Dirilis

31 Maret 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Apakah Anda tertarik di dunia wirausaha? Mungkin membuka usaha pemancingan ikan bisa Anda coba lakukan. Pemancingan jika dilihat dari jumlah pengunjungnya cukup banyak itu artinya usaha tersebut prospeknya lumayan bagus. Bisa dipastikan setiap akhir pekan atau liburan tempat pemancingan di manapun selalu dipenuhi pengunjung. Lalu, apa saja yang harus Anda siapkan dan lakukan untuk membuka usaha pancingan?

 

Trik dan Strategi Membuka Usaha Pemancingan 


Persaingan dalam usaha pancingan ikan memang cukup ketat namun bukan berarti Anda tidak bisa sukses asal tahu bagaimana trik dan strateginya. Inilah strategi yang bisa Anda lakukan untuk memulai usaha pemancingan ikan.

 

1. Hitung Modal Awal

hitung modal awal usaha pemancingan
Jangan membayangkan hasilnya dulu tanpa Anda melakukan perhitungan modal awal usaha yang dibutuhkan. Modal akan menjadi lebih murah kalau Anda sudah memiliki lahan yang akan digunakan untuk pemancingan. Namun kalau lahannya belum ada maka Anda harus menyiapkan dana untuk membelinya.

Selain itu biaya modal awal yang harus Anda masukkan adalah biaya pembuatan kolam ikan, peralatan yang dibutuhkan dan harga bibit ikannya. Agar bisa membuat perkiraan berapa kebutuhan biaya masing-masing Anda bisa melakukan survei atau bertanya lebih dulu kepada yang sudah berpengalaman.

 

2. Siapkan Lokasi Pemancingan

Kesuksesan dari pemancingan Anda nantinya akan dipengaruhi juga oleh lokasinya. Membuka pemancingan tentunya berbeda dengan sekedar beternak ikan saja. Kalau Anda membuka pemancingan maka harus dipertimbangkan juga tentang pemilihan lokasi yang tepat karena nantinya Anda harus menggaet pengunjung.
Pilih lokasi yang cukup strategis dan ramai misalnya di jalan utama yang menghubungkan beberapa daerah. Karena biasanya lokasi pemancingan ikan memang bukan di tengah kota maka Anda harus jeli melihat mana daerah yang sering dilewati orang. Tata lokasi dengan baik agar bisa menarik minat siapapun yang lewat di pemancingan Anda.

 

3. Siapkan Kolam Ikan

menyiapkan kolam usaha pemancingan
Persiapkan kolam yang akan Anda gunakan untuk memelihara ikan. Anda bisa menyesuaikan bentuk dan model kolam dengan lahan yang ada apakah persegi atau kotak. Isilah masing-masing kolam berdasarkan jenis ikan dan usianya. Pisahkan ikan kecil dengan ikan yang siap dipanen.
Desain kolam ikan dengan sistem yang memungkinkan air terus mengalir sehingga kolam selalu bersih dan tidak amis. Buatlah suhu di dalam kolam tetap stabil agar ikan di dalamnya bisa hidup dengan baik.

 

4. Pilih Jenis Ikan

Anda bisa memilih jenis ikan apa yang akan Anda ternak di dalam kolam pemancingan. Pada umumnya kolam pemancingan diisi dengan ikan seperti lele, nila, gurami, bawal ataupun ikan mas. Ikan-ikan tersebut sudah sangat akrab di lidah masyarakat sehingga banyak yang suka. Selain itu jenis ikan-ikan tersebut mudah dipelihara dan tahan terhadap penyakit.

 

5. Pemeliharaan Kolam Ikan

Kolam Anda harus selalu dipelihara dan dijaga kebersihan agar ikan di dalamnya selalu sehat. Oleh sebab itu Anda harus membuat jadwal pemeliharaan kolam dan pemberian pakan pada ikan-ikan agar kualitasnya tetap bagus. Lakukan kontrol pada kolam secara berkala agar Anda bisa mengetahui dan memisahkan antara ikan yang sakit dengan yang sehat. 

Segara keluarkan ikan yang sakit dari kolam sehingga tidak akan menulari yang lainnya. Ganti juga air kolam secara berkala agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap yang akan mengganggu pengunjung. 

Itulah strategi sukses cara usaha pemancingan untuk pemula. Anda bisa memulai usaha pemancingan dengan modal yang disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi lebih dulu. Tidak perlu memaksakan diri dengan langsung mendirikan pemancingan yang besar atau dengan jumlah kolam yang banyak. 

Sebaliknya, Anda bisa memulai dari satu pemancingan dulu baru nantinya dikembangkan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id sebelum memulai usaha ini agar bisa mempersiapkan perintisan usaha dengan lebih matang dan optimal. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.5

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS