Dirilis

24 November 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Tahukah Anda bahwa pengertian yang benar dari wiraswasta adalah karakter yang dimiliki oleh seseorang yang berkaitan dengan kemampuannya dalam membaca kesempatan serta peluang usaha. Jadi sebenarnya yang dimaksud dengan wiraswasta bukanlah semata-mata tentang aktivitas perdagangan ataupun usaha yang dilakukan seseorang saja.

Di dalam membaca dan memanfaatkan peluang tersebut seorang wiraswasta akan mempergunakan seluruh sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai tujuan yaitu mendapatkan keuntungan secara finansial. Oleh sebab itu wiraswastawan yang hebat adalah dia yang mampu membangun jaringan dengan baik mempergunakan sumber daya yang dimilikinya tersebut.


Pengertian dan Definisi Wiraswasta



Memahami apa definisi dari wiraswasta secara tepat adalah hal penting terutama bagi Anda yang tertarik untuk menjalaninya. Agar lebih jelas Anda bisa menyimak beberapa pengertian dan definisi wiraswasta berikut ini.


1. Menurut Suhadi (1985)

Suhadi mendefinisikan bahwa wiraswasta adalah orang yang mempunyai karakteristik tertentu seperti percaya diri tinggi, memiliki pandangan ke depan cukup luas, mental yang ulet serta lincah melakukan usaha.


2. Menurut Suryo (1986)

Definisi dan pengertian wiraswasta menurut Suryo yaitu orang dengan sifat-sifat mandiri, berpandangan jauh pada masa depan, inovatif, kreatif, tangguh serta berani menanggung risiko yang mungkin bisa terjadi di dalam pengelolaan usaha dan juga pada bermacam tindakan yang mungkin mendatangkan keuntungan.


3. Menurut Sumahamijaya (1980)

Sumahamijaya mengatakan bahwa wiraswasta memiliki pengertian yaitu seorang yang memiliki karakter pemberani, teladan, keutamaan serta semangat yang asalnya dari kekuatan dalam diri sendiri.


Ciri Seorang Wiraswasta



Menurut pengertian yang dikemukakan beberapa ahli seperti di atas maka tentu saja seseorang bisa menjadi wiraswasta kalau memiliki beberapa ciri sebagai berikut.


1. Mempunyai dan Memahami Passion Dirinya

Seorang wiraswasta harus memiliki passion dan memahaminya dengan baik. Mengapa? Karena dengan adanya passion tersebut maka seseorang akan melihatnya dan memanfaatkannya sebagai ladang usaha. Sebuah usaha yang berdasarkan pada passion umumnya akan lebih berkembang serta bertahan lama.


2. Memiliki Sikap Positif 

Agar bisa menjadi seorang wiraswasta maka seseorang haruslah memiliki sikap yang positif terhadap sesuatu. Dengan sikap yang positif maka seseorang akan lebih mudah bekerjasama dan diterima oleh orang lain. Hal ini tentu saja bisa berpengaruh pada kesuksesan usaha yang dilakukannya.


3. Memiliki Kepercayaan Diri yang Tinggi

Dalam melakukan dan menjalankan usaha seorang wiraswasta bisa saja menghadapi masalah demi masalah dari yang kecil hingga besar. Tanpa adanya kepercayaan diri yang tinggi maka orang tersebut akan mudah menyerah sehingga sulit untuk meraih kesuksesan.


4. Disiplin dan Berdedikasi

Agar sukses menjalankan sebuah usaha maka seorang wiraswasta harus disiplin dan memiliki dedikasi yang tinggi. Melakukan hal apapun jika tidak dibarengi dengan rasa disiplin serta dedikasi tinggi maka peluang untuk sukses menjadi rendah. 


5. Berani Mengambil Resiko dan Bertanggung Jawab

Dibutuhkan mental yang kuat untuk berani mengambil resiko agar sukses menjadi wiraswasta. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa di dalam menjalankan usaha tidak mungkin hanya lurus saja tanpa adanya masalah. Justru masalah demi masalah yang datang jika dikelola secara benar bisa mengantarkan pada kesuksesan.

Nah, agar memiliki pengelolaan pada masalah secara tepat maka seseorang harus berani untuk mengambil risiko. Selain itu juga harus diimbangi dengan rasa tanggung jawab pada risiko tersebut jika terjadi hal yang tidak sesuai rencana.

Dari semua penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa wiraswasta adalah karakter seseorang untuk bisa melihat peluang usaha. Wiraswasta bukan sekedar mengacu kepada kegiatan seseorang saja namun juga mengenai kemampuan yang ada di dalam dirinya. Bagi Anda yang ingin memulai karir menjadi wiraswasta dan merintis usaha, Anda bisa berkonsultasi pada praktisi & trainer usaha dari Daya.id

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.6

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Agung subangkit

15 Desember 2021

Cita cita ke depan

Balas

. 0

Indra Mauliza

04 Desember 2021

Bermanfaat

Balas

. 0

M yusuf hutasuhut

30 November 2021

👍👍

Balas

. 0

Wendi Purwanto

24 November 2021

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS