikuti mengikut kegiatan pelatihan berwirausaha bagi lansia, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Miliki pendamping untuk mendorong partisipasi dan dukungan keluarga pada lansia
  2. Kegiatan pelatihan kewirausahaan bukan hanya untuk mendapatkan penghasilan tambahan, tetapi membantu Anda untuk tetap mempertahankan dan mengembangkan kontak dan relasi sosial.
  3. Kegiatan pelatihan berwirausaha ini juga mampu membantu menstimulasi pada kognitif lansia melalui kegiatan menghitung, menata, mengingat dan menganalisis. 


 

Kisah Sukses Berwirausaha Saat Lansia 

Perlu ditekankan juga bahwa lansia bukan suatu alasan untuk tidak sukses dalam berwirausaha. Karena sejatinya jalan hidup yang dimiliki setiap orang berbeda-beda. Ada yang sukses di usia muda ketika berwirausaha, ada juga yang sukses di usia lanjut ketika berwirausaha. Semua kesuksesan itu bisa didapatkan dengan kemauan yang gigih dan konsisten dalam menjalankannya. Begitulah motivasi yang sebaiknya diterapkan pada lansia ketika ingin memulai berwirausaha.  

Untuk meningkatkan motivasi Anda, berikut ini beberapa kisah sukses dari para lansia yang sukses berwirausaha:

 

1.    Kisah Harland Sanders (KFC)

Harland Sanders adalah seorang pengusaha ayam goreng yang sukses di usia 65 tahun. Bagi pecinta ayam goreng, tentunya KFC sudah tidak asing lagi. Inilah bukti dengan kegigihan dan tekad yang kuat membuat nama KFC sangat diingat oleh penikmatnya. Sebelum mencapai kesuksesannya, Harland Sanders pernah mengalami penolakan demi penolakan di restoran Amerika. Tetapi berkat kegigihannya yang kuat membuatnya sukses hingga KFC dikenal di seluruh penjuru dunia.

 

2.    Kisah Amanzio Ortega (ZARA)

Amanzio Ortega adalah seorang pengusaha di bagian fashion brand ZARA. Beliau sukses menggarap usaha tersebut di usia 39 tahun. Usia tersebut tentunya dianggap sudah tua memulai bisnis apalagi di bagian fashion. Namun dengan dukungan keluarga yaitu sang istri membuat brand ZARA sukses dan dikenal di penjuru dunia karena designnya yang up to date

 

3.    Liu Chuanzhi (Lenovo)

Liu Chuanzhi adalah seorang founder Lenovo yang sukses di usai 39 tahun. Liu Chuanzhi memulai bisnis tersebut dengan modal 200.000 yuan dan kantor seluas 20 meter persegi.  Tentunya dengan tekad yang kuat untuk menciptakan perangkat komputer yang bisa digunakan pelajar tidak membuat Liu Chuanzhi dan tim menyerah walaupun kerap mengalami kendala. Sehingga Lenovo sudah dikenal di seluruh dunia. 

Masih ada lagi beberapa kisah dari para pengusaha yang mencapai kesuksesannya di usia yang matang. Tapi beberapa kisah di atas, bisa dijadikan motivasi yang bagus untuk diterapkan bagi Anda para lansia ketika ingin berwirausaha. Sebelum memulai usaha, Anda para lansia sebaiknya diberikan pelatihan kewirausahaan karena bisa menjadi terapi bagi Anda. 

Itulah tips dan motivasi yang bisa diberikan kepada lansia untuk berwirausaha. Jadi, untuk Anda yang masih ingin tahu lebih lanjut mengenai cara memulai usaha, Anda bisa mengakses artikel lainnya di Daya.id seperti Apa yang Sebaiknya Anda Perhatikan Sebelum Berjualan

Dan bagi Anda yang masih ingin tahu lebih lanjut tentang topik ini, Anda bisa bertanya di Tanya Ahli. Dan silakan daftar dan login, karena banyak konten menarik untuk Anda.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ilham saputra

27 Desember 2022

Cocok

Balas

. 0

Ahmadmunawari

24 Oktober 2022

Good

Balas

. 0

M yusuf hutasuhut

22 Agustus 2022

Bermanfaatđź‘Ť

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS