Dirilis

28 Januari 2021

Penulis

Driete

Menjalankan bisnis travel terbilang cukup menjanjikan saat ini. Hal ini tidak terlepas dari tren gaya hidup generasi milenial saat ini yang menjadikan travelling sebagai bagian dari hidup mereka. Selain itu, bepergian untuk berlibur juga sangat diperlukan  untuk mengurangi penat, lelah, dan merefresh maupun mencharge tubuh. Saat berlibur tentu kita memerlukan adanya jasa travel untuk membeli tiket perjalanan atau sebagai jasa tour guide ke berbagai destinasi wisata.  Peluang inilah yang membuat bisnis travel masih sangat terbuka untuk dijalankan. 

Kiat Sukses beserta Tips Cara-Cara Memulai Bisnis Travel untuk Pemula


Bagi Anda yang tertarik untuk menjalankan bisnis ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisnis jasa travel yang dijalankan bisa berjalan dengan baik: 

1.    Memilih Jenis Bisnis Travel Apa yang Ingin Didalami

pilih bisnis travel yang dijalankan
Tidak mungkin bila Anda melakukan bisnis travel ini sembarangan, tanpa tujuan bukan? Maka dari itu, fokuskan satu pilihan bagaimana konsep usaha bisnis tersebut, supaya Anda juga dapat menyiapkannya segala hal yang dibutuhkan. Bisnis travel ini bisa diimplementasikan dalam banyak hal. 

Mulai dari penjualan tiket perjalanan seperti pesawat terbang, kereta api, atau bus, kemudian jasa sewa kendaraan mobil beserta sopir, bagian mengurus paspor dan visa, pemesanan villa, hotel atau homestay, dan lain sebagainya. Pilihlah salah satu jenis jasa travel yang ingin Anda geluti. Dengan begitu, proses merintis bisnis yang dijalankan bisa berjalan lebih fokus dan terarah. 

2.    Buat Profil Bisnis Usaha Anda Semenarik Mungkin!

Setelah menemukan jati diri pada fokus usaha bisnis travel Anda, lalu lanjutkan dengan membuat profil yang sekiranya menarik perhatian orang-orang. Yakinkan calon pengguna jasa bahwa profil usaha yang Anda tulis tersebut terpercaya dan profesional. Tidak lupa juga untuk menambah beberapa keunggulan dalam tulisan profil bersamaan dengan foto menarik, atau jika Anda kreatif maka sangat diperbolehkan untuk memberi animasi lucu yang bergerak.

3.    Buat Peta Lokasi Wisata yang Mana Menjadi Wilayah Target Bisnis Anda

buat peta lokasi wisata untuk bisnis travel
Ingatlah bahwa setiap daerah memiliki keistimewaan wisata alam maupun wisata buatan yang dapat dinikmati, sertakan pula dengan makanan kuliner khasnya. Sebab itulah penting bagi Anda dalam membuat peta tujuan wisata mana, yang ingin Anda coba dalam bisnis travel. Apabila  Anda sedang memulai pertama bisnis ini, maka usahakan temukan wisata yang dekat-dekat terlebih dahulu dalam wilayah tempat Anda tinggal. 

Sebab hal itu berpengaruh juga dalam modal dan biaya paket selanjutnya. Tidak ketinggalan juga database pada tempat wisata, beserta contact person dan surat menyurat dengan pengelolanya, yang perlu diurus terlebih dahulu.

4.    Ciptakan Nama Travel Unik yang Mudah Diingat!

Hal yang satu ini memang sering diremehkan, padahal dampaknya begitu besar dalam ingatan orang. Intinya, nama itu harus mudah dilihat (eye-catching) dan mudah didengar (ear-catching). Dengan begitu maka strategi pemasaran yang Anda lakukan pun bisa menyebar maksimal dan peluang lebih mudah didapat.

5.    Mendaftarkan Merek Bisnis Travel Milik Anda

Terakhir, untuk memperkuat adanya logo atau nama bisnis travel Anda secara hukum, maka daftarkanlah pada HKI (Hak Kekayaan Intelektual). Supaya bila nanti ketahuan ada orang tidak bertanggung jawa memakai logo atau nama usaha Anda, maka Anda pun dapat menggugatnya dengan adil.

6. Manfaatkan Digital Marketing Semaksimal Mungkin 

Dalam menjalankan bisnis travel, marketing atau pemasaran adalah hal penting yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Untuk memaksimalkan jangkauan calon pengguna travel, Anda bisa memanfaatkan digital marketing atau pemasaran digital. Bentuk dari pemasaran ini adalah dengan memanfaatkan media sosial yang ada seperti instagram, facebook, twitter, dan sebagainya. 

Mengapa hal ini sangat disarankan? Sebab digital marketing saat ini telah menjadi salah satu sarana promosi yang sangat efektif dan bisa menarik jangkauan calon pengguna jasa dengan lebih luas. Buatlan sarana promosi yang menarik dan kekinian di berbagai platform media sosial. Anda juga bisa memadukannya dengan teknik marketing lama seperti dengan menggunakan brosur, iklan, dan sebagainya agar langkah promosi bisnis travel lebih efektif.

Sekian artikel terkait kiat sukses beserta tips cara memulai bisnis travel untuk pemula di atas. Dari informasi ini bisa kita ketahui bahwa jasa travel masih sangat terbuka lebar untuk dilakukan. Bagi Anda yang tertarik untuk menjalankan bisnis ini, Anda bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer UMKM dari Daya.id terlebih dahulu.

Dengan berkonsultasi kepada ahlinya, Anda bisa mendapatkan bekal dan pengetahuan yang matang untuk menjalankan bisnis ini. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS