Dirilis

21 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Banyak orang yang masih beranggapan bahwa bisnis dengan modal yang kecil tidak akan mendatangkan keuntungan besar. Padahal banyak bisnis UKM yang diawali dengan modal kecil tetapi berhasil mendatangkan keuntungan yang besar. Faktor yang membuat usaha/bisnis berhasil atau sukses bukan hanya modal. Masih banyak faktor lainnya yang harus Anda pertimbangkan.

Jika Anda pintar menganalisa dunia bisnis, Anda pasti melihat ada banyak pebisnis sukses yang mengawali bisnisnya dengan jumlah modal yang tidak besar. Namun akhirnya bisa menjadi seorang pebisnis sukses dengan jumlah keuntungan yang sangat besar. 

Jenis Bisnis UKM dengan Jumlah Modal Kecil

Di bawah ini ada beberapa jenis bisnis yang bisa Anda mulai dengan jumlah modal yang tidak besar:

1. Bisnis UKM Menjual Makanan Sarapan 

Bagi banyak orang yang memiliki sejumlah aktivitas padat, dan harus sampai ke kantor tepat waktu tentu tidak memiliki waktu untuk sarapan. Anda bisa menjual menu sarapan setiap pagi untuk mereka yang tak sempat membuat sarapan di rumah. Menunya beragam, misalnya bubut ayam, nasi uduk, lontong kari, nasi kuning dan lain sebagainya.

2. Bisnis Dropship

bisnis ukm dropship

Bisnis yang satu ini tidak memerlukan modal apapun karena Anda tidak harus menyetok barang. Anda hanya memasarkan suatu barang/jasa, jika ada yang memesan atau membeli maka Anda meneruskan pesanan ke penjual dan mengirimnya atas nama Anda.
Sebagai seorang dropshipper Anda juga harus memahami bagaimana spesifikasi produk yang Anda jual dan memiliki supplier yang bisa dipercaya. Bisnis dropship ini sangat bergantung pada produk dari supplier, dan pelayanan Anda pada pembeli.

3. Bisnis Kaos Pre Order

Bisnis lainnya yang bisa Anda lakukan dengan modal kecil adalah bisnis kaos pre order. Sistem pre order merupakan pembuatan produk tergantung pada jumlah pemesanan saja. Anda bisa membatasi jumlah pesanan untuk mulai produksi, jika ingin memangkas biaya produksi.

4. Menjual Kue Kering

 bisnis ukm menjual kue kering

Bisnis kuliner sedang merajalela saat ini, karena banyak orang yang senang ngemil. Hal itu bisa menjadi bisnis yang potensial untuk Anda, misalnya menjual aneka kue kering. Untuk permulaan, Anda bisa membuat 2-3 toples kue kering dan meminta pendapat orang-orang di sekitar tentang kue Anda. Sesuaikan selera pasar dengan jenis kue kering yang akan Anda jual sekarang. Dan buat jenis kue yang tidak biasa, dengan variasi rasa dan tampilan yang menarik.

5. Bisnis Makanan Ringan

Masih seputar makanan atau kuliner, Anda juga bisa mencoba berbisnis makanan ringan. Untuk permulaan, tak perlu menggunakan bahan yang terlalu mahal dan buat aneka makanan ringan dalam jumlah sedikit. Jika peminatnya sudah mulai banyak maka Anda bisa memproduksi lebih banyak lagi makanan ringan. Sama seperti bisnis kue kering, buat juga jenis makanan ringan yang rasanya berbeda dari jenis makanan ringan lainnya.

Itulah beberapa jenis bisnis UKM yang mudah untuk dikembangkan. Anda bisa memilih mulai dari membuka usaha makanan untuk sarapan, menjalankan dropship, bisnis menjual kaos, menjual aneka kue kering, dan menjual aneka makanan ringan. Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis ini, juga bisa berkonsultasi dengan praktisi dan trainer UMKM dari Daya.id. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan gambaran konkret dan nasehat terbaik sebelum mulai menjalankan bisnis. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Dikutip dari Berbagai Sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS