Dirilis

21 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Perencanaan usaha sangat diperlukan sebelum merintis suatu usaha, tujuannya agar usaha kedepannya bisa berjalan dengan lancar dan hasilnya maksimal. Tanpa adanya perencanaan usaha yang matang ibarat mobil yang tidak tahu rute mana yang harus ditempuhnya untuk sampai ke tujuan. Perencanaan sebelum memulai usaha akan memberikan petunjuk bagi Anda apa saja yang harus dilakukan termasuk strategi untuk mencapai tujuan. Bahkan hingga perusahaan sudah menjadi sangat besar sekalipun rencana yang strategis tetap dibutuhkan.

Pengertian dan Fungsi Perencanaan Usaha

Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan rencana usaha itu? Perencanaan dalam usaha adalah sebuah pernyataan yang sifatnya formal yang berisi tentang tujuan alasan mendirikan usaha, tujuan usaha dan bagaimana strategi untuk mencapainya. Pada umumnya rencana usaha dibuat dalam bentuk tertulis yang meliputi visi misi, kebijakan, prosedur, dan juga program serta anggarannya.
Fungsi dari perencanaan dalam usaha antara lain untuk memberikan arah dan struktur yang jelas pada perusahaan. Dengan kata lain rencana usaha seperti map atau peta yang akan memberikan arahan serta petunjuk untuk mencapai tujuan.

Langkah Membuat Rencana Usaha yang Efektif dan Efisien

Sebagai sebuah petunjuk yang akan mengarahkan jalan usaha maka sebaiknya rencana tersebut bersifat efektif serta efisien. Percuma Anda membuat rencana usaha kalau tidak bisa memberikan efek positif pada efektivitas dan efisiensi perusahaan. Mulailah rencana usaha dengan hal-hal yang akan mengarahkan pada kemajuan perusahaan.

1. Persiapkan Diri

Kebanyakan orang merasa tidak yakin pada kemampuannya sendiri ketika akan memulai sebuah usaha mandiri. Mereka merasa bahwa kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki tidak mencukupi.  Padahal sebenarnya siapapun Anda bisa sukses menjadi pengusaha selama tahu bagaimana cara mempersiapkan diri. Lakukan persiapan usaha mandiri dengan langkah-langkah efektif yang akan menumbuhkan kepercayaan diri dan keyakinan.

2. Lakukan Riset Mendalam

Sebelum memulai usaha sebaiknya lakukan dulu riset secara mendalam pada semua aspek yang berhubungan dengan usaha yang akan dilakukan. Kenali pangsa pasar atas produk dan jasa yang akan ditawarkan. Selain itu bagaimana tingkat persaingannya dan bagaimana solusi untuk mengatasinya. Jika merasa belum mampu menjadi pengusaha secara mandiri karena keterbatasan modal, cari tahu dulu bagaimana mendapatkan investor. Riset mendalam yang Anda lakukan nantinya juga akan bermanfaat ketika berhadapan dengan calon investor.

3. Tentukan Tujuan Rencana Usaha

Orang yang berjalan tanpa memiliki tujuan jelas hanya akan mendapatkan rasa lelah saja begitu juga dengan perusahaan. Apapun usaha Anda pastikan tujuannya sudah dibuat dengan jelas. Termasuk apakah nantinya Anda akan menggandeng investor tertentu untuk menjalankan usaha tersebut.

4. Cari dan Hindari Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Belajarlah dari kegagalan orang lain dengan mencari tahu apa yang menyebabkan dia gagal. Kemudian buat daftarnya dengan rinci. Mengapa ini perlu? Kalau Anda tidak ingin mengalami kegagalan yang sama hindarilah semua hal tersebut. Jauhi apa saja yang berpotensi menyebabkan kegagalan terutama kalau jenis usaha yang dijalankan sama.

5. Buat Dokumentasi pada Semua Aspek Usaha

Dokumentasikan semua hal penting yang ada di dalam usaha Anda misalnya laporan keuangan, keuntungan yang telah didapatkan dan sebagainya. Tujuannya agar Anda lebih mudah mendapatkan investor yang bisa diajak bekerjasama. Trik mendapatkan investor  ini penting untuk dikuasai agar Anda bisa membesarkan dan mengembangkan usaha dengan maksimal.

6. Buat Rencana dan Strategi Marketing

Terakhir, buatlah rencana dan strategi marketing agar bisa meraih sebanyak-banyaknya pembeli. Sesuaikan strategi marketing tersebut dengan jenis usaha dan target pasar yang ingin diraih. Rencana dan strategi marketing yang tepat akan memperluas pasar Anda.

Perencanaan usaha ibarat peta yang akan membantu Anda mencapai tujuan perusahaan serta meningkatkan keuntungan. Dengan rencana yang matang maka usaha yang akan dijalankan akan lebih mudah berkembang sehingga bisa mendatangkan keuntungan yang lebih besar lagi.  Anda bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer UMKM dari Daya.id sebelum memulai menjalankan suatu usaha.

Dengan berkonsultasi pada ahlinya, proses persiapan usaha bisa menjadi lebih matang dan berjalan lancar. Informasi yang lengkap dan terperinci tentang pengembangan usaha bisa didapatkan dengan mengakses Daya.id. Lakukan pendaftaran di Daya.id untuk akses tanpa batas tentang bisnis dan pengembangannya. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Dikutip dari Berbagai Sumber

Penilaian :

4.5

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS