Dirilis

02 Maret 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Penyedia jasa usaha cutting sticker saat ini semakin banyak dicari oleh masyarakat. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa penggunaan sticker banyak dibutuhkan untuk mempercantik body sepeda motor atau mobil. Tidak hanya itu, sticker ini juga umum digunakan untuk label kemasan produk dan sebagainya. Dinamakan cutting sticker, karena ini adalah sebuah teknik pemotongan sticker sesuai dengan desain yang diinginkan.
Proses cetak cutting sticker ini dilakukan menggunakan mesin pemotong khusus dengan bantuan komputer untuk desain stickernya. Hasil dari cetakan cutting sticker memang terbilang lebih presisi atau lebih pas dibanding cetakan biasa. Tidak heran jika banyak orang yang lebih memilih metode cutting sticker untuk menghasilkan sticker yang bagus dan sesuai desain idaman.

Cara Memulai Usaha Cutting Sticker Bagi Pemula

Karena banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan, banyak orang yang mulai tertarik untuk menggeluti usaha cutting sticker. Bagi para pemula, inilah beberapa cara memulai usaha ini:

1. Pilih Mesin Cutting Sticker yang Kualitasnya Bagus

siapkan mesin cutting sticker

Modal utama dalam memulai bisnis ini adalah mesin cutting sticker. Maka pemilihan mesin harus dilakukan dengan baik. Anda harus memilih jenis mesin yang berkualitas. Tanpa adanya mesin, usaha ini tidak akan bisa berjalan.
Untuk tahap awal dengan jumlah modal yang tidak banyak, Anda bisa memilih jenis mesin yang harganya terjangkau tetapi kualitasnya sudah terjamin bagus. Perlu diingat juga agar jangan membeli mesin yang asal murah saja, karena mesin tersebut bisa cepat rusak sehingga Anda harus kembali membeli mesin yang baru. Lebih baik, beli mesin cutting yang memang berkualitas meski dibandrol sedikit lebih mahal. Sebab, ini akan menguntungkan untuk pemakaian jangka panjang.

2. Pilih juga Komputer dengan Spesifikasi Tinggi

Selain mesin, komputer juga digunakan dalam usaha ini, yaitu untuk proses pembuatan desain sticker. Maka pilihlah jenis komputer yang tangguh dan berspesifikasi tinggi. Karena nanti Anda harus menggunakan sejumlah aplikasi yang kapasitasnya cukup besar. Seperti misalnya aplikasi Corel Draw, Freehand atau Photoshop. Program-program seperti Casmate dan Artcut juga harus diinstal. Dengan aplikasi yang cukup berat, maka spesifikasi komputer harus memadai agar bisa berjalan baik dengan mesin cutting yang dimiliki.

3. Pilih Tempat atau Lokasi Usaha yang Strategis

pilih lokasi usaha cutting sticker yang strategis

Ketika memilih lokasi usaha, sebaiknya pilih yang strategis dan biasa dilewati oleh kendaraan bermotor. Tujuannya adalah untuk mempercepat proses pengenalan usaha Anda pada masyarakat. Pastikan ruangan untuk pemotongan sticker, ruangan customer service, hingga penyimpanan stock bahan harus lebih besar.

4. Mempersiapkan Bahan Baku dan Peralatan yang Menunjang

Anda juga sebaiknya mempersiapkan bahan baku yang diperlukan untuk memulai usaha ini. Bahan baku utama dari usaha jasa cutting sticker ini adalah sticker berwarna dan polos. Mulailah dengan persiapan sticker dalam ukuran meteran terlebih dahulu. Merk sticker yang cukup terkenal diantaranya yaitu 3M, Aslan, Kiwalite, Oracal dan lain sebagainya.
Selain mesin cutting dan komputer, Anda juga harus mempersiapkan peralatan penunjang lainnya. Contohnya seperti misalnya printer, selotip transparan, kamera digital, mesin digital printing, gunting dan sebagainya. Alat-alat ini akan menunjang pekerjaan Anda nantinya.

5. Mempersiapkan Gerai Display

Gerai display juga adalah salah satu hal yang harus Anda persiapkan saat akan memulai usaha ini. Fungsi gerai display adalah untuk memberikan portofolio atau gambaran hasil cetak cutting sticker yang usaha Anda buat. Dengan adanya display ini, pelanggan bisa melihat sejauh mana kualitas dari hasil cutting sticker yang Anda buat dan bisa membuat pelanggan semakin tertarik untuk menggunakan jasa Anda.
Tidak perlu gerai display yang terlalu besar karena Anda bisa memanfaatkan sebuah etalase yang di pajang di dekat ruang tunggu atau pintu masuk toko. Dengan begitu, perhatian pelanggan bisa tertuju langsung pada display hasil sticker yang Anda produksi.

6. Promosi

Tidak cukup sampai disitu, promosi juga perlu Anda lakukan untuk memperluas target pelanggan usaha Anda. Anda bisa memanfaatkan cara online maupun offline untuk pemasaran. Manfaatkan media sosial seperti facebook, instagram, website, dan sebagainya untuk menjangkau pelanggan lebih luas lagi. Selain itu, gunakan strategi offline dengan membuat banner, baliho, atau brosur untuk mempromosikan usaha cutting sticker Anda.
Nah, itulah beberapa cara memulai usaha cutting sticker untuk pemula. Diharapkan dengan cara ini, Anda bisa memulai usaha jasa ini dengan lebih optimal dan lancar. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer UMKM dari Daya.id seputar cara memulai usaha sticker ini.
Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS