Dirilis

13 Juli 2022

Penulis

Lidia Faiza Jasmine

Makin ke sini kondisi ekonomi cenderung tidak bisa diprediksi dengan mudah? Untuk itu, Anda juga perlu untuk mengatur keuangan Anda, baik pemasukan maupun pengeluaran. Memiliki sumber penghasilan ganda dapat menjadi langkah cerdas bagi Anda untuk bisa bertahan dalam kondisi ekonomi apapun nantinya.

Saat ini pun banyak orang-orang yang memiliki penghasilan ganda, dimana selain pekerjaan tetap, mereka juga memiliki penghasilan sampingan lainnya. Penghasilan sampingan ini pun dapat diperoleh dari berbagai cara, misalnya bisnis. Namun memang, untuk seorang karyawan yang memiliki jam kerja tinggi, memiliki bisnis seorang diri mungkin akan banyak menyita waktu.

Nah selain bisnis, ada lho sumber penghasilan lainnya yang tidak banyak menyita waktu dan memiliki prospek yang gemilang. Ya! Jawabannya adalah investasi. Anda bisa menemukan beberapa jenis investasi, salah satu yang bisa Anda pertimbangkan adalah investasi properti.

Sebagian orang menilai investasi properti lebih stabil dan minim risiko. Selain itu, harga jualnya yang selalu meningkat dari tahun-ketahun, membuat investasi properti dapat memberikan profit yang menggiurkan untuk Anda, terutama jika Anda melihatnya untuk jangka waktu yang panjang.

 

Tips Cara Mengelola Properti Agar Menjadi Investasi

Agar Anda bisa memaksimalkan keuntungan yang Anda dapatkan melalui sewa atau penjualan properti yang Anda miliki, ada baiknya untuk mengelola properti Anda agar bisa menjadi investasi yang memiliki nilai yang cukup tinggi. Ya, jika Anda tertarik memanfaatkan properti yang Anda miliki menjadi ladang cuan, berikut hal-hal yang Anda harus perhatikan.

 

1.    Selalu Lakukan Pengecekan Listrik

Listrik memang sudah menjadi jantung pada setiap rumah. Demi kenyamanan calon pembeli atau penyewa, tentu Anda harus selalu mengecek saluran listrik pada properti Anda. Anda bisa melakukan pengecekan terhadap lampu, kabel, stop kontak, hingga meteran listrik. Cek apakah ada aliran listrik yang rusak, sehingga Anda bisa melakukan perbaikan.

 

2.    Jaga Kondisi Properti Anda

Selanjutnya, penting untuk selalu menjaga kondisi properti Anda. Misalnya, pastikan tidak ada kebocoran air, karena hal ini akan menjadi poin minus terhadap nilai properti Anda. Cek tempat-tempat seperti kamar mandi, atau dapur agar Anda dapat mengetahui apakah ada kebocoran pipa air. Cek juga dinding properti Anda untuk mengecek kebocoran akibat air hujan.

Anda juga harus merawat properti Anda agar terhindar dari ancaman hama. Cek secara berkala sekitar 4-6 bulan sekali untuk melihat adakah hama seperti tikus ataupun rayap dalam properti Anda. Selain itu, jika properti Anda memiliki pekarangan, jangan lupa untuk selalu memangkas rumput liar agar properti Anda selalu tampak rapi sehingga dapat menarik calon pembeli atau penyewa.

 

3.    Jaga Keamanan Properti Anda

Anda juga harus menjaga keamanan properti Anda. Cek kondisi pagar, pintu masuk, jendela, atau akses keluar masuk lainnya, dan pastikan dalam keadaan yang baik. Sehingga dapat meminimalisir adanya kejahatan di dalam properti Anda.

 

4.    Naikan Nilai Tambah


Jika Anda memiliki modal lebih, Anda bisa menambah nilai tambah atau added value dari properti Anda. Misalnya jika Anda memiliki properti tanah, Anda bisa mengubahnya menjadi bangunan siap pakai seperti kos-kosan, ruko, maupun rumah sewa. Kemudian jika Anda sudah memiliki properti berupa bangunan, Anda bisa melakukan renovasi untuk mengubah gaya arsitektur properti Anda menjadi lebih kekinian. Hal ini tentu akan menambah nilai jual properti Anda menjadi lebih tinggi.

 

5.    Bayar Pajak Tepat Waktu

Meskipun tidak memiliki bentuk fisik, Anda tidak boleh menyepelekan untuk membayar pajak bumi dan bangunan atau PBB properti Anda dengan tepat waktu. Jika Anda taat pada pembayaran pajak properti Anda, tentu Anda akan dipercaya oleh para calon pembeli. Hal ini juga akan memudahkan calon pembeli agar proses pemindahtanganan properti menjadi lebih mudah dan lancar.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk mengelola properti Anda agar bisa menjadi investasi yang memiliki nilai tinggi. Investasi properti sendiri bisa menjadi passive income Anda yang akan membantu Anda dalam segala situasi ekonomi. Karena investasi ini merupakan investasi yang fleksibel, Anda tentu bisa memilih untuk menjadikan properti Anda menjadi investasi jangka pendek ataupun jangka panjang. Intinya, investasi properti merupakan investasi yang minim risiko dan patut Anda coba! 

Jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait bagaimana cara memanfaatkan peluang investasi properti atau investasi lainnya, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS