Dirilis

14 Juli 2022

Penulis

Lidia Faiza Jasmine

Ada sebagian orang yang memilih menjadi karyawan karena gajinya pasti. Tapi ada juga yang sudah mencoba menjadi karyawan lalu merasa tidak cocok, karena tidak suka dengan pekerjaan yang ‘diatur-atur’, karier mentok, atau gaji tidak kunjung cukup. 

Apakah Anda pernah merasakan hal yang sama? Jika ya, apakah Anda pernah berpikir untuk resign saja dan menjadi bos Anda sendiri alias punya bisnis? 

Eits, tunggu dulu! Memiliki bisnis sendiri memang menggiurkan, karena dengan berbisnis Anda bisa mendapatkan keuntungan tanpa batas, berbeda dengan gaji karyawan yang sudah ada angka pastinya. Tapi, tentunya membangun bisnis sendiri tidak semudah itu, Anda harus memiliki mental yang kuat untuk bisa menghadapi segala tantangan bahkan kegagalan.

Bagi Anda yang bekerja di suatu perusahaan, tanpa disadari tentu Anda telah memiliki mindset seorang karyawan. Mindset memiliki peranan penting jika Anda ingin membangun usaha sendiri, karena mindset digunakan sebagai pedoman dan penentuan kesuksesan Anda dalam menjalankan bisnis. 

Nah, untuk itu, sebelum membangun bisnis Anda sendiri, Anda bisa lho melakukan perubahan kecil sebatas mengubah mindset Anda dari karyawan menjadi mindset pengusaha. Bagaimana caranya? Yuk, baca artikel ini sampai habis.

 

6 Cara Mengubah Mindset Karyawan Menjadi Mindset Pengusaha


Langkah kecil seperti menumbuhkan mindset pengusaha di dalam diri Anda, bisa membuat Anda menjadi lebih siap dalam membangun bisnis sendiri. Bagaimana caranya? Berikut enam cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa memiliki mindset pengusaha.

 

1.    Lihat Tantangan Sebagai Peluang

Menjadi seorang pebisnis, tentu akan bertemu dengan banyak tantangan, baik itu pada awal merintis bisnis, maupun saat sudah sukses sekalipun. Makanya, Anda harus selalu siap. Agar Anda bisa menghadapinya, lihatlah tantangan yang Anda hadapi sebagai peluang untuk mengembangkan diri Anda dan juga bisnis Anda.

 

2.    Tumbuhkan Rasa Tanggung Jawab

Memiliki bisnis sendiri berarti Anda akan menjadi bos banyak orang bahkan bos untuk diri Anda sendiri. Untuk itu penting untuk memiliki rasa tanggung jawab agar Anda bisa menjadi ‘kapten’ yang baik. Anda akan bertanggung jawab pada setiap keputusan, baik itu memiliki hasil yang baik ataupun kurang memuaskan. Intinya Anda sebagai bos tentu saja bertanggung jawab pada setiap keputusan yang diambil.

 

3.    Banyak-banyak Belajar

Jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses, maka jangan pernah lupakan belajar. Untuk bisa terus berkembang tentu Anda harus banyak-banyak belajar. Bacalah buku mengenai kewirausahaan jika Anda bisa meluangkan waktu. Hal lain yang bisa Anda lakukan yaitu memiliki role model dan belajar darinya. Anda bisa belajar dari pengusaha ‘idaman’ Anda terkait bagaimana mereka bisa mencapai kesuksesan dalam bisnisnya.

 

4.    Ikuti Pelatihan untuk Pengembangan Diri

Selanjutnya, Anda bisa mempersiapkan diri Anda dengan mengikuti seminar atau pelatihan bisnis. Jika Anda bingung ingin mendalami bidang apa, coba Anda lihat minat atau potensi yang Anda miliki. Misal, Anda tertarik dengan social media marketing dan ingin mempelajarinya, maka Anda bisa mengikuti pelatihan mengenai marketing di social media. Biasanya, pelatihan akan memberikan Anda suatu study case, dimana Anda bisa belajar cara menghadapi situasi tersebut jika benar-benar terjadi pada bisnis Anda nantinya. Sehingga Anda akan lebih siap dalam membangun bisnis Anda secara matang.

Baca Juga: 5 Situs Pelatihan Bisnis Online

 

5.    Siap dan Berani untuk Gagal

Mindset yang harus Anda miliki untuk menjadi pengusaha sukses berikutnya adalah selalu siap dan berani untuk gagal. Selain tantangan, tentu Anda juga akan bertemu dengan banyak kegagalan. Dengan mindset ini, Anda bisa dengan mudah untuk beradaptasi dengan kegagalan Anda. Kegagalan juga bisa dijadikan peluang agar bisnis Anda tumbuh menjadi lebih kuat dan lebih baik. 

 

6.    Berpikir Kreatif

Dengan berpikir kreatif, Anda bisa menghasilkan ide-ide usaha yang berbeda. Tidak hanya dapat membantu Anda di awal persiapan bisnis, berpikir kreatif juga bisa membantu Anda dalam menghadapi tantangan-tantangan yang ada. Untuk itu, latihlah otak Anda agar bisa berpikir kreatif, agar Anda bisa menyediakan problem solving yang berbeda dan inovatif nantinya.

Enam poin di atas adalah cara agar Anda dapat menumbuhkan mindset pengusaha. Menjalani bisnis adalah sebuat trial dan error, yang artinya Anda baru bisa berproses apabila mencobanya secara langsung bukan hanya sekadar teori. Intinya, Anda harus selalu mencoba dan jangan pernah menyerah. Selamat Mencoba!

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan terkait bagaimana mempersiapkan bisnis Anda dari nol, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS