Dirilis

15 Maret 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

AC atau air conditioner merupakan mesin yang digunakan untuk menstabilkan suhu dan kelembaban di suatu ruangan. Usaha jasa pasang AC banyak dicari karena memasang elektronik ini membutuhkan cukup banyak tenaga dan waktu. Sebab, ada dua bagian yang harus dipasang, yaitu pendingin udara yang di taruh di dalam, juga ada bagian yang ditaruh di bagian luar ruangan atau gedung.

Langkah Memulai Usaha Jasa Pasang AC

Banyak orang yang lebih memilih untuk langsung memanggil jasa pasang AC, karena memang dinilai lebih mudah dan tidak ribet. Nah, bagi Anda yang berniat membuka usaha jasa pasang AC, berikut berbagai cara yang dapat dilakukan:

1. Menentukan Lokasi Usaha

tentukan lokasi usaha jasa pasang AC

Meski sebetulnya bisnis yang satu ini tak begitu membutuhkan lokasi khusus, bahkan bisa dilakukan dari rumah. Namun, jika kita memang akan membuka usaha pasang AC dan bekerja sama dengan berbagai corporate, baiknya ada lokasi seperti kantor khusus agar memudahkan pelanggan menghubungi atau mendatangi nantinya. Lokasinya sendiri, usahakan berada di tempat yang strategis, dekat area perkantoran, gedung ataupun yang lainnya.

2. Tentukan Pelayanan

Tentu saja, layanan utama yang ditawarkan adalah jasa pasang AC, namun kita juga disarankan untuk memiliki sesuatu ‘pembeda’ dengan usaha sejenis lainnya. Misal, menerima jasa service dan pembersihan AC, teknisi yang sigap dan ramah, pekerjaan yang rapi dan memuaskan, garansi serta berbagai hal lain yang sekiranya dapat menjadi nilai plus. Intinya, selalu upayakan untuk menjaga kepuasan pelanggan Anda. 

Dengan kepuasan pelanggan yang terjaga, jasa yang Anda tawarkan bisa senantiasa ramai dan dicari pelanggan. Sebagai tambahan, kita juga bisa membuat daftar harga jasa pasang AC yang terperinci untuk memudahkan pelanggan nantinya. Daftar tersebut dapat ditentukan berdasarkan jenisnya, jumlah unitnya material sparepartnya dan lain sebagainya.

3. Harga yang Kompetitif

tentukan harga usaha jasa pasang AC

Tentu saja, pelanggan akan memilih menggunakan jasa dengan biaya yang terjangkau. Kita bisa mengawalinya dengan survei harga di pasaran, lalu tentukan harga yang kompetitif juga nilai atau keunggulan lebih yang bisa didapat di jasa pasang AC yang kita kelola. Selain itu, untuk perkantoran atau pemasangan dalam jumlah banyak, kita bisa memberikan harga spesial untuk mereka.

4. Strategi Promosi

Setiap bisnis, termasuk usaha jasa pasang AC pasti membutuhkan strategi promosi supaya banyak orang tahu, kenal dan memilih memasang AC di tempat kita. Ada dua strategi yang bisa digunakan, yaitu:

  • a. Promosi Offline

Kita bisa membuat flyer atau brosur yang dibagikan pada calon konsumen, baligo, dan berbagai media promosi lainnya. Dan tentu saja, kita sebagai pihak penyedia jasa harus memiliki kartu nama, jadi ketika ada orang yang berpeluang membutuhkan jasa, kita bisa langsung mengambil langkah.

  • b. Promosi Online

Meski mungkin jarang ditemui, tak ada salahnya jika kita mempunyai akun media sosial dari usaha jasa pasang AC ini untuk menyasar target di kota atau lokasi kita membukanya. Selain itu, kita dapat beriklan di google ads, menggunakan jasa search engine optimization (SEO) agar usaha kita berada di pencarian paling atas.

Tak hanya media sosial dan memanfaatkan mesin pencarian saja, kita juga bisa membuat website sendiri yang memuat alamat, layanan yang ditawarkan, nomor kontak dan berbagai informasi tentang usaha. Bahkan, kini kita juga dapat menggunakan marketplace sebagai salah satu cara promosi jasa pasang AC yang dikelola.

Itulah beberapa cara untuk memulai usaha jasa pasang AC yang bisa dilakukan. Jasa AC memang banyak dicari mengingat kebutuhan akan AC begitu besar. Baik untuk pemakaian rumahan atau perkantoran. Dengan berbagai tahapan dan cara ini, diharapkan Anda yang ingin terjun ke usaha jasa ini bisa menjalankan usaha dengan lebih matang. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id seputar cara memulai usaha dan pengelolaannya. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS