Dirilis

14 April 2022

Penulis

Arras Amirah

Jika Anda sangat menyukai games dan tertarik untuk menekuni bidang ini, maka tidak ada salahnya untuk mencoba! Hal ini dikarenakan industri games atau e-sport menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan jika dikerjakan dengan serius. 

Ada banyak lho jenis games yang populer di kalangan masyarakat, seperti Mobile Legends, Point Blank, PUBG, Free Fire, dan masih banyak lagi. Sebelum industri games berkembang sangat cepat seperti sekarang, games hanya dianggap sebagai permainan yang dimainkan oleh orang bosan saja. Tapi nyatanya, industri games saat ini dianggap sangat penting lho! Bahkan secara tidak langsung, industri games bisa menghasilkan uang yang sangat banyak dan bisa meningkatkan perekonomian Indonesia! Menarik bukan? 

Penasaran bagaimana memulai bisnis e-sport? Simak penjelasan berikut ya tentang apa itu e-sport dan bagaimana memulai bisnis e-sport di tahun 2022!

 

Apa Itu E-sport? 


E-sport adalah olahraga elektronik yang memanfaatkan games sebagai sarana berkompetisi antar pemain profesional di bidang games masing-masing. Bahkan ketika Asian Games 2018, e-sport menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Luar biasa bukan?

Indonesia sendiri menjadi salah satu pasar games terbesar di Asia Pasifik, yang menyumbang lebih dari 13 Triliun rupiah, dan memiliki jumlah gamer di Indonesia sampai 34 Juta orang. Sehingga bisnis e-sport menjadi salah satu bisnis yang layak diperhitungkan terutama oleh Anda yang menyukai games. Ada banyak sekali pekerjaan yang bisa Anda coba seperti jadi atlet profesional, konten kreator games, analisis games, atau bahkan berjualan merchandise games.

Jadi jangan khawatir, bagi Anda yang ingin mulai serius di industri games dan tertarik di bidang e-sport, ada banyak sekali pilihan yang bisa Anda coba. Penghasilan yang didapatkan pun cukup besar dan bisa lebih dari puluhan juta perbulan! Sangat besar bukan?

 

Tips memulai bisnis e-sport 

Walau terlihat mudah, namun bisnis e-sport sama-sama memerlukan niat, mental, dan kegigihan yang kuat lho sama seperti olahraga lainnya. 

Jika Anda telah mengetahui apa itu e-sport, maka simak tips di bawah ini bagaimana cara memulai bisnis e-sport!

 

1.    Melakukan riset pasar

Saat Anda mulai tertarik dengan industri games, maka Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu seperti siapa target market yang Anda tuju, minat, dan juga ekspetasi mereka. 

Jangan lupa juga untuk mencari tahu tentang kompetitor yang akan menjadi saingan Anda nantinya. Perhatikan cara mereka dalam mempromosikan baik itu produk maupun cara mereka bermain jika seorang atlet. 

Sebagai contoh, Anda mengincar target market konsumen yang menyukai games seperti Multiplayer Online Battle Arena atau MOBA yang biasa dimainkan 4 hingga 5 orang sebagai tim dan melawan tim lainnya, maka Anda bisa mencoba menjadi atlet profesional yang memainkan games seperti PUBG ataupun Mobile Legends.

 

2.    Fokus bisnis e-sport mana yang hendak di dalami

Luasnya cakupan bisnis e-sport ini membuat Anda harus memilih untuk memprioritaskan bisnis e-sport jenis apa yang hendak Anda dalami. Berbekal dengan riset yang telah Anda lakukan, diharapkan Anda telah mengetahui minat serta bakat Anda di mana. 

Jenis bisnis e-sport yang bisa Anda coba adalah membuat tim e-sport, konten kreator social media games, menjual merchandise games di e-commerce, atau bahkan konsultan teknologi untuk games. Ada banyak bukan?

 

3.    Buatlah business plan untuk bisnis Anda

Setelah Anda mengetahui hendak fokus ke bisnis e-sport yang mana, Anda perlu membuat rencana bisnis yang matang. 

Sebagai contoh, jika Anda berminat menjadi konten kreator games media sosial seperti Youtube, maka Anda perlu memperkirakan berapa ‘budget’ yang Anda butuhkan agar bisnis ini berjalan lancar. Seperti membeli smartphone terbaru, laptop gaming, kamera perekam, dan juga paket internet untuk memposting konten Anda ke media sosial.

 

4.    Pilihlah e-sport yang menjadi keahlian Anda

Saat Anda telah mengetahui hendak mendalami bisnis e-sport yang mana, maka Anda perlu memilih mana e-sport yang seperti apa yang menjadi keahlian Anda. 

Sebagai contoh, jika Anda memilih menjadi atlet profesional, maka Anda perlu memilih games apa yang menjadi keahlian Anda. Masing-masing games memiliki cara bermain yang berbeda, sehingga pilihlah games apa yang menjadi keahlian Anda ya.

 

5.    Carilah partner untuk bekerja sama

Setelah bisnis e-sport Anda berkembang pesat, tidak ada salahnya Anda memperluas kenalan dan juga mencari patner untuk bekerja sama. Jika Anda memilih membuat tim e-sport sebagai bisnis e-sport, maka Anda bisa coba mengontak event organizer atau EO untuk mencari sponsor untuk tim Anda. 

Atau jika Anda menjual merchandise games secara online, carilah konten kreator games yang cukup terkenal di media sosial untuk mempromosikan produk Anda. Sehingga selain dapat meningkatkan brand awareness calon konsumen terhadap produk Anda, Anda juga meningkatkan penjualan lho! 

Nah, itu dia penjelasan singkat dari apa itu e-sport dan bagaimana cara memulai bisnis e-sport terutama untuk pemula di tahun 2022. Selain karena industri games sudah tak lagi dipandang sebelah mata, peluang karir dan bisnis e-sport sangat menjanjikan. Tak lagi terbatas oleh umur, pendidikan, atau pun tempat. Asalkan Anda seorang pekerja keras, gigih, dan juga memiliki mental kuat, Anda bisa berhasil di industri ini! Selamat mencoba!

Apabila Anda ingin mengetahui tips lainnya tentang keuangan dan peluang usaha, silahkan mengunjungi Daya.id dan segera daftarkan diri Anda untuk memperoleh lebih banyak manfaat lainnya. Jika Anda masih bingung bagaimana cara memulai usaha dan ingin berdiskusi lebih banyak lagi mengenai usaha, Anda dapat berdiskusi dengan ahli usaha di fitur Tanya Ahli. 

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS