Dirilis

27 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Salah satu usaha jasa yang menarik untuk digeluti adalah membuka jasa pindahan rumah. Peluang bisnis yang satu ini mungkin bukan hal baru, namun belum terlalu banyak dan terbilang menarik juga menantang untuk dijalankan. Pasalnya, semakin mudahnya orang mendapat fasilitas properti semakin banyak pula yang akan membutuhkan jasa ini. banyak pihak yang ingin mudah, simple dan tidak mau ribet ketika harus pindahan. Baik itu tempat tinggal, kantor, atau bahkan tempat usaha lainnya.

Dari potensi inilah, kita bisa membuka usaha jasa pindahan rumah yang profesional sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal. Bahkan usaha ini dapat dikatakan sebagai salah satu dari deretan usaha jasa paling dibutuhkan di daerah perkotaan. Melalui kegiatan bisnis ini, kita tak hanya memindahkan barangnya saja, tapi juga bertanggung jawab dari mulai pengangkutan, perjalanan hingga penyimpanannya dengan jaminan keamanan.

Tips Membangun Usaha Jasa Pindahan Rumah

Ada beberapa langkah yang bisa Anda jalankan untuk membuka usaha jasa pindahan rumah, diantaranya:

1. Miliki dan Persiapkan Modal

jasa pindahan rumah
Setiap bisnis akan membutuhkan modal yang sesuai dengan jenis juga kriteria usahanya masing-masing. Pada kegiatan usaha jasa pindahan rumah ini, setidaknya kita harus kendaraan roda empat sebagai pengangkut barang juga tempat usahanya itu sendiri. Tempat atau lokasi nantinya bisa sebagai acuan tarif perjalanan menuju lokasi pindahan. 
Selain itu, penunjang lainnya seperti misalnya perangkat komputer, gaji karyawan dan lain-lainnya pun tak luput dari perhatian. Untuk kendaraan sendiri, jika dikemudian hari barang yang dibawa melebihi kapasitas kendaraan milik perusahaan, kita sebetulnya bisa memanfaatkan penyewaan kendaraan dengan volume yang lebih besar.

2. Tentukan Tarif

Selanjutnya, kita bisa menentukan tarif jasa berdasarkan muatan, jarak dan lain sebagainya. misalkan sekian ratus ribu untuk mengcover jarak sekian km dengan volume maksimal sekian. Para pelaku jasa pindah biasanya mengenakan persyaratan minimal 10 m³ per order.

3. Lakukan Promosi

menyiapkan modal jasa pindahan rumah
Usaha jasa pindahan rumah pun tentu membutuhkan yang namanya kegiatan promosi. Kita bisa mendokumentasikan kegiatan usaha dan mengunggahnya pada media sosial maupun website yang dimiliki. Atau membuat media promosi cetak seperti flyer dan lain sebagainya. selain itu, Anda dapat memberikan promo tarif layanan khusus di hari-hari spesial.

4. Tawarkan Kerjasama dengan Pihak Lain 

Selain promosi, kita bisa menawarkan kerjasama bagi beberapa perusahaan atau pihak lain yang seringkali membutuhkan jasa pindahan. Dengan memberikan paket serta harga khusus untuk yang berlangganan. Hal ini tentu dapat mendatangkan keuntungan yang menarik. Tantangannya adalah bagaimana kita mencari, menemukan serta menjalin hubungan dengan relasi.

5. Pastikan Memberi Kualitas yang Profesional dan Bisa Diandalkan 

Sebagaimana bisnis pada umumnya, kualitas merupakan salah satu sumber kepercayaan pelanggan. Pastikan usaha jasa pindahan rumah yang kita kelola dapat memberikan rasa aman, jaminan juga dapat dipercaya oleh pelanggan.

Dari informasi ini bisa kita ketahui bahwa usaha jasa pindahan rumah bisa dijalankan dengan mulai mempersiapkan modal, kemudian menentukan tarif jasa, melakukan promosi, menawarkan kerjasama dengan pihak lain, dan selalu memastikan kualitas yang baik kepada para pelanggan. Anda juga bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan praktisi dan trainer UMKM dari Daya.id sebelum mulai menjalankan usaha ini. Dengan begitu, usaha jasa yang Anda jalankan bisa berjalan dengan lebih matang. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Dikutip dari Berbagai Sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS