Dirilis

11 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Bagi Anda yang belum maupun sudah bekerja, ternyata usaha kredit barang ini bisa jadi pilihan terbaik untuk mencari penghasilan tambahan. Seperti yang kita tahu, saat ini sedang sangat sulit dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari, sehingga banyak orang yang memanfaatkan layanan kredit untuk membeli suatu barang. Inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk menjadi suatu peluang usaha yang menjanjikan.

Langkah dan Persiapan Ketika Memulai Usaha Kredit Barang

Meskipun tidak mudah ketika menjalankan usaha yang satu ini di awalnya, namun lama-kelamaan jika Anda mengerti langkahnya maka keuntungan yang bisa diambil pun terus bertambah. Lalu bagaimana saja langkah dan persiapan saat memulai usaha kredit barang ini?

1. Perhatikan dan Catat Administrasi dengan Baik

Teliti dan sabar adalah kunci ketika Anda memulai segala usaha apapun, terutama hal ini. Sebab hambatan dan rintangan akan datang secara bergantian, salah satunya yakni ketika ada seorang pembeli yang sering tidak tepat waktu atau lambat dalam melakukan pembayaran cicilan tersebut, khususnya tanpa alasan yang jelas.
Hal tersebut tentu membuat Anda galau, bukan? Maka perlu bagi Anda untuk menetapkan suatu kedisiplinan sendiri, seperti membuat peraturan kredit barang. Pada peraturan ini pun, bisa disesuaikan dengan kebijakan Anda pribadi. Misalkan saja sistem pembayaran yang ditetapkan, dengan jangka per hari ataupun 5 hari. Intinya perlu rajin dan tekun, karena bila tidak maka justru bisa merugikan usaha Anda loh!

2. Lakukan Promosi dan Siapkan Barang


Bila Anda seorang pemula dalam usaha ini, maka Anda bisa memulainya dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut terlebih dahulu. Misalkan saja ke lingkungan komplek rumah, seperti tetangga terdekat, teman, dan lain sebagainya.
Jika sudah melakukan promosi, maka tinggalah Anda persiapkan barang apa saja yang hendak dikreditkan. Contohnya saja bila yang berminat banyak seorang ibu-ibu, maka cobalah usaha kredit barang tertentu seperti pakaian, alat masak, ataupun sembako. Sesuaikan pula dengan target umur dan selera pembeli, ya.

3. Buat Suatu Perjanjian

Persiapan dan langkah selanjutnya yang perlu Anda ketahui jika akan membuat usaha kredit barang, yaitu perjanjian berbentuk nota kecil sebagai bukti. Hal ini bertujuan karena memang biasanya, banyak orang yang suka menunda pembayaran. Maka dengan adanya nota, diharapkan pembayaran terjadi dengan teratur dan tak ada pihak yang merasa rugi.

4. Usahakan untuk Mencari Distributor


Bagian ini juga termasuk penting bagi para pelaku usaha kredit barang, karena dengan begitu maka bisnis pun lebih cepat maju dan sukses. Dengan adanya distributor, pastikan bahwa Anda bisa mendapat suatu penawaran dengan harga yang paling terjangkau. Lalu setelah itu, bisa Anda jual sesuai harga pasaran yang beredar, maka keuntungan pun bisa berlipat ganda.

5. Sediakan Adanya Variasi Barang

Setelah menyediakan barang, buatlah variasi nya juga yang menarik, mulai dari harga termurah sampai termahal dengan disesuaikan pula pada kualitasnya. Maka pembeli pun bisa memilih mana saja yang menjadi prioritas, dan usaha Anda juga akan semakin meluas.

Sekian beberapa langkah untuk Anda yang ingin memulai usaha kredit barang di atas, kesimpulannya adalah usaha kredit ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan untuk dijalankan. Apalagi saat ini semakin banyak orang yang membutuhkan layanan kredit untuk memenuhi kebutuhan mereka. Bagi para karyawan yang sedang membutuhkan layanan kredit, maka bisa mencoba layanan kredit karyawan dari Bank BTPN. Layanan kredit ini bahkan bisa dimanfaatkan hingga jangka waktu pinjaman hingga 5 tahun.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!


 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.5

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

LINDA BUDIYARTI

11 Januari 2021

Dulu saya pernah nyoba usaha ini Min. Laris manis emang. Awal2nya doang bayarnya bener, lama2 susah ditagih ?. Capek nagih jadinya gulung tikar dah. Gak cocok buat saya ?. Anywat thanks infonya. Kasih juga tips *Nagih Utang yang Efektif\" ?

Balas

. 1

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS