Dirilis

31 Juli 2022

Penulis

Nidyati (Mahasiswa IPB)

Bisnis persewaan mobil bisa menguntungkan, tetapi Anda perlu mengambil langkah yang tepat untuk membuat bisnis Anda sukses. Berikut ini 6 tips untuk memulai bisnis sewa kendaraan dengan mudah.

Baca Juga: Panduan Mudah Cara Memulai Usaha Rental Mobil untuk Pemula

 

Tips Bisnis Rental Kendaraan

Untuk menciptakan sebuah bisnis yang berkelanjutan, dibutuhkan perencanaan yang komprehensif agar dapat bersaing dengan competitor yang sudah ada. Oleh karena itu, penting bagi Anda harus memahami pasar sebelum terjun ke pasar rental (sewa) kendaraan. Simak beberapa tips di bawah untuk membantu Anda merancang bisnis rental.
 
 

1.    Tentukan Siapa Pelanggan Anda


Apakah Anda sudah memikirkan siapa yang akan menggunakan produk Anda? Coba targetkan profil perusahaan atau individu potensial, yang dapat memberi Anda kesempatan untuk melayani kebutuhan mereka dengan lebih baik, khususnya dengan menyesuaikan solusi yang Anda berikan kepada mereka.

Setelah analisis menyeluruh terhadap segmen pelanggan Anda, Anda dapat menentukan siapa yang harus Anda layani dan abaikan. Kemudian buat persona (karakteristik) pelanggan untuk setiap segmen pelanggan yang dipilih.

 

2.    Susun Rencana Bisnis Yang Sesuai

Setelah mengetahui sasaran bisnis, Anda dapat membuat daftar rencana layanan yang mampu Anda tawarkan. Mulai dari biaya, aset yang dimiliki, kemampuan sumber daya manusia (SDM) dan finansial, hingga mitra yang mungkin bekerja sama dengan Anda.

Saat menulis rencana bisnis Anda, pastikan ide Anda dapat diubah menjadi perusahaan yang menguntungkan dengan perencanaan yang matang. Oleh karena itu, dibutuhkan perincian
 

  • Jenis bisnis
  • Daftar produk dan layanan yang akan Anda tawarkan
  • Biaya apa saja yang diperlukan
  • Berapa banyak dana yang akan dimasukkan untuk mengembangkan bisnis?
  • Bagaimana Anda memasarkan produk?
  • Proyeksi keuangan untuk beberapa tahun ke depan


Dengan mempertimbangkan hal-hal di atas, Anda akan membuat peta yang dapat membantu Anda berada pada jalan yang tetap.

 

3.    Rencanakan Keuangan Secara Komprehensif

Pastikan bahwa kondisi keuangan sudah sesuai dengan kemampuan Anda dan bisnis, karena sebuah bisnis tidak lain akan digerakan oleh ‘uang’. Sehingga, Anda perlu mempertimbangkan biaya produk awal yang tinggi, mulai dari membeli armada mobil, biaya sewa, dan biaya karyawan (seperti: mekanik, tim operasional), hingga biaya asuransi. 

Oleh karena itu, pastikan Anda membuka akun rekening khusus bisnis. Hal ini tidak hanya akan membuat segalanya lebih mudah saat perhitungan pajak, tetapi juga akan memisahkan aset bisnis dan pribadi Anda jika terjadi permasalahan. 

Baca Juga: Baca lebih lanjut mengapa rekening bisnis penting disini

Anda mungkin juga ingin mendapatkan nomor identifikasi pemberi kerja (EIN). Nomor ini membantu Anda membuka rekening bank bisnis dan juga akan membantu Anda mulai membangun nilai kredit bisnis, yang akan diperlukan jika Anda membutuhkan pendanaan dari pihak eksternal.

Selanjutnya, menetapkan harga layanan sewa secara kompetitif. Ini sangat berpengaruh untuk menarik pelanggan dan memastikan bahwa Anda mendapat untung dari bisnis. Berarti harga yang diberikan ke pelanggan harus terjangkau, tapi dapat menutupi biaya bisnis. Untuk menyiasati harga yang sesuai, juga dapat menawarkan diskon harga atau diskon pada periode tertentu (seperti: Diskon lebaran).

 

4.    Eksekusi Rencana Anda!


Setelah mengatur dan menyusun perencanaan bisnis, inilah saatnya untuk  merealisasikan rencana Anda! Pastikan menggunakaan perencanaan sebelumnya, untuk mengambil keputusan dalam bisnis.

 

5.    Pasarkan Layanan Anda Dengan Memanfaatkan Sosial Media

Tingkatkan penjualan Anda dengan membangun kehadiran brand lewat media sosial dan situs ulasan bisnis (seperti Google Maps, TripAdvisor). Ini akan membangun merek bisnis Anda, serta menarik pelanggan baru. Karena internet membantu Anda menyebarkan jangkauan bisnis lebih luas dan mudah.

 

6.    Evaluasi layanan anda secara berkelanjutan

Jika semua perencanaan dan pelaksanaan telah dilakukan, pastikan bahwa Anda tetap memantau perkembangan bisnis lewat evaluasi berkelanjutan. Karena Anda perlu menarik dan mempertahankan pelanggan dengan menyediakan produk berkualitas tinggi kepada pelanggan, memastikan layanan tetap berkualitas, dan selalu membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan terkini Anda.

Jika Anda memberikan layanan luar biasa yang dapat dipercaya orang, brand akan segera dikenal dan Anda akan mendapat untung dalam waktu singkat, hal ini disebut Word-of-Mouth (WOM).

Nah, setelah membaca 6 tips diatas, pastikan Anda akan segera melakukan Langkah pertama, dan Anda siap untuk memulai bisnis rental! Saat Anda baru belajar memulai bisnis rental, jumlah langkah yang perlu diambil dan detail yang harus diperhitungkan bisa terasa luar biasa. Tetapi dengan kesabaran dan perhatian yang baik, Anda dapat membuat bisnis rental mobil Anda menjadi kenyataan. Jika Anda membutuhkan beberapa pertimbangan dengan ahli, konsultasikan sekarang! Untuk informasi lain seputar tips usaha lainnya, Anda bisa mengunjungi Daya.id. Anda juga dapat daftarkan diri Anda untuk dapat memperoleh informasi serta banyak manfaat lainnya.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Wendi Purwanto

30 November 2022

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS