Dirilis

28 Januari 2021

Usaha angkringan menjadi salah satu usaha di bidang kuliner yang menjanjikan. Sebab angkringan adalah kuliner khas Nusantara yang menjadi favorit banyak kalangan, terutama anak muda. Rasanya yang nikmat dan harganya yang terjangkau, membuat kuliner ini menjadi idaman, terlebih jika tempat angkringan tersebut kekinian dan pastinya nyaman. Biasanya akan banyak anak muda atau millennial yang berwisata kuliner, nongkrong ataupun menikmati waktu bersama kawan-kawannya.

Cara Membuka Usaha Angkringan Kekinian dan Laris Manis

Lalu bagaimanakah cara yang tempat untuk menjalankan usaha angkringan yang kekinian dan laris manis untuk anak muda? berikut informasinya:

1. Tentukan Lokasi Jualan

usaha angkringan
Langkah pertama usaha angkringan adalah menentukan lokasi jualan yang tepat. Jika targetnya anak muda, maka kita bisa memilih tempat yang berada dekat dengan pusat aktivitas mereka maupun lokasi yang sedang hits pada waktu tersebut. Lokasi yang nyaman dan strategis akan menjadi daya tarik anak muda dan masyarakat untuk mencoba dan berkunjung ke tempat Anda.

2. Buat Tema dan Konsep

Jika konsep yang diusung adalah milenial atau kekinian, maka buatlah tema usaha yang mendukung. Misalnya menyediakan layar untuk nobar, menyediakan fasilitas wifi atau berbagai konsep lainnya yang disesuaikan dengan keinginan Anda.

3. Menyiapkan Modal

tentukan lokasi usaha angkringan
Setelah tempat telah ditentukan dan konsepnya sudah matang. Kemudian hitunglah berapa biaya yang dibutuhkan untuk usaha angkringan ini. Mulai dari biaya tempat, operasional, bahan baku atau makanan dan lain-lainnya.

4. Miliki Sesuatu yang Unik

Menu dari angkringan ini memanglah beragam. Namun, jika ingin usaha angkringan kekiniannya laris manis, maka kita perlu berinovasi dan berpikir lebih kreatif untuk menghadirkan menu unik lainnya. Seperti misalnya kopi ala barista, berbagai makanan pelengkap atau sambal khas daerah dan lain sebagainya.

5. Punya Ciri Khas

Meski kekinian, sebaiknya Anda tidak menghilangkan ciri khas angkringan, yaitu gerobak yang dilapisi atau ditutup terpal dengan pilihan makanan beragam seperti nasi kucing, sate usus, telur puyuh, gorengan dan lain sebagainya, juga tidak disarankan untuk menetapkan harga yang terlalu tinggi. Karena bagaimanapun image dari angkringan adalah harga terjangkau dengan cita rasa memukau.

6. Utamakan Kebersihan dan Pelayanan

Jagalah kebersihan di sekitar gerobak juga lokasi usaha angkringan Anda. Jangan sampai kotor dan merusak mood pelanggan yang ingin makan disana. Pedagang yang jorok bisa membuat kapok. Jadi, kebersihan harus tetap diperhatikan, ya. Selain itu, berikan pelayanan terbaik pada pelanggan. Ramah lah pada mereka, jangan sampai meninggalkan kesan yang kurang nyaman, karena bisa saja membuat mereka enggan untuk kembali makan di tempat Anda.

7. Membuka Cabang

Jika usaha Anda telah dirasa cukup baik dan punya kesan di hati masyarakat, tidak ada salahnya untuk membuka cabang angkringan di tempat lain. Hal ini akan menjadi daya tarik orang-orang yang lokasinya dekat dari tempat tersebut. Dengan cara ini pula omset Anda akan naik berkali-kali lipat.

8. Promosi

Angkringan memang menjadi favorit banyak orang, namun bukan berarti kita berhenti melakukan promosi. Setelah pelanggan menyadari keberadaan usaha angkringan kita, buatlah mereka mencoba dan berlangganan untuk makan disana. Bisa dengan promo harga, promo paket atau bekerjasama dengan pihak ojek online untuk memudahkan orang-orang yang tak bisa makan di tempat.

Usaha angkringan ternyata bisa menjadi hal yang menyenangkan dan tentunya menguntungkan untuk dijalani. Yang terpenting adalah siapkan konsep angkringan dengan matang dan berikan ciri khas kepada angkringan Anda, serta jangan lupa untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli. Dengan begitu, angkringan yang dimiliki bisa tetap ramai oleh pembeli.

Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan praktisi & trainer UMKM dari Daya.id sebelum membuka usaha angkringan kekinian ini. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS