Dirilis

19 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Menjalankan sewa mobil bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Sebab, permintaan akan ketersediaan mobil terbilang cukup tinggi. Entah untuk kegiatan liburan, perjalanan antar kota, atau daerah sewa atau rental mobil pasti memiliki pasarnya tersendiri. Meski terlihat sederhana, namun bisnis ini juga memerlukan konsistensi dan ketekunan. Selain itu, bagi pengusaha pemula ada beberapa cara menjalankan usaha ini yang harus dipahami.

Cara serta Panduan dalam Memulai Usaha Sewa Mobil yang Maksimal

Inilah beberapa panduan dan cara untuk memulai usaha sewa atau rental mobil:

1.    Tetapkan Terlebih Dahulu Target Pasar serta Prospeknya!

sewa mobil
Mengenali target dan prospek diakui penting, terutama di lokasi mana saja Anda akan memulai usaha sewa mobil ini. Bisa kita perkirakan, bahwa bisnis ini tentu lebih ramai apabila berada di kota-kota yang memiliki banyak objek wisata. Tetapi tak menutup kemungkinan juga, bahwa daerah lainnya juga akan ramai ya, maka perlulah dilakukannya survey tersendiri apakah orang memang butuh mobil sebagai alat transportasi atau tidak di lokasi tersebut.
Satu lagi, adapun juga banyak saingan dalam suatu wilayah yang sama-sama membuka sewa mobil ini. Maka bila dirasa belum terlalu banyak saingannya, Anda pun boleh menetapkan target pasar yang sesuai untuk seluruh pihak.

2.    Tetapkan Lokasi yang Strategis dan Mudah ditemukan

Akses jalan yang baik dan sering dilewati banyak orang, kebanyakan memang jadi target bisnis sewa mobil ini supaya ramai. Maka sebab itu sering kita temui penyewaan ini terletak di dekat stasiun, hotel, dan tempat lainnya yang banyak disinggahi oleh pengunjung yang baru datang. Hal tersebut diakui efektif, karena pada jangkauan direct marketing akan berjalan secara otomatis pula.

3.    Pemasaran dan Promosi dengan Dua Cara

tentukan target pasar sewa mobil
Bila Anda sudah memahami 2 hal di atas, tentu Anda pun akan berpikir juga bagaimana cara supaya tingkat persaingan bisa Anda menangkan, bukan? Maka dengan begitu, Anda pun dapat mengandalkan dua strategi pemasaran.
Yang pertama adalah, strategi marketing secara langsung atau offline. Mungkin untuk strategi ini memang lebih baik terjadi interaksi langsung pada calon konsumen, secara memberitahu langsung atau word of mouth. Adapun pilihan lainnya yakni dengan penempelan banner, penyebaran brosur, kartu nama, iklan koran, stiker, maupun pada iklan majalah di media massa.

Sedangkan yang satunya untuk strategi marketing secara online, yakni dengan melakukan promosi secara online dengan media sosial seperti Instagram, Facebook, Path, Twitter, dan sebagainya. Lebih maksimal lagi untuk berpromosi melalui website optimasi SEO yang kini sedang tren.

4.    Bangunlah Jaringan dan Relasi yang Luas

Dengan membangunan adanya relasi dan jaringan luas, maka peluang untuk kerjasama dengan beberapa mitra lainnya pun juga akan terbuka lebar. Sebab itu disarankan untuk bergabung dengan beberapa asosiasi maupun komunitas bisnis sewa mobil yang tersedia terutama di daerah wilayah Anda.

5.    Menentukan Harga yang Memang Sesuai beserta Tawaran Menariknya!

Tips yang terakhir dan penting, adalah perhatikan soal harga beserta tawaran menarik yang perlu ada di usaha sewa mobil Anda. Sesekali, perlulah mengadakan promo ataupun kreativitas Anda seperti undian hadiah, dan lainnya.

Usaha sewa mobil atau rental mobil memang memiliki potensi yang besar untuk dijalankan. Usaha ini bisa dijalankan dengan menetapkan target pasar terlebih dahulu, memilih lokasi yang strategis, melakukan promosi, membangun relasi, dan menentukan harga sewa yang tepat. Anda bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer UMKM dari Daya.id terlebih dahulu sebelum menjalankan usaha ini.

Dengan berkonsultasi kepada ahli, Anda bisa mendapatkan pengetahuan dan bekal yang cukup untuk menjalankan usaha ini. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS