Dirilis

25 November 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Saat ini menekuni suatu bisnis tidak hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah lulus sekolah saja. Sebab, ada banyak sekali bisnis online untuk pelajar yang bisa dilakukan secara sambilan. Menjalankan bisnis satu ini selain mudah dilakukan dan menguntungkan juga tidak akan mengganggu sekolah. Kira-kira apa saja ya? Yuk langsung saja simak penjelasannya dibawah ini. 

 

6 Bisnis Online untuk Pelajar  

Bisnis online merupakan ide bisnis yang sangat cocok untuk ditekuni oleh pelajar. Meski ini merupakan bisnis sampingan tetapi jika dijalankan dengan benar omsetnya sangat banyak. Berikut ini adalah beberapa ide bisnis online yang cocok untuk pelajar. 

 

1. Reseller Produk  

bisnis online untuk pelajar reseller
Reseller produk merupakan bisnis online yang cocok untuk dijalankan oleh pelajar. Pelajar yang sudah menjalankan bisnis ini juga cukup banyak. Bisnis ini sangat mudah dan gampang untuk dilakukan. Ada banyak produk yang bisa dijual reseller, seperti baju, produk kecantikan, aksesoris hingga camilan. Namun, sebelum menekuninya Anda harus mencari supplier produk yang tepat. 

 

2. Menjadi Influencer  

Ide bisnis yang tepat untuk pelajar selanjutnya yaitu menjadi seorang influencer. Peluang untuk menjalankan usaha ini juga sangat menjanjikan karena banyak perusahaan yang tertarik untuk merekrut anak muda kreatif, salah satunya pelajar. Anak muda kreatif tersebut akan dijadikan sebagai ujung tombak marketing di ranah digital. 

Jika Anda tertarik untuk menjadi influencer maka harus rajin membuat konten-konten kreatif yang kemudian di unggah di sosial media. Isi konten tidak hanya selfie cantik saja, tetapi juga konten tutorial make up, cover lagu, kontan game dan masih banyak lagi. Penghasilan seorang influencer berasal dari endorsement. Untuk satu kali posting penghasilan yang didapatkan mencapai puluhan juta. 

 

3. Membuat Blog 

Membuat blog tidak hanya untuk menulis cerita pribadi saja, tetapi juga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan dari blog berarti harus menulis artikel untuk mengisi blog. Artikel yang dibuat mengambil topik yang saat ini sedang banyak dicari orang, misalnya rekomendasi produk, review produk, tutorial dan masih banyak lagi. Gunakan Google Trends untuk mencari topik-topik yang sedang disukai banyak orang. 

 

4. Jasa Pembuatan Artikel  

bisnis online untuk pelajar pembuat artikel 
Rekomendasi bisnis online untuk pelajar selanjutnya yaitu jasa pembuatan artikel. Bagi Anda yang memiliki keahlian menulis artikel bisa memanfaatkannya untuk membuka jasa pembuatan artikel. Sebagai pemula Anda bisa mendaftarkan diri pada situs pencarian freelance supaya lebih mudah menemukan klien. Dalam situs tersebut Anda harus mencantumkan portofolio tulisan untuk meyakinkan calon klien. 

 

5. Jual Barang Preloved  

Barang-barang yang sudah tidak terpakai di rumah daripada nganggur sebaiknya dijadikan uang. Caranya dengan menjual barang-barang preloved secara online. Barang preloved yang bisa dijual seperti sepatu, pakaian, celana dan sebagainya. Foto barang-barang tersebut semenarik mungkin lalu jual di sosial media atau e-commerce.  

 

6. Membuka Bisnis Kuliner Online 

Buat Anda yang masih sekolah tetapi memiliki hobi memasak disarankan untuk memaksimalkan hobi tersebut untuk mendapatkan penghasilan. Anda bisa membuka usaha kuliner online. Sebelum memulai bisnis ini, Anda harus menentukan jenis masakan apa yang dijual dan buatlah brand sendiri. Bisnis kuliner online ini bisa dilakukan dengan cara pre-order sehingga waktu untuk menyiapkan makanan menjadi lebih fleksibel dan menghindari risiko makanan tidak laku terjual. 


Nah, itulah 6 bisnis online untuk pelajar yang bisa Anda jalankan. Untuk menjalankan bisnis yang disebutkan diatas cukup mudah dan tidak mengganggu kesibukan sebagai pelajar. Anda juga bisa berkonsultasi pada praktisi & trainer usaha dari Daya.id seputar bisnis untuk pelajar selengkapnya.  

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!  

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.8

10 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Agung subangkit

14 Desember 2021

Bermanfaat sekali

Balas

. 0

Indra Mauliza

01 Desember 2021

Benar2 bermanfaat

Balas

. 0

Agung subangkit

30 November 2021

Cocok banget

Balas

. 0

Iswahyu Wahono

29 November 2021

Jooosss👌

Balas

. 0

Muhamad Trimanto

27 November 2021

Bagus

Balas

. 1

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS