Dirilis

28 Januari 2021

Siapa bilang usaha barang bekas tidak bisa menghasilkan? Selama ini hal pertama yang Anda pikirkan dari barang bekas mungkin yang terlintas adalah rongsokan. Padahal sebenarnya banyak sekali barang bekas yang masih bisa digunakan. Bahkan Anda bisa memulai menjalankan peluang usaha dari barang bekas yang memberikan keuntungan yang terbilang besar. Barang bekas itu tidak harus selalu berakhir di tong sampah, karena Anda masih bisa mengolah barang itu menjadi benda-benda yang lebih bernilai.

Banyak sekali kaum milenial yang juga menjalankan usaha atau bisnis barang bekas dengan menjual kembali, barang-barang yang dianggap bekas tapi masih sangat bernilai. Terutama generasi muda yang memiliki sikap yang inovatif dan kreatif. Namun, dalam memulai usaha di bidang barang bekas ini, tetapi dibutuhkan strategi yang tepat. Karena usaha di bidang barang bekas ini juga mengalami persaingan yang cukup ketat.

Cara Memulai Usaha Barang Bekas yang Sukses dan Menguntungkan

Jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini, sebaiknya pilih barang-barang bekas yang masih layak pakai dan memiliki nilai jual. Berikut ini cara menjalankan usaha di bidang barang bekas yang menguntungkan:

1. Menentukan Fokus Penjualannya Terlebih Dahulu

Hal yang paling mendasar dalam menjalankan barang bekas adalah dengan menentukan fokus penjualannya. Anda harus tahu jenis barang apa yang ingin Anda jual contohnya perabotan rumah, pakaian, make up dan sebagainya. Barulah Anda bisa menentukan strategi, target dan positioning dalam penjualan.

2. Memilih Lokasi yang Strategis

memulai usaha barang bekas
Anda juga harus memiliki tempat offline yang strategis walaupun menjual barang bekas secara online. Tujuannya adalah untuk memudahkan konsumen dalam menjangkau tempat Anda berjualan. Misalnya membuka usaha menjual barang bekas di tengah kota atau tempat ramai, dengan begitu akan lebih mudah menarik pembeli.

3. Menggunakan Media Sosial untuk Promosi

Banyak sekali pebisnis yang menggunakan media sosial untuk kebutuhan promosi. Anda juga bisa menggunakan media sosial ini untuk memasarkan barang-barang bekas yang Anda jual. Buat feed yang bagus pada media sosial Anda seperti instagram, supaya menarik perhatian pembeli.

4. Mengecek Kembali Kondisi Barang dan Jual dengan Harga yang Sesuai

memilih lokasi usaha barang bekas
Sebelum menjual barang-barang bekas tersebut, sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu bagaimana kondisi barangnya. Kemudian jual kembali dengan harga yang sesuai nilai barang itu sendiri. Jika barangnya masih bagus dan tanpa cacat maka harganya bisa sedikit lebih tinggi. Namun jika kualitas barangnya sudah menurun maka harganya bisa dibuat lebih rendah.

5. Sertakan Foto Asli dan Deskripsi Barang yang Jelas

Pasarkan produk barang bekas ini dengan jujur, yaitu dengan menyertakan foto yang asli dengan mendeskripsikan barang lebih jelas. Supaya pelanggan percaya bahwa barang yang Anda jual memang sesuai dengan foto. Sertakan kondisi fisik barang dengan jelas misalnya lama waktu pemakaian dan keadaan fisiknya.

6. Berikan Kualitas Pelayanan yang Baik dan Optimal

Cara sukses dan meraih keuntungan dalam menjual barang bekas adalah dengan memberikan kualitas pelayanan yang sangat baik. Penuhi ekspektasi konsumen dengan memberikan pelayanan yang baik, ramah dan memuaskan. Walaupun konsumen baru bertanya soal harga tetapi tetap beri respon yang cepat.

Dari informasi ini dapat kita ketahui bahwa barang bekas yang dianggap sudah tidak bernilai, ternyata bisa menjadi peluang usaha yang juga menjanjikan, yaitu dengan usaha barang bekas. Usaha ini dimulai dari menentukan fokus jualannya lebih dulu, kemudian menentukan lokasi jualan, promosi, dan memberikan pelayanan yang optimal.

Saat ingin merintis usaha barang bekas ini, Anda juga bisa berkonsultasi dengan business coach atau pelatih bisnis dari Daya.id. Dengan begitu, perencanaan bisnis Anda bisa menjadi lebih matang lagi. Selain itu, untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS