Dirilis

23 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Di masa pandemi seperti saat ini kebutuhan akan masker meningkat tajam. Menggunakan masker merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Kalau Anda masih ingat, di awal masa pandemi masyarakat banyak yang kesulitan untuk mendapatkan masker medis. Kalaupun ada, harganya juga sangat mahal. Beberapa saat kemudian, pemerintah menghimbau masyarakat memilih menggunakan masker kain tiga lapis. Kondisi ini kemudian dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membuka usaha masker kain.

Peluang usaha masker di masa pandemi tentu terbuka lebar dan memiliki prospek yang menjanjikan. Hanya dengan modal minim keuntungan yang diperoleh sangat besar. Bagaimana caranya? Jika Anda tertarik mengambil peluang usaha ini, yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

 

Tips Usaha Masker Kain Dengan Modal Minim Keuntungan Besar


1. Tentukan Kain yang Digunakan dan Persiapkan Modal

modal usaha masker kain
Meski memiliki modal yang minim bukan berarti Anda mengabaikan kualitas kain yang digunakan untuk membuat masker. Pilihlah kain yang berkualitas supaya masker bisa lebih efektif untuk penangkal keberadaan virus corona.
Kualitas kain yang disarankan yaitu tidak boleh terlalu tipis dan tidak terlalu tebal supaya tidak menimbulkan sesak napas ketika digunakan.

Selain itu, pilihlah jenis kain yang tidak berubah bentuk ketika dicuci menggunakan mesin cuci. Pastikan juga kain tidak menjadi longgar dan ciut saat dicuci dan dikeringkan menggunakan mesin cuci.
Untuk kisaran modal yang dibutuhkan akan sangat berbeda-beda tergantung dari harga kain dan peralatan lain yang harus Anda siapkan untuk produksi masker.

Contohnya adalah untuk membeli tali masker, benang untuk menjahit, dan sebagainya. Namun, rata-rata pengusaha masker kain rumahan modal minim harus menyiapkan paling tidak sekitar Rp500.000 untuk produksi masker. Nantinya, masker yang dijual juga harganya akan ditentukan dari kualitas kain dan pembuatannya. Umumnya, dipatok mulai dari harga Rp10.000 hingga Rp50.000.

 

2. Kuasai Cara Membuat Masker Kain

Sebenarnya dalam menjalankan usaha ini tidak diharuskan untuk bisa membuat kain masker sendiri. Ini dikarenakan Anda bisa membeli masker kain dari konveksi atau produsen lalu dijual kembali. Namun, cara ini kurang direkomendasikan karena masker kain diproduksi secara massal sehingga cenderung monoton. Maka dari itu, jika Anda ingin dilirik pembeli karena desain masker yang unik, sebaiknya masker kain yang Anda jual dibuat sendiri. Jika harus membuat masker sendiri berarti Anda harus bisa menguasai cara membuat masker kain.

 

3. Persiapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

alat dan bahan usaha masker kain
Dalam memproduksi masker kain berarti Anda harus mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Beberapa alat yang dibutuhkan seperti jarum, gunting, jarum pentul, penggaris dan pensil. Sedangkan untuk bahannya yaitu, kain katun, karet untuk tali masker, benang dan kardus untuk membuat pola.

 

4. Buatlah Masker Kain Sesuai dengan Standar Anjuran Pemerintah

Sudah bukan rahasia lagi jika banyak masyarakat yang memiliki usaha pembuatan masker kain saat masa pandemi ini. Namun, tidak semua pelaku usaha masker ini menjual masker kain sesuai dengan standar anjuran pemerintah. Padahal hal ini penting untuk diperhatikan terlebih pembeli akan membeli masker kain sesuai standar.

Maka dari itu, jika Anda menekuni bisnis ini maka harus memproduksi masker kain sesuai standar anjuran pemerintah. Beberapa standar tersebut seperti masker menutup bagian tepi wajah secara sempurna, terdapat tali pengikat atau karet telinga dan tidak menghalangi napas. Menjual masker kain yang sesuai standar pasti akan mendatangkan banyak pelanggan sehingga memperoleh keuntungan yang besar.

 

5. Tentukan Cara Promosikan yang Akan Dilakukan

Menentukan cara promosi juga perlu untuk dipikirkan dengan matang Seperti yang diketahui saat masa pandemi, aktivitas masyarakat di luar rumah dibatasi. Hal ini berarti aktivitas masyarakat di luar rumah menjadi sangat berkurang sehingga mempromosikan masker kain secara offline menjadi kurang efektif.

Maka dari itu, promosi dengan cara online menjadi yang paling direkomendasikan. Promosi secara online bisa dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan status Whatsapp. Anda juga bisa menjual masker kain secara online melalui media sosial dan marketplace.

Itulah informasi tentang usaha masker kain dengan modal minim keuntungan besar. Mulai dari menyiapkan modal, memilih jenis bahan kain, memproduksi, dan sebagainya. Diharapkan informasi diatas bisa membantu Anda yang ingin merintis usaha masker kain. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id seputar bagaimana cara memulai usaha yang baik dan benar.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.8

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS