Dirilis

08 September 2020

Tips memulai usaha begitu banyak beredar di internet maupun buku. Namun tips itupun tidak bisa berdampak banyak, bila Anda sendiri tidak percaya akan diri sendiri. Maka kesimpulannya, semua berasal dari diri kita pribadi, sehingga Anda memiliki peran utama sebagai penentu apakah bisnis atau usaha bisa berhasil meski sedang krisis sekalipun.

Kondisi terpuruk dan krisis keuangan memang kadang bermunculan, bahkan bisa juga terjadi dengan tiba-tiba. Hal ini tentu mengganggu, karena menyulitkan Anda untuk fokus menjalankan bisnis. Apalagi bagi pemula yang ingin memulai usaha, pun akan merasa kesulitan karena takut tidak mendapat untung. 

Tips Memulai Usaha Ketika Sedang di Masa Krisis

Bila Anda memang sedang ingin memulai bisnis, namun masih setengah hati karena adanya pandemi yang memunculkan krisis keuangan, maka Anda bisa pula membaca tips berikut yang mungkin bisa membuat Anda yakin untuk memulai bisnis meskipun sedang terjadi krisis.

1. Fokuskan Diri pada Kompetensi Inti

Panik bila krisis keuangan datang memang hal yang wajar. Namun jika hanya panik apakah masalah bisa selesai? Tentu tidak, bukan? Nah, maka fokuslah pada satu titik kompetensi inti yang nantinya harus dihadapi. Perkirakan semuanya dengan sebaik mungkin, dan pastikan dengan sungguh-sungguh barang apa yang nantinya akan diproduksi baik makanan, kosmetik, skincare, baju, dan lain sebagainya.

Tips memulai usaha yang satu ini diperuntukan untuk Anda yang sudah terlanjur memulai bisnis, di masa yang sedang krisis. Dengan begitu, janganlah asal-asalan dalam mengadakan penawaran khusus promo atau diskon yang nantinya malah membuat bisnis terpuruk. Anda cukup perlahan promosi dan sediakanlah bahan sedikit demi sedikit untuk memulainya meskipun pengunjung tidak sebanyak dikala keadaan normal.

2. Kembangkan Strategi Supaya Pelanggan Tertarik

ilustrasi menarik pelanggan sebagai tips memulai usaha

Anda memang bisa sedikit mengambil langkah agresif di kala akan mengembangkan usaha atau bisnis, terutama dalam mencari pelanggan, yang pasti banyak saingannya. Namun ingat, berikanlah sesuatu yang berbeda dari lainnya, pastinya yang unik dan menarik. Tips memulai usaha ini juga bisa diterapkan pada pebisnis lama, dalam menarik pelanggan dan memberikan pelayanan maksimal untuk pelanggan lama.

3. Jangan Hentikan Aktivitas Promosi dan Pemasaran

Memang saat masa krisis keuangan, semua serba dihemat dan dibatasi. Namun usahakan untuk bagian pemasaran dan promosi ini, lakukan terus-menerus supaya usaha Anda banyak dikenal orang. Tips memulai bisnis ini perlu dilakukan, karena promosi yang gencar pasti juga bisa menarik pelanggan serta menghasilkan banyak uang!

4. Meninjau Bisnis Secara Teratur Tiap Bulannya

menentukan strategi sebagai tips memulai usaha

Saat awal pembukaan usaha atau bisnis, Anda harus banyak mengevaluasi apa saja yang kurang dalam usaha yang Anda jalani. Jangan lupa perhatikan tips memulai usaha yang satu ini tiap bulannya, supaya perputaran uang dan administrasi selalu mulus. Bila ada sesuatu yang ganjal, adakan meeting untuk membahas hal tersebut dan segeralah ditangani secara bersamaan!

5. Minta Nasehat atau Saran dari Orang yang Berpengalaman di Bidangnya

Bila Anda ragu, maka bertanya dan mintalah saran sebelum memulai usaha. Sebab tidak bertanya, justru bisa menyebabkan Anda akan tersesat di jalan loh. Tips memulai usaha ketika krisis keuangan yang terakhir adalah mintalah saran dan nasehat, dari orang yang lebih banyak pengalaman di sekitar Anda. Kemudian barulah pikir matang-matang.

Itulah beberapa tips memulai usaha yang bisa Anda jalani, namun sebelum krisis keuangan datang, jangan lupa juga untuk menyimpan uang di Jenius dari Bank BTPN, agar keuangan bisnis yang Anda miliki bisa terjaga dan tetap stabil. 

Memang untuk memulai usaha tidak mudah, apalagi dengan kondisi krisis yang terjadi di dunia ini. Tapi hal itu bisa diatasi jika menjalankan berbagai tips tentang dunia usaha yang ideal di kondisi krisis. Untuk mencari tahu berbagai tips dunia usaha dan keuangan, Anda bisa daftar di Daya.id dan bisa membaca semua informasi tanpa ada batas hariannya.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS